Awas! Ini 5 Gejala Diabetes yang Jarang Diketahui Banyak Orang

gambar : webmd
Diam tapi mematikan adalah sebuah slogan yang sering kita dengar dalam pembahasan penyakit diabetes, atau biasa disebut dengan “ Silent Killer ”. Kata tersebut digunakan karena penyakit diabetes ini merupakan salah satu penyakit berbahaya dengan gejala yang tidak begitu terlihat dan terasa. Namun pada saat tertentu saat diabetes menyerang, maka akan memiliki risiko amat tinggi bagi kesehatan tubuh. Kalau kita sudah mengenal akan bahaya dari gejala diabetes ini, maka sangat baik pula jika menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengundang datangnya diabetes. Hal lain yang perlu kita ketahui adalah jenis jenis gejala datangnya penyakit diabetes yang sering diabaikan banyak orang, seperti yang dilansir dari laman vemale.com ( retrieved 13/10/2017 ).

1. Mudah merasa haus dan lapar
Merasa lapar dan haus terus menerus ternyata juga dapat menjadi pertanyaan yang umum bagi seseorang. Nah mungkin jika Anda pernah mengalami haus atau lapar yang berlebihan, selalu waspadailah kalau hal tersebut merupakan gejala awal dari diabetes. Langkah tepat jika mengalami hal seperti ini lakukan pemeriksaan kesehatan kepada dokter.

2. Berat badan turun drastis
Turunnya berat badan secara drastis di dalam tubuh kita, disebabkan oleh pecahnya lemak yang berfungsi untuk mencairkan glukosa darah, karena pada saat itu pankreas di dalam tubuh sudah berhenti bekerja. Biasanya gejala ini muncul pada diabetes tipe 1.

3. Sering buang air kecil
Saat kita dilanda diabetes, sudah sangat jelas bahwa kadar gula darah dalam tubuh kita akan meningkat tajam. Jika kadar gula darah dalam tubuh melambung tinggi, akan memiliki risiko yang menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Akibat terjadinya hal tersebut maka tubuh akan terus mengeluarkan urin setiap waktu.

4. Mual muntah
Saat tubuh membutuhkan insulin, tubuh akan menyerap kandungan lemak yang memiliki risiko peningkatan keton dalam tubuh manusia. Jika kadar keton ini melampaui batas yang ditentukan, maka akan lebih berbahaya bahkan dapat mengancam jiwa penderita. Selain itu jika kadar keton dalam perut terlalu tinggi, maka perut akan mengalami mual lalu muntah.

5. Kaki mengalami mati rasa
Kaki mati rasa, salah satu gejala yang dimiliki oleh penderita diabetes, meski mirip dengan penyakit lain. Saat Anda mengalami mati rasa pada kaki, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui informasi secara pasti tentang kesehatan Anda.

Nah.. itulah beberapa gejala diabetes yang jarang diketahui orang, semoga bermanfaat untuk membantu kehidupan Anda agar lebih membaik.
Ditulis : Adi K  /  Arbamedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel