Pijat Telapak Kaki 15 Menit Sebelum Tidur, Rasakan Keajaibannya

(Gambar: svmassagetherapy)
Tidur malam hari sudah menjadi kebutuhan tubuh kita dalam mengembalikan energi serta memperbaiki sel – sel yang rusak, sehingga di pagi harinya badan akan terasa sehat / bugar kembali. Terlepas dari itu, ternyata ada banyak hal yang bisa kita terapkan dalam menunjang kesehatan tubuh. Salah satunya melakukan pijatan lembut pada kaki sebelum tidur. Mungkin saja jarang orang menerapkan langkah ini, karena mungkin dirasa cukup mengulur waktu tidur.

Tapi jika menilik lebih dalam akan manfaat memijat kaki sebelum tidur, maka sangatlah berperan penting dalam menunjang kesehatan mental maupun fisik seseorang. Pada akhirnya akan membantu menstimulasi beberapa organ tubuh secara umum, sehingga cukup membantu mendorong kinerjanya agar tetap optimal.

Lantas, apa saja manfaat dari memijat kaki secara rutin sebelum tidur :

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit Kaki
Kaki termasuk penopang utama saat kita menjalankan aktivitas sehari –hari. Untuk itu perlu menjaga kesehatannya, terutama keberadaan kulit kaki yang harus selalu terawat dengan baik.

2. Melancarkan Kinerja Organ Dalam Tubuh
Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan organ tubuh secara umum, serta membantu memaksimalkan kinerjanya, pada akhirnya metabolisme berjalan dengan normal.

3. Memperlancar Peredaran Darah
Aliran darah yang lancar akan sangat berpengaruh terhadap kinerja organ tubuh. Namun jika aliran darah tidak lancar, secara tak langsung bisa merusak kondisi organ dalam tubuh. Untuk itu memijat kaki sebelum tidur berguna mencegah permasalahan tersebut.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur
Tentu saja, kualitas tidur sangatlah memengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh seseorang. Termasuk meregenerasi sel – sel tubuh yang rusak, serta membantu pembuangan racun dalam tubuh ( detoksifikasi ).

5. Merileksasikan Otot – otot yang Kaku
Terkadang kondisi otot kaku bisa menyebabkan kram atau rasa nyeri pada kaki. Maka lakukan pemijatan kaki ini sebagai langkah antisipasinya. 

6. Membantu Menenangkan Suasana Hati
Secara berkesinambungan, suasana hati yang terkontrol akan mampu mengendalikan emosional seseorang. Dari situ akhirnya bisa menangkan pikiran / menjadi lebih tenang.

7. Mengatur Sekresi Keringat
Memijat bagian kaki sangat membantu menormalkan / maksimalkan sistem pengeluaran keringat dalam tubuh, yang merupakan sisa – sisa hasil metabolisme dalam tubuh Anda.

Perhatikan cara menerapkannya : 

1. Memijat bagian telapak kaki sebelum tidur malam
2. Pijatlah secara lembut menggunakan ibu jari tangan
3. Lakukan kurang lebih 10 sampai 15 menit
4. Agar efeknya lebih terasa, terapkan secara rutin tiap malam sebelum tidur

Disarankan juga untuk memijat bagian jempol kaki, sebab daerah kaki tersebut terdapat syaraf yang menghubungkan jantung dan otak. Sehingga dengan memberikan pijatan lembut pada daerah kaki tersebut, akan membantu menyehatkan kedua organ tadi. Sementara jika memberikan pijatan jari kaki yang lain, akan berfungsi meringankan rasa nyeri pada otot- otot kaki Anda.
Ditulis Oleh : Arbamedia.com  / Ar.M
Referensi : Healthy Food House

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel