7 Makanan yang Bagus Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

image : creativecareersfair
Tentu akan menjadi sebuah halangan jika kesehatan kita tidak dapat terjaga dengan baik. Bagi Anda yang memiliki pekerjaan serta berhubungan dengan kinerja otak, pasti akan merasa sangat sulit untuk berkonsentrasi saat lambung mengalami masalah. Nah.. bagaimana jika mengalami hal tersebut, tentu sangat runyam bukan..? Ada banyak cara untuk mengondisikan agar kesehatan lambung tetap terjaga, salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan netral, dalam artian tidak ada rasa yang tajam dari makanan tersebut.

Mengonsumsi makanan dengan rasa yang sangat tajam, ternyata juga bisa dikatakan tidak baik untuk kesehatan lambung. Sebagai contoh yaitu mengonsumsi buah yang terlalu Asam. Memang kandungan vitamin C pada buah memiliki fungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Umumnya rasa asam yang tinggi cenderung menandakan bahwa kandungan vitamin C-nya sangatlah tinggi pula. Namun jika kita memiliki gangguan produksi asam lambung yang berlebihan tentu akan membahayakan kesehatannya.

Untuk itu jika Anda memiliki masalah pada lambung, perlunya mencoba beberapa makanan seperti yang ada di bawah ini, guna menjaga kesehatan lambung agar lebih baik.

1. Pisang
Buah pisang memiliki PH dengan nilai 5,6 yang berarti sangat baik untuk kesehatan lambung. Kandungan potasium yang terdapat di dalamnya dapat berperan bagus untuk melindungi lapisan lambung dari produksi asam berlebihan. Tetapi menurut salah satu dokter ternama dari dalam negeri mengatakan, bahwa kemampuan buah ini tidak berlaku pada semua orang. Hal ini dinyatakan karena ada sebagian orang yang penyakit asam lambungnya semakin memburuk setelah mengonsumsi pisang.
  
2. Melon
Salah satu cara efisien untuk menurunkan tekanan asam lambung adalah dengan mengonsumsi buah melon. Buah yang memiliki kandungan mineral tinggi ini mempunyai kadar PH 6,1. Dengan kadar PH yang bagus ini, buah melon sangat mampu menetralkan produksi asam yang berlebih. Selain itu kandungan yang terdapat dalamnya mampu mencegah kerusakan lendir di dalam lambung.

3. Sayuran Hijau
Selain mengonsumsi buah-buahan, cara sehat untuk menurunkan produksi asam lambung dalam tubuh adalah dengan cara mengubah pola makan, semisal dengan mengonsumsi sayur hijau. Sayuran seperti brokoli, kacang hijau, asparaga, kembang kol, ketiga sayuran ini dapat dimasak dalam bentuk apapun, yang pastinya aman untuk penderita asam lambung. Sayuran tersebut memiliki manfaat bagus untuk penderita asam lambung, karena mengandung kadar gula yang sangat sedikit.

4. Daging Tanpa Lemak
Hampir semua orang di Indonesia suka mengonsumsi daging. Hasil hewani yang mempunyai keunggulan pada proteinnya, dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung dengan cara dikukus, direbus, maupun dipanggang. Daging ayam, sapi, ikan dapat membantu memenuhi kebutuhan protein, sekaligus sebagai sumber Vitamin harian tubuh.

5. Jahe
Selain buah, daging dan sayur, ada pula rempah-rempah rumahan yang dapat membantu kita untuk meringankan gejala penyakit asam lambung, salah satunya adalah jahe. Di daerah Jawa jahe banyak dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ada banyak cara untuk pengonsumsian jahe, contohnya dibuat seduhan minuman teh jahe.

6. Adas
Adas mungkin sedikit asing terdengar di telinga kita. Tanaman ini memiliki ciri dengan daun berbentuk tangkai tanpa lembaran, majemuk, serta sangat jarang sekali ditemui. Selain popularitasnya yang hampir punah, kini keberadaan tanaman Adas juga semakin sulit untuk didapatkan. Tanaman yang dipercaya memiliki kekuatan untuk meredam asam lambung, juga baik dikonsumsi bagi penderita penyakit lain, khususnya yang berhubungan dengan lambung.

7. Lidah Buaya
Mungkin terdengar kurang familiar jika kita membahas lidah buaya untuk bahan obat. Perlu kalian ketahui, tanaman yang kerap digunakan banyak orang untuk menghiasi halaman rumah, ternyata memiliki rahasia penting, tak lain adalah sebagai bahan obat-obatan, salah satunya adalah obat untuk penderita asam lambung. Dengan berbagai cara yang sudah diuji, sekarang kita tidak perlu bingung bagaimana cara mengonsumsi tanaman lidah buaya. Karena produsen sudah banyak yang membuat dalam kemasan siap saji, layaknya minuman ekstrak lidah buaya, kapsul, serbuk maupun bentuk kemasan lainnya.
By : Adi. K  /  Arbamedia
Sumber Referensi : Merdeka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel