5 Penyebab Penyakit Polio yang Kerap Diabaikan

image : euractiv
Polio merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus dan menyerang pada bagian saraf manusia. Penyakit ini bisa dikatakan berbahaya, karena gejala awal penderita penyakit polio cukup serius, yaitu gejalanya seperti sesak nafas, kelumpuhan, hingga dapat mengancam jiwa penderita jika penderita mengalami serangan lebih serius.

Virus yang menyebabkan timbulnya penyakit polio ini dapat masuk melalui makanan, minuman, bahkan apa saja yang berhubungan dengan lingkungan sekitar. Namun lebih bahayanya lagi virus ini dapat menyebar dengan cara kontak langsung dari cairan / udara yang dikeluarkan saat batuk, bersin yang mengenai orang lain.

Gangguan tubuh yang tergolong penyakit berbahaya ini ternyata sudah banyak terjadi di Indonesia. Penyakit yang memiliki risiko buruk bahkan hingga kematian tersebut, memiliki beberapa penyebab khusus yang dapat kita ketahui guna menghindarai terjadinya serangan polio. Nah, untuk mengetahui apa saja penyebab penyakit polio, silakan baca ulasan di bawah ini :

1. Daya Tahan Tubuh Melemah
Sudah tidak dapat dipungkiri, jika sistem imun di dalam tubuh kita menurun maka akan menjadi peluang besar bagi para virus polio yang akan berhinggap ke tubuh kita, baik itu dengan cara terhirup melalui udara dan juga melalui mulut.

2. Tinggal Bersama Orang yang Memiliki Polio
Sudah sangat jelas seseorang yang terserang gangguan penyakit polio memiliki risiko yang lebih buruk jika berlama – lama dibiarkan. Penularan virus polio sendiri yang paling sering terjadi yaitu saat kita tinggal atau sering kontak langsung dengan penderita polio.

3. Tidak Melakukan Vaksinasi
Vaksin atau yang dikenal sebagai penambahan sistem imun pada tubuh manusia, ini juga tidak kalah penting untuk kita terapkan. Karena tiap orang pasti memiliki sistem ketahanan tubuh yang berbeda-beda, tergantung dari apa yang kita konsumsi setia hari.

4. Stres
Stres bisa saja memicu terjadinya penyakit polio. Kondisi pikiran yang depresi ternyata juga dapat menjadi faktor utama penyebab lemahnya sistem imun pada tubuh. Karena saat itulah jika sistem kekebalan kita menurun, tubuh akan mudah terancam oleh beberapa virus, bakteri dan penyakit.

5. Gizi Buruk
Memenuhi nutrisi harian juga dapat menjadi patokan penting jika kita tidak ingin memiliki gangguan kesehatan. Untuk itu selalu konsumsilah beberapa makanan dan buah buahan yang memiliki banyak vitamin C, yang mana dapat memperbanyak produksi Antioksidan sebagai peningkat kekebalan tubuh.
By : Adi. K  /  Arbamedia
Referensi : halosehat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel