Tak Ingin Tulang Kamu Keropos, Segera Jauhi 5 Hal Ini

image : stepzapp
Osteoporosis merupakan sebuah gangguan kesehatan yang terjadi pada tulang ( pengeroposan tulang ). Setiap orang terkadang memiliki risiko osteoporosis dengan tingkat yang berbeda beda. Dalam keadaan yang lebih parah, tubuh akan mengalami gangguan pada sel yang memadati tulang. Selain pengaruh pola hidup yang tak sehat, osteoporosis juga bisa disebabkan oleh faktor berkurangnya usia.

Perubahan kadar hormon estrogen terutama pada kaum wanita, merupakan penyebab utama datangnya gangguan osteoporosis. Karena penyebab utama ini sudah diketahui secara jelas oleh pakar kesehatan, maka tindakan yang terbaik adalah menjaga agar kadar hormon estrogen tetap terkondisikan dengan baik. Seperti mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium dan berolahraga dengan waktu yang cukup. Osteoporosis dapat menyerang kaum wanita maupun pria, namun karena berbagai penyebab yang berbeda, hal ini bisa terjadi karena sebuah penyakit yang kerap disebabkan oleh gangguan kesehatan lain.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penyebab gangguan osteoporosis yang harus di hindari.

1. Minuman Beralkohol
Memang tidak salah minuman beralkohol dikatakan minuman yang berbahaya. Karena minuman ini masuk dalam golongan pertama yang dapat merusak organ tubuh, layaknya minuman keras. Dari sini sudah terlihat jelas bahwa salah satu efek dari minuman beralkohol dapat memicu risiko terjadinya osteoporosis.

2. Konsumsi Obat Golongan Steroid
Mengonsumsi obat - obatan dalam jangka waktu yang lama, ternyata juga memiliki efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh, termasuk kondisi tulang. Namun penyebab pasti dari osteoporosis ini adalah mengonsumsi obat kimia yang masuk ke dalam golongan steroid, seperti Dexamethason, Metilprednisolon, Prednisone, yang dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

3. Merokok
Selain membahayakan paru-paru, dampak negatif merokok juga dapat merugikan kesehatan tubuh secara kompleks. Setiap batang rokok mengandung nikotin dan tar dalam jumlah banyak, sehingga perokok aktif yang menghabiskan banyak batang rokok akan memiliki efek buruk bagi kesehatan tulang. Demikian juga termasuk salah satu dari penyebab osteoporosis.

4. Malas Berolahraga
Olahraga merupakan gerakan badan yang dapat membantu pembakaran sisa makanan di dalam tubuh. Selain itu olahraga fisik secara teratur, ternyata dapat membantu melatih komponen tulang agar tetap kuat pada saat usia tua nantinya. Oleh sebab itu, jika kita ingin terhindar dari penyakit osteoporosis, maka usahakan untuk menyempatkan diri berolahraga walau hanya sebentar.

5. Kekurangan Makanan Bergizi
Salah satu upaya terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh adalah menjaga asupan nutrisi agar selalu tetap terpenuhi. Terutama kebutuhan nutrisi kalsium yang dibutuhkan oleh tulang harus selalu diperhatikan. Karena nutrisi tersebut juga akan menentukan kesehatan tulang kita di waktu tua kelak.
By : Adi K  /  Arbamedia
Sumber : Alodokter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel