4 Cara Mudah dan Ampuh Redakan Gusi Bengkak

Gambar : premierdentalassociates
Gusi bengkak kerap diistilahkan sebagai gangguan Periodontal. Sementara gusi bengkak dapat disebabkan karena adanya gangguan kesehatan akibat kuman atau goresan tertentu pada gusi. Biasanya hal ini sering terjadi saat kita menggosok gigi, kemudian secara tidak sadar gusi kita ikut tergores. Hingga kadang mengeluarkan darah, dan itu sangat berdampak gusi akan membengkak pada keesokan harinya.

Dilansir dari liputan6.com ( retrieved 15/11/2017 ) Ada berbagai macam bahan alami yang dapat kita manfaatkan untuk mengatasi masalah seperti ini. Setiap makanan yang berbau alami seperti buah-buahan dan sayuran, pasti tak luput dari yang namanya kandungan antioksidan dan anti inflamasi yang ada di dalamnya. Senyawa alami anti inflamasi ini memiliki fungsi yang baik jika dikonsumsi dengan cara yang tepat. Selain itu kandungan ini juga dapat membantu proses penyembuhan luka dan mengurangi rasa nyeri saat pembengkakan di gusi.

Di bawah ini adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan gusi bengkak :

1. Lemon
Kandungan alkali serta antibiotik yang terdapat di dalam buah lemon dapat membantu meredakan sakit pada gusi dan juga meredakan gusi bengkak. Konsumsi buah lemon dalam bentuk jus juga membantu agar antioksidan di dalam tubuh tetap terjaga dengan baik.

2. Air Hangat dan Garam
Cara ini memang sudah banyak dilakukan oleh banyak orang. Namun dengan rasa dan aroma yang bikin perut mual, menjadikan orang ogah menggunakan ramuan alami ini. Sebelumnya perlu anda ketahui terlebih dahulu, kandungan anti inflamasi dan antibakteri yang tinggi di dalam garam, sangat penting untuk mencegah pendarahan dan membunuh bakteri dalam mulut. Meskipun rasanya tidak kita sukai, namun ramuan yang dapat kita gunakan untuk berkumur ini ternyata juga sangat mujarab.

3. Jus Blueberry
Pasti kamu sudah kenal kan.. dengan buah Blueberry ? Buah yang kaya dengan kandungan antioksidan ini banyak kita temui di pasaran atau di penjual jus buah. Mengonsumsi jus buah Blueberry setiap hari juga dapat membantu meredakan nyeri pada gusi yang bengkak.

4. Cuka Apel
Coba gunakanlah cuka apel sebagai obat kumur alami. Kandungan asam yang terdapat di dalamnya dapat menyeimbangkan pH mulut, selain itu kandungan asam alami yang tinggi sangat bermanfaat untuk memerangi bakteri dalam mulut.
By : Adi K  /  Arbamedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel