7 Bahaya Kesehatan Jika Kondisi Rumah Kotor dan Kumuh

image : istimewa
Pada dasarnya orang yang mengalami masalah kesehatan adalah orang yang memiliki kebiasaan buruk setiap harinya. Jika Anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan buruk dalam menjalankan segala hal, bisa jadi memiliki risiko buruknya kondisi kesehatan tubuh. Untuk itu sebelum hal yang tidak kita inginkan terjadi, alangkah lebih baiknya memulai mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik.

Sebuah riset membuktikan jika rumah kamu terlihat kumuh atau bahkan kotor akibat debu yang jarang dibersihkan, pasti pikiran akan merasa gelisah, stres hingga kita kehilangan Mood untuk melakukan aktivitas. Terbayang bukan bagaimana jika hidup di tempat yang seperti itu dalam jangka waktu lama, pastinya kualitas kesehatan kita akan menurun, serta menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Maka dari itu memiliki lingkup / tempat tinggal yang bersih sangatlah penting. Selain dapat meningkatkan Mood untuk melakukan sesuatu, tempat tinggal yang bersih dan rapi juga sangat berpengaruh bagi kualitas kesehatan tubuhmu.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang tubuh saat kondisi tempat tinggal kotor dan kumuh :

1. Merasa Bingung
Penyebab utama saat Anda merasa bingung adalah kondisi ruang kerja yang amburadul. Saat ruangan berserakan pasti anda merasa capek dan lelah, karena kesulitan menemukan barang yang akan digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.
  
2. Menyebabkan Stres
Selain merasa bingung dengan suasana yang kumuh dan kotor, ruangan tak rapi juga dapat memicu timbulnya perasaan stres yang diakibatkan karena sirkulasi udara yang pengap. Akhirnya jika ruangan anda tetap seperti itu, pasti tidak akan bisa berkonsentrasi dalam menyelesaikan suatu masalah.

3. Membuatmu Jadi “ Emotional Eater “
Emotional Eater atau Emotional Eating dapat timbul pada kita saat kondisi ruangan kacau. Emotional Eating adalah rasa ingin makan yang didorong dengan perasaan emosi pada suasana hati yang tak karuan. Perasaan seperti ini bukan karena dilakukan oleh kebutuhan fisiologis, melainkan karena emosi yang sedang dirasakan.

4. Gangguan Kesehatan Mental
Lingkungan tak sehat, Salah satu gangguan paling umum terjadi adalah gangguan mental. Timbulnya rasa bingung yang bercampur dengan stres dapat berisiko pada gangguan kesehatan anda, hingga pada akhirnya akan mengalami masalah pada mental. Sangat kebayang bukan jika kita membiarkan ruangan kotor setiap hari, maka hal yang awalnya sepele dapat menjadi besar.

5. Menurunnya Daya Konsentrasi Otak
Jika anda terbiasa hidup dalam kondisi lingkungan kumuh, tentunya merasa kurang nyaman saat menjalani hari - hari seperti biasanya. Selain itu kondisi ruangan yang tidak memungkinkan untuk bekerja, akan mengakibatkan daya konsentrasi otak berkurang saat menjalankan tugas kerja.

6. Serangan Paru - paru
Akibat dari ruangan kotor, lembab dan timbunan sampah yang tinggi, menjadikan aroma busuk tercium sampai ke mana – mana. Salah satu gangguan kesehatan terburuk akibat dari ruangan kotor ini adalah serangan paru-paru. Perlu diketahui ruangan yang kotor dapat menjadi sarang bagi bakteri, jamur dan virus berbahaya. Sementara virus tersebut dapat mengancam paru-paru seseorang jika terhirup masuk melalui saluran pernafasan.

7. Peluang Bagi Perkembangbiakan Bakteri
Bakteri dan virus dapat berkembangbiak dengan pesat jika berada di tempat tertentu. Salah satu tempat yang banyak dihuni oleh bakteri adalah tempat kotor dan memiliki sirkulasi udara yang minim. Untuk itu jika rumah atau kamar Anda mengalami hal demikian, segera lakukan pembersihan sebelum terjadi sesuatu yang membahayakan bagi ekosistem tubuh.
By : Adi k  /  Arbamedia
Sumber : merdeka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel