Cara Ampuh Memutihkan Kulit di Seluruh Tubuh

(Gambar: Youtube/Arpita Nath)
Kulit setiap orang tentu bisa memiliki warna berbeda - beda. Ada pula mereka berkulit putih, sawo matang dan hitam. Meski sebuah keindahan penampilan tubuh sejatinya bukan dinilai dari warna kulitnya, namun tidak jarang orang cenderung memilih untuk mempunyai kulit lebih putih, sehingga mau tidak mau berusaha mengubah tampilan kulit mereka. Kalau memang demikian, tak usah risau karena masih terdapat pilihan metode agar mampu membuat Anda jadi lebih percaya diri. Perlu diingat, bahwa keberadaan warna kulit sendiri sebenarnya ditentukan ketika sel – sel Melanosit memproduksi melanin. Tapi saking banyaknya jumlah produksi melanin tersebut,  justru kerap menyebabkan masalah kulit hitam atau tampak lebih gelap.

Lantas, bagaimana cara memutihkan kembali kulit di seluruh tubuh ? Umumnya penerapan krim, masker kulit, suntikan Vitamin, konsumsi suplemen pemutih kulit, dan operasi kulit menjadi cukup familiar di kalangan masyarakat masa kini . Dimulai dari harga terjangkau hingga harus mengeluarkan biaya dengan jumlah tak sedikit. Tapi jika tidak berkenan melakukan langkah – langkah demikian, menggunakan cara alami juga tak kalah efektif untuk membuat kulit tubuh terlihat putih bersih, cerah dan indah menawan. Karena memutihkan kulit menggunakan metode alami juga mampu menutrisi kembali kulit, baik luar maupun dalam.
Beginilah cara memutihkan kulit tubuh secara alami  yang perlu diketahui :

1. Mengatur Pola Makan
Untuk memutihkan kulit ternyata tidak hanya dipandang dari seberapa sering kita menerapkan produk perawatan kulit. Tapi pentingnya mengatur makanan setiap hari juga perlu diperhatikan. Kalau tubuh terlalu sering diberikan asupan makanan siap saji misalnya, dampaknya bisa berpengaruh pada kesehatan kulit itu sendiri. Menurut penjelasan dalam Journal Evolution and Human Behavior menunjukkan, gemar makan buah jeruk dan sayuran merah setiap hari saat diet, dapat membuat warna kulit menjadi sehat, menarik, serta lebih bercahaya, dibandingkan warna kulit yang diberikan saat tubuh terkena sinar matahari.  Jadi mengatur pola makan sehat sambil melakukan diet seimbang, mampu meningkatkan tekstur kulit, membuatnya tampak sehat berseri sampai memutihkan kulit secara bertahap.

2. Mengurangi Paparan Sinar Matahari
Sebenarnya peranan sinar matahari menjadi sumber vitamin D, terkenal bagus untuk kesehatan tulang. Tetapi ketika paparan sinar UV  itu terlalu berlebihan, malah memicu radikal bebas yang kurang baik bagi kulit. Terdapat waktu tertentu sinar matahari yang baik bagi tulang seperti jam 07 – 10 pagi, namun setelahnya mungkin mereka kurang baik terhadap kulit. Dimana waktu demikian sengatan sinar UV cukup kuat, sehingga memungkinkan kulit lebih mudah berkerut, kasar dan gelap. Guna menjaga agar kulit tetap sehat dan putih alami, maka sebaiknya kurangilah paparan sinar UV di waktu tersebut, atau menggunakan tabir surya sebagai pelindung kulit.

3. Jangan Lupa Pakai Pelembab
Bukan berarti mencuci wajah minimal dua kali sehari sudah mampu menjaga kulit sehat serta terhindar dari kulit hitam. Tapi Memakai pelembab juga ikut serta mendukung Anda dalam mendapatkan kulit putih. Pelembab alami seperti lidah buaya selain berguna melembabkan kulit tubuh, mereka mampu berperan sebagai penangkal radikal bebas. Ketika pelembab ini digunakan secara teratur, kondisi kulit dapat selalu halus, lentur sehingga terjauhkan dari kulit kering yang sering jadi penyebab kulit gelap. 

4. Minum Teh Hijau 2 Cangkir Sehari
Gambar: cancerfightersthrive
Teh hijau termasuk minuman segar berfungsi memutihkan kulit secara alami. Alasan yang mendasari minum teh hijau itu bagus untuk  kulit, karena mereka dikemas dengan Exfoliator alami berupa senyawa Oligomer Proanthocyanidins ( OPC ), berperan guna membersihkan kotoran pada kulit. Berdasarkan hasil penelitian di AS juga menyatakan, Polifenol dalam teh hijau mampu berguna mengurangi jumlah Peroksida penyebab kulit kasar.

Cakupan vitamin serta nutrisi teh hijau berfungsi mengatur produksi melanin, menangkal radikal bebas, maupun menghindarkan kulit terhadap kerutan penyebab penuaan dini. Bahkan sifat Anti – inflamasi minuman ini juga berperan aktif mengurangi peradangan jerawat, infeksi bakteri maupun berbagai penyakit kulit lainnya. Oleh karena itu, mengonsumsi dua cangkir teh hijau secara teratur sangat berperan dalam rangka memutihkan kulit dari dalam.

5. Gunakan Bahan alami
Menjadikan kulit cantik bukanlah rahasia umum, tapi itu memang sebuah keinginan bagi semua wanita. Terlebih ketika mereka ingin memutihkan kulitnya, tentu di sini tidak harus menggunakan krim pemutih bertabur bahan kimia. Terdapat pilihan bahan alami yang bisa dicoba, yaitu sebagai berikut :

a. Nanas
Kandungan buah nanas meliputi Vitamin C, B1, B2, B3, B5,  B6, Folat, Mangan dan sebagainya. Lantas mengapa harus memilih Nanas sebagai pemutih kulit alami ? Kalau Nanas dibuat menjadi scrub wajah, mereka mampu menghilangkan kotoran yang menumpuk, mengangkat sel kulit mati, mengurangi risiko kulit keriput, serta menstimulasi produksi kolagen sehingga membuat kulit tampak elastis.

Cara membuatnya  :
a. Potonglah satu buah nanas menjadi ukuran kecil – kecil
b. Padukan dengan 1 Sdm Madu, atau 2 Sdm Tepung Gram untuk membuatnya jadi pasta
c. Oleskan pasta nanas pada kulit, lalu diamkan 15 menit
d. Bilas menggunakan air sampai bersih
e. Lakukan 2 kali seminggu secara teratur
Selain menjadikan nanas sebagai masker pemutih kulit, pasta tersebut juga dapat diaplikasikan pada kulit sambil memberikan pijatan lembut.

b. Minyak Almond
Gambar: cuestiondemujer
Minyak Almond diperkaya vitamin E yang bekerja sebagai pemutih kulit alami. Tak hanya berfungsi memutihkan kulit, tapi minyak esensial ini juga bekerja meningkatkan produksi komponen kulit layaknya Elastin dan Kolagen. Berdasarkan hasil studi pada American Osteopathic College of Dermatology menjelaskan, terjadinya bintik gelap pada kulit terbentuk karena berkumpulnya pigmen kulit dalam satu area. Sedangkan vitamin E mampu memutihkan kulit serta menyehatkannya, karena cukup penting untuk pengolahan vitamin A dalam tubuh ( berperan membantu mengurangi bintik – bintik gelap pada permukaan kulit ).

Lantas, bagaimana cara memutihkan kulit dengan minyak Almond ini ? Anda bisa mengaplikasikannya sebagai minyak untuk pijat kulit. Atau mengoleskan secara langsung menjadi pelembab sekaligus pelindung kulit, sehingga mampu mengurangi terjadinya iritasi, mencerahkan warna kulit serta sebagai obat anti penuaan. 

6. Jangan Lewatkan Mengonsumsi Air Putih
Kalau kulit mengalami dehidrasi tentu akibatnya akan mengganggu kesehatan kulit bukan ?. Sebaliknya bila kita rajin minum air maka manfaatnya juga mampu membuat kulit putih. Karena mengonsumsi air putih 8 gelas sehari secara teratur, secara tidak langsung akan mengeluarkan urea dalam tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, sampai menyehatkan kulit Anda. boleh – boleh saja menambahkan sedikit air perasan lemon supaya efeknya jadi lebih terasa. 
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  /  Rah. W

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel