Lakukan 7 Hal ini Agar Kamu Awet Muda, Sehat dan Panjang Umur

image : austintherapies
Salah satu impian yang belum pasti untuk kita dapatkan yaitu memiliki umur yang panjang. Sehubungan dengan takdir yang berlaku, memang masalah umur hanya tuhan yang tahu. Jika kita ingin memiliki tubuh sehat dengan umur yang lebih panjang, tentu akan banyak hal-hal penting yang harus kita terapkan. Sementara faktor utama seseorang memiliki umur pendek, yaitu kebiasaan buruk yang dapat membuat orang tersebut mengalami masalah kesehatan.

Siapa yang tak ingin memiliki umur panjang dengan kualitas kulit lembut, cerah, dan tentunya terhindar dari keriput meski umur sudah tua..? Seperti yang dikatakan oleh Puspa Dewi nenek tertua di Indonesia, Bahwa untuk memiliki tubuh seperti anak remaja di usia yang menginjak 51 tahun tidaklah sulit. Ia mengatakan, memanfaatkan waktu setiap hari dengan penuh kegembiraan, itu merupakan salah satu kunci yang dapat membuat kita awet muda. Selain itu pasti ada beberapa tips lain yang bersangkutan dengan kesehatan kulit, yang akan membuat penampilan kita tampak lebih muda.

Berikut ini adalah beberapa hal wajib untuk kamu lakukan setiap hari jika ingin terlihat muda pada usia 50 tahunan.

1. Perbanyak Mengonsumsi Sayuran
Menurut banyak wanita tua yang memiliki tubuh seperti anak 20 tahunan, mengonsumsi sayur hijau merupakan resep yang tak kalah penting jika anda ingin terlihat lebih muda dengan umur yang panjang. Sayuran hijau seperti brokoli, tomat, dan wortel mengandung banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Untuk itu biasakanlah untuk mengurangi konsumsi makanan cepat saji, dan segera beralih ke sayuran yang tidak memiliki efek samping.

2. Rajin Cuci Muka
Selain mencegah timbulnya jerawat, mencuci muka setiap malam sebelum tidur ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga sel kulit. Saat kita melakukan aktivitas di siang hari pasti banyak debu yang berkeliaran di sepanjang udara. Nah.. jika debu kasat mata ini mengenai kulit wajah yang sensitif, maka penumpukan flek hitam yang disebabkan oleh debu akan semakin nampak. Untuk menanggulangi hal tersebut kita diharuskan selalu rajin mencuci muka setiap hari.

3. Perbanyak Makan Buah
Selain mengonsumsi sayuran, kita juga perlu mengimbangi nutrisi yang didapat dari sayuran hijau dengan mengonsumsi buah buahan organik. Banyak sekali pilihan buah yang dapat kita ambil manfaatnya, agar tubuh makin sehat dan umur lebih panjang. Selain itu dalam buah-buahan juga tak ketinggalan akan senyawa Antioksidan, dimana kandungan tersebut memiliki manfaat yang baik bagi kecantikan  / kesehatan kulit.

4. Olahraga
Sesuai fakta yang ada, menggerakkan anggota tubuh dengan gerakan tertentu dapat menimbulkan efek positif bagi tubuh. Dengan pembakaran lemak dan lancarnya sistem pencernaan di dalam tubuh, pada akhirnya pengolahan zat makanan menjadi lebih cepat. Dari sinilah tubuh akan memiliki berat badan ideal serta tetap terkontrol.

5. Harus Pandai Mengendalikan Emosi
Menurut salah satu nenek muda dari dalam negeri, dari keseluruhan resep untuk memiliki umur panjang dan awet muda, yaitu dengan cara mengendalikan emosi. Demikian adalah salah satu cara paling efisien namun umumnya sulit dilakukan. Saat tubuh didatangi perasaan emosi, pasti badan akan merasa lelah, pegal dan stres. Hal tersebut dikarenakan saat kita emosi, produksi hormon Noradrenalin yang juga merupakan penyebab stres akan semakin meningkat.

6. Atur Jadwal Tidur yang Rutin
Pentingnya mengatur jadwal tidur dapat berpengaruh besar terhadap kualitas kesehatan yang Anda miliki. Pada seseorang yang memiliki kebiasaan begadang dengan menjalankan aktivitas di malam hari (dalam jangka waktu yang lama), demikian dapat menyebabkan gangguan produksi hormon, yang akan mengubah jam psikologis kalian. Maka, tidurlah malam hari lebih awal agar tubuh dapat memperbaiki sel-sel yang lemah / rusak, sehingga metabolisme bisa berjalan optimal.

7. Kurangi Mengonsumsi Kopi 
Kopi memiliki banyak kandungan kafein alami. Sebenarnya tidak berbahaya jika kopi kita konsumsi setiap saat. Namun yang membuat kandungan kafein menyebar di dalam tubuh adalah dosis pengonsumsian yang melebihi batas. Menurut salah satu ahli kesehatan, mengonsumsi sedikit makanan yang  mengandung kafein, itu cukup baik diterapkan karena untuk meningkatkan kinerja otak. Namun jika pengonsumsian itu melebihi batas normal, maka gangguan kesehatan juga dapat kamu alami. 
By : Adi. K  /  Arbamedia
Referensi : detik, liputan6, alodokter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel