5 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dibeli

sumber : babyluna
Banyak masalah yang dialami para istri yang pertama kali melahirkan. Mulai dari persiapan kesehatan, peralatan yang dibutuhkan, asupan makanan dan masih banyak lagi. Proses persalinan merupakan proses di mana sang ibu dan sang ayah menantikan seorang buah hati yang akan membahagiakannya. Para ayah pun ternyata juga harus antusias dalam mempersiapkan persalinan istri tercinta dan kebutuhan selama rumah sakit.

Hal terpenting yang tak boleh dilewatkan oleh para suami adalah menyiapkan perlengkapan bayi sebelum lahir. Jauh waktu lebih baik untuk memikirkan hal tersebut. Karena saat kita memilih perlengkapan bayi, tentu tak akan menggunakan merek sembarangan, apalagi umur bayi masih terhitung hari, pasti bayi memiliki kulit yang sangat sensitif. Untuk itu jika ingin menjadi suami yang teladan, jangan heran jika keperluan bayi dan istri tercinta amatlah banyak. Nah, berikut ini perlengkapan yang wajib disiapkan pertama kali saat bayi baru lahir.

1. Perlengkapan Pakaian Bayi
Saat usia kandungan menginjak 4 sampai 5 bulan, biasanya bidan sudah bisa melakukan diagnosa terhadap jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan. Untuk lebih tepatnya lagi dokter, akan melakukan pemeriksaan kembali saat kandungan berusia 7 sampai 8 bulan. Nah jika sudah tahu secara pasti jenis kelamin yang dimiliki oleh buah hati, sebaiknya ayah lekas berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sang istri dan sang buah hati tercinta. Pilihlah baju untuk bayi yang berbahan lembut, dapat menyerap keringat, dan memiliki kancing di bagian depan agar lebih mudah saat pemakaiannya. Selain baju, hal lain yang harus persiapkan adalah sarung tangan bayi, sarung kaki, topi, dan jangan lupa jaket untuk bayi.

2. Perlengkapan Tidur
Perlengkapan buah hati yang akan digunakan untuk tidur juga perlu kita persiapkan. Karena bayi di usia yang masih hitungan Minggu, memiliki ketajaman pendengaran yang lebih peka dibandingkan umur yang lebih banyak. Di sini selalu gunakan perlengkapan yang berkualitas yang akan membuat bayi selalu nyaman dan juga mudah tidur. Perlengkapan tidur yang perlu disiapkan yaitu Perlak yang memiliki Buble, selimut bayi, dan tak lupa bantal dengan ukuran standar agar bayi dalam keadaan yang nyaman.

3. Peralatan Mandi
Peralatan mandi adalah hal utama yang tidak boleh terlupakan. Karena kualitas yang diperoleh dari peralatan yang kita beli sangat berpengaruh pada kesehatan bayi. Selalu siapkan sabun cair yang hanya direkomendasikan untuk bayi. Juga siapkan bag mandi, sampo, maupun handuk.

4. Peralatan Kesehatan
Menyiapkan peralatan kesehatan untuk bayi yang baru lahir, ternyata juga tidak boleh sampai ketinggalan. Karena bayi memiliki sistem imun yang lemah, maka kita harus mempersiapkan peralatan untuk antisipasi hal yang sering terjadi pada bayi. Seperti masuk angin dan luka gigitan nyamuk. Oleh karena itu, perlengkapan kesehatan bayi seperti minyak telon, kapas, bedak, kasa untuk tali pusar, tisu basah, tisu kering sangat penting untuk kita siapkan.

5. Perlengkapan Bepergian
Untuk menghindari terjadinya kontak langsung antara bayi dan udara luar, maka diperlukan juga beberapa perlengkapan untuk bepergian biar tidak terjadi gangguan kesehatan pada bayi. Sementara paket perlengkapan untuk bepergian bisa dibeli di toko perlengkapan bayi.
Oleh : Adi. K  /  Arbamedia - sumber: liputan6

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel