Begini Cara Membuat Lampu Hias dari Kertas Vellum

(Gambar: outsapop)
Lampu hias kini sudah bukan lagi menjadi hal tersier dalam dunia desain dan aksesori rumah. Bagi sebagian kalangan, lampu hias dianggap sebagai kebutuhan primer di samping fungsi lampu itu sendiri. Tak ayal jika jenis lampu hias kini disuguhkan di pasaran semakin bervariasi, guna memenuhi kebutuhan konsumen. Namun bagaimana jadinya bila kertas dijadikan sebagai ornamen untuk menghiasi lampu rumah ?

Nampaknya akan cukup menambah keindahan suasana ruangan tentunya. Tapi pembuatan lampu hias dari kertas di sini tak seperti kertas karton, kardus, HVS dan sebagainya. Sekarang alih – alih kita membuatnya dari kertas Vellum. Jika Anda mengalami kesulitan menemukan kertas vellum, bisa menemukannya di toko alat tulis / percetakan. Cukup beli saja kertas vellum berwarna putih berukuran 24 inci. 

Selanjutnya mulailah menghiasi lampu ruangan Anda. Meski pada dasarnya berbagai jenis lampu dapat dipadukan dengan kertas vellum, namun lampu lentera yang memiliki kerangka dasar bulat, akan menghasilkan efek cahaya lebih menarik bila dibandingkan lampu jenis lainnya. Sehingga kalau ingin hasilnya maksimal, cobalah menggunakan lampu lentera Ini.

Jangan lupa untuk menyiapkan perekat, atau gunakan saja lem apapun yang bisa merekatkan kertas vellum ke permukaan lampu lentera itu. Atau sekiranya lem mampu memiliki daya rekat kuat terhadap bahan berbahan vellum. Namun ketika menggunakan perekat / lem dengan daya lekat terlalu kuat, disarankan berhati-hati dalam penggunaannya agar tidak mengenai kulit tubuh maupun permukaan benda lain.

Perhatikan cara membuatnya sebagai berikut :

1. Memotong Kertas Vellum menjadi Segi Tiga
Gambar: outsapop
Mulailah memotong kertas vellum menjadi bentuk segi tiga menggunakan lebar sekitar 4 - 6 cm, panjang kisaran 20-25 cm. Buatlah potongan kertas vellum sebanyak mungkin, sampai sekiranya cukup untuk membalut seluruh bagian lentera lampu rumah. Jadi, banyaknya jumlah potongannya dibutuhkan sesuai  luas bidang lampu. 

2. Merekatkan Kertas pada Lampu
Gambar: outsapop
Selanjutnya rekatkanlah satu persatu lembaran potongan kertas itu, mulai dari bagian tengah pada permukaan paling bawah lampu lalu ke atas. Agar memperoleh hasil maksimal pada efek lampu hias, maka perhitungkan jarak antara satu kertas ke kertas sebelahnya, serta juga jarak antar baris kertas.

Untuk jarak menyamping, rekatkan antara ujung kertas satu dengan ujung kertas lain secara rapat dan memutar. Jika kertas sudah direkatkan secara memutar, mulai lagi merekatkan kertas seukuran 1 cm lebih tinggi dari kertas sebelumnya, lalu lanjutkan merekatkan kertas lain. Usahakan lampu lentera tersebut benar-benar tercover sehingga dipenuhi oleh kertas vellum. 

3. Lampu Hias Siap Dipasang
Gambar: outsapop
Jika sudah, kini Anda dapat memasangkan kembali lampu hias dari kertas vellum pada tempat semula, kemudian nyalakan. Saat hari sudah benar-benar gelap, Anda akan melihat efek glow yang dipancarkan dari pantulan cahaya lampu hias ke seluruh bagian kertas. Bahkan, efek lampu juga akan benar-benar indah untuk disaksikan. Penasaran untuk mencoba...?
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  / Herry. W
Referensi : makezine.com, apartmenttherapy.com, outsapop, the3rsblog

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel