Gemar Mengupil ? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Anda

(Gambar: viralportal)
Mengupil yang kerap dianggap sebagai kebiasaan menjijikkan dan jorok, sekarang telah diklaim memberikan dampak bagus bagi kesehatan tubuh. Siapa sangka, kebiasaan tersebut tentu selalu dicegah oleh setiap orang tua pada anaknya. Tapi nyatanya demikian malah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan baik untuk gigi. Mungkin terkesan berlebihan, akan tetapi sebuah kabar yang dimuat oleh DailyMail, 5 Mei 2017 menjelaskan, sebuah penelitian membuktikan bahwa mengupil yang secara umum menjijikkan, namun memasukannya ke mulut memberi dampak positif untuk sistem imun tubuh dan gigi Anda. 

Dilihat secara mental, kebiasaan semacam ini menunjukkan sebagai dorongan alami berasal dalam diri setiap individu. Seperti halnya berkedip, memegang kepala saat pusing, menggerakkan kaki saat merasa grogi, menutup mata ketika bersin, bahkan melirikkan mata ke atas saat berpikir. Semua dorongan itu lebih sering terjadi dikarenakan oleh refleks tidak terencana. 

Mengapa bisa begitu ? Semisal, Anda pasti tak pernah merencanakan untuk memegang kepala ketika berpikir keras bukan ?. Meski perilaku itu tidak berarti apa-apa bagi kita, namun beberapa di antaranya tanpa sadar memberikan manfaat untuk kesehatan, seperti halnya mengupil.

Kalau kita mungkin menganggap “ upil “ merupakan sesuatu yang kotor, ketika memainkannya pun sudah termasuk perilaku tak lazim. Anggapan itu tidak berlaku bagi Dr Scott Napper, seorang profesor biokimia berasal dari Universitas Saskatchewan, Canada. Beliau menyatakan bahwa refleks alami dalam tubuh, secara tak langsung akan memaksa kita melakukan beberapa hal berbeda guna kebaikan diri. Bahkan jika Anda memiliki dorongan untuk mengupil kemudian memasukannya ke mulut, Anda hanya perlu melakukannya secara alamiah. 

Hasil temuan itu juga diperkuat oleh sebuah penelitian lain di Institut Teknologi Massachusetts, menyimpulkan bahwa mucus ( lendir ) dapat mencegah infeksi dengan cara melumpuhkan bakteri. Para peneliti yang terlibat dalam penelitian tersebut percaya bahwa mucus yang disintetikkan dalam pasta gigi misalnya, bisa membantu mencegah gigi berlubang. 
Gambar: ekantipur
Penelitian mengenai mengupil ternyata tidak berhenti sampai di sini. Seorang Profesor Spesialis Paru dari Australia pun menyatakan hal yang senada terkait manfaat mengupil. Ia menyatakan bahwa, hasil penelitian menunjukkan terdapat fakta menarik terhadap orang yang memiliki kebiasaan mengupil. Mereka cenderung memiliki kehidupan lebih sehat, bahagia, serta lebih selaras. 

Jika kebiasaan mengupil menurut Dr Scott bagus, mungkin perilaku tersebut cukup sulit diterima masyarakat yang notabennya menjunjung tinggi kesopanan dan norma. Meski siapa pun akan sulit menerimanya, tetapi fakta penelitian dan ahli telah berpendapat, bahwa mengupil atau sekadar memasukkan jari dalam hidung lalu memasukannya ke mulut, akan memiliki manfaat untuk kesehatan gigi serta membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, setidaknya kebiasaan yang tidak sengaja diterapkan layaknya mengupil ini, dapat diulas berbagai segi positifnya serta tak hanya memandangnya sebelah mata. Mungkin dibalik itu semua, masih banyak di luar sana yang menelusuri bahwa mengupil dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  / Herry. W
Referensi : dailymail.co.uk, medicinenet.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel