6 Minuman Sehat Ini Jaga Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

image : nomealnohealth
Bulan Oktober merupakan bulan awal dimana musim hujan di Indonesia mulai berdatangan. Ketika suasana udara menjadi dingin, secara tidak langsung maka siklus kehidupan di muka bumi akan berubah. Dan ini merupakan hal yang sudah biasa untuk kita lewati setiap tahun. Perubahan suhu udara menjadi dingin dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan pada diri kita. Banyak orang mengatakan saat pergantian musim telah tiba, dimana musim kemarau berubah menjadi musim hujan, maka udara yang awalnya kering akan berubah menjadi lembab. Dari sini perkembangbiakan virus dan bakteri mulai meningkat yang akhirnya dapat menimbulkan masalah pada kesehatan manusia.

Virus yang banyak menyerang kita pada saat musim hujan adalah influenza dan demam. Virus ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernafasan manusia. Bukan hanya itu, perkembangan pesat terhadap virus ini menimbulkan dampak buruk hingga 70 % terhadap lingkungan hidup. Meski begitu, kita tidak perlu khawatir dengan hal seperti ini, karena ilmu kesehatan yang berasal dari dalam negeri telah menemukan riset “ bahwa sistem kekebalan tubuh pada diri kita dapat diperkuat dengan meminum minuman herbal seperti yang ada di bawah ini.” Tentu selain murah untuk dibeli, minuman yang kaya akan antioksidan ini juga sangat banyak digemari di kalangan masyarakat seluruh Indonesia.

1. Teh Kayu Manis
Dokter Jian Zhen Hao dari RMIT University School di Melbourne Australia mengatakan, bahwa rempah dari kayu manis ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dalam tubuh, salah satunya untuk menjaga kesehatan sistem saluran pencernaan. Konsumsi kayu manis dalam bentuk teh juga dapat membantu membunuh bakteri yang datang saat musim hujan, sehingga saluran pencernaan akan menjadi lebih sehat dan berkinerja maksimal.

2. Jeruk Hangat
Buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi ini, ternyata juga termasuk salah satu buah yang dapat digunakan untuk mengebalkan sistem imun yang kita miliki. Mengonsumsi buah jeruk dalam bentuk jus atau minuman hangat, ternyata sama nikmatnya jika diminum dengan suasana santai.

3. Daun Teh Mint
Banyak ditemui di berbagai wilayah, baik dari dalam dan luar negeri, daun Mint memiliki senyawa seperti vitamin A, B, C dan antioksidan yang tinggi. Kandungan senyawa yang ada di dalamnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda jika dikonsumsi dalam bentuk teh panas. Selain itu daun Mint juga dapat dicampur sebagai penyedap rasa untuk segala jenis minuman.

4. Air Hangat
Sebenarnya manfaat minum air putih hangat sangatlah banyak. Kita tak perlu menunggu musim hujan untuk meminumnya. Selain mudah untuk diterapkan, minum air putih hangat ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan secara kompleks. Saat kita mengonsumsi air tawar hangat, maka bakteri dan mikroba jahat yang ada di dalam tubuh akan mati. Untuk itu selalu konsumsilah air putih hangat setiap hari agar tubuh terhindar dari serangan virus / bakteri.

5. Sup Hangat
Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi sayur sup yang masih hangat / panas. Dalam semangkuk sup panas terdapat bermacam rempah-rempah dari tumbuhan sayuran. Setiap rempah yang diolah dalam sup ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Karena itu konsumsilah sayur sup minimal tiap dua kali dalam seminggu.

6. Wedang Jahe Panas
Salah satu masalah kesehatan saat perubahan musim panas ke musim hujan adalah sakit kepala. Dimana suhu udara yang awalnya panas, secara tiba-tiba berubah menjadi dingin. Sementara akibat perubahan suhu yang drastis tersebut, menyebabkan kepala kita terasa pusing seperti migran. Jika Anda pernah mengalami masalah seperti ini, solusi yang tepat adalah mengonsumsi wedang jahe panas.
By : Adi. K  /  Arbamedia
Referensi : merdeka.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel