Cara Cepat Memutihkan Wajah Secara Alami

(Gambar: Pinterest-Health Tips)
Tampilan wajah mampu terlihat putih, tidak kusam maupun kering, siapa pun pastinya berkeinginan untuk memilikinya bukan ? Sayangnya, sebagian orang masih saja berkecil hati kalau kulit wajah mereka tampak kering, kusam dan kehitaman. Bukan berarti Anda tidak mendapat kesempatan memiliki wajah putih bersih, sehingga tak mampu berpenampilan indah serta lebih menawan. Karena begitu banyak pilihan cara bisa ditempuh guna memutihkan wajah. Mulai penggunaan krim pemutih wajah, lotion, sampai menerapkan treatmen khusus. 
 
Demikian sengaja disuguhkan sebanding dengan jumlah penyebab yang mendasarinya. Atau secara berangsur melanin kulit mulai tidak teratur, sehingga berpengaruh terhadap perubahan warna kulit wajah. Meski faktor sederhana menghitamnya kulit pada area wajah disebabkan oleh bawaan lahir, tapi tidak menutup kemungkinan diakibatkan oleh kesalahan menggunakan produk perawatan wajah. 
 
Bisa juga demikian terjadi dipicu oleh paparan sinar matahari berlebih, kemudian mengembangkan bintik – bintik searah berjalannya usia di mana siklus produksi melanin kulit sudah tak terkendalikan lagi. Cara sinar ultraviolet ( UV ) menghitamkan kulit wajah juga mampu lewat kasus Melasma. Kondisi ini banyak ditimpa oleh wanita hamil karena terganggunya regulasi hormon dalam tubuh, sehingga menimbulkan noda cokelat pada wajah dan dada. Ketika kondisi demikian terkena paparan UV, maka proses perubahan warna wajah akan terjadi semakin cepat, serta masih banyak lagi faktor penyebab lainnya.
 
Tentunya jangan panik kalau dirasa penggunaan produk perawatan wajah mungkin cukup berisiko, karena sebab munculnya efek samping atau kurang cocok untuk kondisi kulit Anda. Boleh – boleh saja mencoba meresep sendiri berupa ramuan pemutih wajah alami. Mengapa ? Penerapan cara alami dapat meminimalisir risiko dari penggunaan bahan kimia. Pastinya terdapat banyak bahan alami yang bisa diterapkan di rumah, yakni sebagai berikut :
 
1. Kiwi
Gambar: stylecraze
Agar wajah mampu terlihat putih alami, maka gunakan saja buah kiwi. Peran kiwi dalam memutihkan wajah Anda kembali, mungkin belum sering didengar oleh khalayak umum. Alih – alih menggunakannya sebagai masker wajah, karena banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Kandungannya berupa Antioksidan, secara umum dapat meremajakan kembali kulit wajah melalui proses regenerasi sel. Khususnya Vitamin C pada buah kiwi, akan berperan aktif menjadi agen memutihkan wajah sekaligus mencerahkannya, menjaga area kulit sekitar wajah supaya tetap kencang, melawan radikal bebas, membersihkan pori – pori kulit dari noda, dan mempercepat pengelupasan terhadap sel kulit mati. 
 
a. Sediakan 1 buah kiwi berukuran sedang
b. Kupas dan hancurkan daging buahnya
c. Masukkan ke dalam mangkuk
d. Aduk – aduk sampai lembut
e. Gunakan sebagai masker setiap pagi
 
Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, boleh ditambahkan yoghurt ke dalam adonan masker kiwi. Karena yoghurt sendiri memiliki kandungan asam laktat berfungsi memudarkan noda, mengurangi pigmentasi, serta mempercepat pertumbuhan sel baru.

2. Pepaya & Madu
Tampaknya pepaya bukan hanya lezat dikonsumsi, tapi mereka cukup bagus untuk kulit wajah. Bagaimana bisa begitu ? Memutihkan wajah tak harus memakai perawatan mahal, pepaya dikenal mengandung Papain dan AHA ( Alpha Hydroxy Acids ). Keduanya mampu melarutkan sel – sel kulit mati, menghilangkan kotoran penyebab kulit gelap, serta menambah kecerahan kulit wajah. Kalau dipadukan dengan madu hasilnya mungkin lebih terasa, karena segi positif madu sanggup berfungsi sebagai pelindung kulit dari munculnya bakteri.
 
a. Siapkan satu cangkir jus buah pepaya, ditambah 1 sendok makan madu
b. Tuangkan keduanya ke dalam wadah kecil
c. Usahakan mengaduknya sampai tercampur rata
d. Oleskan campuran tadi ke kulit wajah
e. Diamkan 20 menit, bilas menggunakan air dingin
f. Menepuk – nepuk  kulit wajah sampai kering, lihat hasilnya

3. Jus Kentang
Gambar: vkool
Mengenai kandungan jus kentang telah dijelaskan pada hasil studi dalam Acta Scientiarum Polonorum Technologia Alimentaria, menunjukkan  kentang mengarungi Vitamin C, mampu berguna sebagai langkah ringan untuk memutihkan kulit wajah secara alami, maupun menghindarkan wajah dari tumpukan sel – sel kulit mati. Lantas bagaimana cara meramunya ?
 
a. Ambil kentang secukupnya
b. Kupas kulitnya, lalu potong kecil – kecil
c. Blender / lembutkan sampai menjadi jus
d. Terapkan pada area kulit wajah
e. Diamkan selama 15 menit
f. Bersihkan muka dengan air
 
Lakukan cara di atas tiga kali seminggu secara teratur. Tapi kalau dirasa Anda tak ingin mengoleskan jus kentang tersebut secara langsung ke wajah, bisa menggunakan bantuan kapas.
 
4. Susu Organik
Kalau Anda ingin memutihkan wajah juga tidak selalu menggunakan masker. Namun memberikan pijatan lembut pada wajah sambil mengoleskan sedikit susu organik, juga menjadi cara memutihkan wajah yang tak kalah bagus khasiatnya. Tentunya susu diperkaya Laktosa, Vitamin E, serat dan asam folat, semua itu memang bagus untuk pemeliharaan terhadap masalah kulit wajah. Bahkan mereka mampu jadi agen pemutih alami.
 
a. Tuangkan 3 sendok makan susu ke dalam mangkuk kecil
b. Oleskan ke wajah sambil memberikan pijatan lembut dengan gerakan memutar
c. Bersihkan wajah setelah melakukan pijatan
d. Lakukan 3 kali seminggu

5. Lemon & Madu
Sumber Vitamin C pada buah lemon telah dikenal membantu mengatur produksi melanin kulit, yakni berperan penting terhadap perubahan warna kulit wajah. Mungkin sebagian kulit wajah seseorang cukup sensitif terhadap bahan alami satu ini, sehingga mampu menimbulkan efek samping tertentu. Tapi jika penggunaan lemon ini dirasa tetap aman dan cocok, maka demikian bisa jadi langkah efektif yang patut dicoba.
 
a. Campurkan 1 Sdm madu dan lemon dalam wadah
b. Aduk – aduk sampai jadi pasta
c. Bersihkan wajah, kemudian oleskan pasta lemon pada kulit wajah
d. Diamkan 20 menit dan bilaslah dengan air hangat
e. Terapkan setiap malam sebelum tidur
 
Selain menggunakan lemon untuk tujuan memutihkan wajah agar kembali tampak cerah, dapat pula menggunakan Kulit Jeruk sebagai cara alternatifnya. Karena kandungan Vitamin C kulit jeruk / buah jeruk sendiri mampu berperan baik dalam rangka meminimalisir produksi melanin yang terlalu berlebihan. Jika tertarik menggunakan kulit jeruk, maka keringkanlah terlebih dahulu, lalu lembutkan sampai menjadi bubuk, barulah Anda dapat memadukannya dengan yoghurt.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  / Ar.M
Referensi : stylecraze.com, livestrong.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel