Inilah 6 Tanda Kondisi Ketiak Sedang Memburuk

(Gambar: healthdays)
Terkadang kita masih mengabaikan kesehatan ketiak, karena mungkin tempatnya berada di medan lebih tersembunyi menjadi alasannya. Banyak dari kita menganggap ketiak bukan lagi jadi titik tubuh terpenting, sehingga kurang mendapat perhatian / perawatan secara lebih ekstra. Kalaupun orang melakukan perawatan terhadap ketiak, paling sering hanya mengoleskan deodoran, supaya mereka tak sampai memicu bau badan tak sedap bukan..?

Terdapatnya sensasi aneh pada ketiak, kini harus mulai mendapat perhatian yang cukup, agar kita mengetahui adanya masalah tubuh tertentu yang perlu ditanggulangi. Karena ketika bagian tubuh satu ini bermasalah seperti ketiak  gatal – gatal, timbul bau badan berlebih, ketiak hitam, nyeri, dan ruam, ternyata tidaklah hanya mengirimkan pertanda masalah biasa. Ketiak sendiri sebenarnya sering kali memancarkan sinyal komunikasi, guna menentukan kesehatan badan melalui tanda – tandanya.

Demikian juga tak jauh beda dengan apa yang diungkapkan oleh George Preti, selaku ahli kimia organik yang berfokus di bidang sifat dan asal bau manusia. Beliau berasal dari Monell Chemical Senses Center, Philadelphia, Pennsylvania, memberi penjelasan, bau ketiak bukan hanya menjadi persoalan normal. Tapi itu juga menunjukkan terdapatnya gangguan tubuh tertentu. Jadi munculnya ketiak bermasalah, bukankah hal itu memberikan dampak buruk kesehatan tubuh Anda…?

Nah, inilah beberapa tanda ketiak sedang mengalami masalah kesehatan :

1. Bau Ketiak Terlalu Ekstrim
Jika timbulnya bau ketiak merupakan hal biasa, sekarang tidak lagi kalau bau yang ditimbulkan terasa lebih menyengat dari biasanya. Lantas, mengapa bau ketiak yang cukup ekstrim ini dapat menandakan masalah kesehatan tubuh..? George Preti juga memaparkan, saat seorang mengalami stres, mereka cenderung menghasilkan lebih banyak sekresi apokrin di ketiak. Sehingga demikian akan menyebabkan tingginya tingkat bau ketiak, yang mungkin dimengerti kalangan umum saat ini. 

Ini artinya, bau ketiak yang berlebihan menjadi tanda adanya gangguan kesehatan mental. Bahkan kondisi ini bisa memengaruhi bau di seluruh tubuh lebih menyengat, kemudian menjalar pada masalah tiroid dan pergeseran hormonal. Jadi, kalau dirasa bau ketiak semakin tajam, cobalah untuk meminta bantuan medis agar dapat ditelusuri gejalanya secara terperinci. Tapi, kalau memang bau tajam di ketiak memang dikarenakan oleh stres, bisa mencoba berbagai langkah agar tingginya tingkat stres dapat diminimalisir.

2. Sakit / Nyeri
Nyeri ketiak juga termasuk tanda ketiak bermasalah. Mengapa…?  Secara umum nyeri / sakit di ketiak sering dikaitkan oleh nyeri otot. Persoalan ini bisa muncul karena mungkin tubuh terlalu ekstrim dalam melakukan olah raga berat. Akibatnya bagian otot bawah lengan dan dada terasa sakit. Tapi janganlah panik, nyeri otot semacam ini mampu hilang dengan sendirinya. Perlu Anda tahu, ketiak terasa nyeri juga dapat ditandai oleh sebab lain. Di antaranya infeksi bakteri, pembengkakan kelenjar getah bening atau masalah peradangan, bahkan sampai memuncak pada penyakit kanker. 

3. Gatal Persisten
Gambar: fotolia
Ketiak gatal memang cukup membuat Anda resah. Kemungkinan besar persoalan ini akan menstimulasi kita untuk cenderung menggaruknya bukan..?. Umumnya ketiak gatal digambarkan oleh keadaan kulit yang teriritasi. Penyebabnya mungkin dipicu oleh alergi sehabis menggunakan deodoran, krim cukur maupun sejenisnya. 

Namun kalau rasa gatal itu terjadi secara terus – menerus, bisa saja dikarenakan oleh gigitan serangga, banyaknya jamur yang menempel di kulit ketiak / infeksi bakteri. Bisa juga ketiak gatal menyerang anak – anak, di mana munculnya cacar air ditandai kulit ketiak ruam merah dan lecet, sehingga membuat ketiak terasa gatal.

4. Benjolan
Selain terasa sakit, pembengkakan kelenjar getah bening juga ditandai dengan terdapatnya benjolan di ketiak. Kebanyakan benjolan ketiak ini disebabkan oleh infeksi virus, bakteri,  reaksi alergi,  dan sebagainya. Namun dalam kasus lain, benjolan di ketiak bisa menjadi tanda pertumbuhan sel kanker, pertumbuhan jaringan lemak berbahaya dan lupus.

Meski benjolan ketiak tergolong pertumbuhan jaringan abnormal / bukan kondisi membahayakan / upaya tubuh melawan ancaman di sekitarnya, namun kita tetap perlu waspada, siapa tahu benjolan itu disebabkan oleh kondisi medis serius.

5. Ruam
Tanda ketiak terdapat banyak ruam, secara umum bisa berarti area sekitar kulit ketiak cenderung lembab dan hangat. Kondisi tersebut mampu memicu jamur tumbuh dan berkembang. Ruam yang muncul dapat menjadi bergelombang, bersisik, memerah maupun putih. Kalau timbulnya ruam tidak segera diatasi,  maka berangsur – angsur akan diiringi rasa gatal, yang berarti ketiak telah terkena infeksi jamur.

6. Keringat Berlebih
Ketiak mengeluarkan keringat secara berlebihan yang tidak seimbang dengan aktivitas gerakan, hal itu kerap kali disebut Hiperhidrosis. Berdasarkan keterangan dalam American Academy of Dermatology telah dijelaskan para peneliti, bahwa ketiak berkeringat secara tidak wajar bisa dipicu oleh faktor genetik, masalah medis, serta suplemen / makanan yang dapat memberikan efek samping keluarnya banyak keringat. Dilihat dari segi permasalahan medis, bisa jadi munculnya banyak keringat ini menjadi pertanda penyakit tertentu, seperti asam urat, cidera, diabetes maupun tumor. 
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  / Rah. W
Referensi : ittlethings.com, doctorshealthpress.com, foxnews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel