Makan Jamur Setiap Hari, Mampu Atasi Berbagai Penyakit Kronis

image: healthcastle
Efek positif mengonsumsi jamur tidak kalah jika dibandingkan dengan jenis buah – buahan, minuman dan makanan sehat lainnya. Jamur memiliki beragam varietas berbeda, yang akan memiliki khasiat obat berbeda pula. Sebagaimana telah tercantum dalam hasil studi pada Jurnal Food Chemistry, bahwa tim peneliti berasal dari Pennsylvania State University telah menemukan dua senyawa antioksidan penting pada jamur, yakni Glutathione dan Ergothioneine. Para peneliti menganalisis tentang terdapatnya hubungan erat antara konsumsi jamur dengan prevalensi penyakit kronis yang diderita manusia.

Dalam hasil studi tersebut menunjukkan, makan sejumlah jamur dalam porsi kecil setiap hari berdampak besar untuk kesehatan tubuh, dikarenakan adanya kandungan antioksidan tinggi. Sehingga cukup berkompeten untuk melawan berbagai penyakit.

Lantas, apakah semua jamur itu sehat dikonsumsi…?

Saking banyaknya jenis jamur, banyak orang kerap mempertanyakan tentang kelayakannya ketika dikonsumsi manusia. Tapi tidak semua jamur itu aman dimakan, karena terdapat pula jenis jamur yang beracun. Hendaknya bagi setiap kalangan dapat memastikan bahwa jamur yang akan diolah sudah secara umum diakuai kesehatannya. Contoh jamur yang dapat dimakan :  Jamur Tiram, Shiitake, Kancing, Maitake, Porcini serta Enoki. Sedangkan jenis – jenis jamur yang bisa beracun : Amanita Phalloides, Russula Emetica, Boletus, Coprinus, Pholiota, dan sebagainya.

Berikut beberapa manfaat jika kamu gemar makan jamur setiap hari :

1. Melawan Radikal Bebas
Kedua antioksidan yang ditemukan (Glutathione dan Ergothioneine) dapat berfungsi sebagai langkah perlawanan terhadap adanya serangan radikal bebas yang kerap memicu timbulnya berbagai penyakit kronis. Secara umum radikal bebas dapat dilepaskan dari tubuh, saat tubuh mulai melakukan proses pembentukan energi dari makanan yang dikonsumsi. Maka kedua antioksidan penting tersebut akan berperan sebagai asupan antioksidan pengganti, guna mencegah stres Oksidatif. Sehingga dapat menghindari munculnya kerusakan sel, protein dan DNA.

2. Cegah Penuaan Dini
Para periset juga meyakini bahwa kedua kandungan yang telah ditemukan itu mampu menjadi obat anti penuaan. Sebagaimana yang diketahui bahwa jamur yang sehat dimakan, secara keseluruhan memiliki tingkat protein dan serat yang tinggi, mengandung vitamin B serta beberapa antioksidan lainnya. Yang mana berguna mencegah dari kerusakan sel maupun jaringan tubuh dan meningkatkan daya imunitas.

3. Melindungi Kesehatan Jantung
Jamur terbukti memiliki sifat terapeutik, berguna untuk mengurangi kelebihan kolesterol dalam tubuh, terutama pada orang dewasa yang memiliki obesitas. Berbagai Fitonutrien yang terkandung, juga turut bermanfaat untuk menghindarkan sel menempel di pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak. Ketika sirkulasi dan tekanan darah menjadi sehat, demikian secara otomatis akan membuat kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik.

4. Dimensia
Kandungan Ergothioneine memiliki efek perlindungan pada akumulasi plak Amiloid Beta. Sehingga makan jamur secara rutin dapat bermanfaat memberikan kesempatan untuk menurunkan risiko terhadap kerusakan sistem kognitif. Robert Beelman selaku pimpinan penelitian bersama timnya, telah menemukan tentang adanya perbedaan kadar antioksidan pada setiap jenis jamur yang berbeda. Layaknya Jamur Maitake, yang ditemukan mengandung Ergothioneine tertinggi dibandingkan beberapa jenis jamur lainnya.

5. Kanker
Pada varietas jamur tertentu sepeti Reishi dan Maitake diyakini dapat berpotensi untuk melindungi tubuh terhadap serangan kanker, yakni dengan cara melindungi kerusakan DNA. Dari situ akan membantu menghambat perbentukan sel tumor.

Agar dapat menuai manfaat secara maksimal saat makan jamur, hendaknya gunakan metode singkat saat memasaknya, dan jangan terlalu lama dipanggang atau dimasukkan ke dalam microwave. Seperti saran dalam sebuah penelitian baru, dijelaskan pada Food Sciences and Nutrition, bahwa ketika jamur dimasak dalam waktu yang cukup singkat, mereka akan lebih banyak mempertahankan kandungan vitamin dan nutrisinya.

Baca : Khasiat Jamur Merang Untuk Kesehatan

By : Ar. M  /  Arbamedia
Sumber : dailymail.co.uk

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel