Tanpa Sadar! 6 Hal Sepele Ini Akan Merusak Kesehatan Tubuh

image : amazonaws
Banyak sekali kebiasaan yang sering kita lakukan dan kita anggap biasa, namun ternyata dapat menimbulkan masalah. Hal seperti ini pasti akan berdampak negatif bagi tubuh, yang awalnya dianggap baik malah justru sebaliknya. Untuk memiliki stamina tubuh dan sistem imun yang tetap stabil, tentu ada beberapa hal wajib untuk kita terapkan. Seperti dikatakan banyak dokter di Indonesia, bahwa salah satu penyebab banyaknya pasien mengalami gangguan kesehatan, adalah kebiasaan pola hidup tidak sehat.

Bukan cuma satu, dua atau tiga kali kebiasaan ini banyak dilakukan oleh orang di sekitar kita, bahkan setiap hari mungkin kita sendiri yang suka melakukan kebiasaan buruk tersebut. Untuk itu jika Anda ingin memiliki pola hidup sehat, segeralah mengubah kebiasaan seperti yang ada di bawah ini agar terhindar dari masalah kesehatan.

Berikut adalah kebiasaan yang kerap dianggap biasa, namun justru berdampak buruk pada kesehatan tubuh :

1. Mencegah Bersin
Mencegah bersin merupakan salah satu kebiasaan buruk yang banyak dilakukan oleh beberapa orang, mungkin demi menjaga harga diri mereka. Sepertinya jika hal ini menjadi kebiasaan Anda, alangkah lebih baiknya untuk tidak meneruskan kebiasaan tersebut sebelum masalah terjadi pada organ tubuh. Karena saat menahan bersin dengan paksa, akan terjadi tekanan Intracranial dimana tekanan tersebut akan mengganggu kerja pembuluh darah ke otak. Bahkan hal buruk tersebut dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, hingga dapat menyebabkan pembuluh darah pecah.  

2. Menggunakan Parfum Sangat Menyengat
Tidak menjamin jika parfum yang memiliki harga jual tinggi dan aroma sangat menyengat itu akan selalu baik untuk kesehatan tubuh. Parfum terbuat dari bahan kimia, meski tidak semua namun aroma yang tercium dari parfum itu merupakan aroma buatan dari uap kimia. Dengan begitu jika kita menghirup parfum dalam jangka waktu cukup lama, umumnya akan merasakan pusing secara tiba - tiba.

3. Menyimpan Makanan Dalam Plastik
Kantung plastik terbuat dari bahan kimia, dan tentunya berbahaya bagi kesehatan kita. Sementara bahan kimia yang umum digunakan untuk pembentukan plastik adalah Phthalate dan Bisphenol A. Nah.. jika sudah mengetahui akan hal ini segeralah hindari kebiasaan tersebut, sebelum zat berbahaya ini dapat masuk ke dalam makanan yang anda taruh di kantung plastik.

4. Bermain Ponsel Saat Beranjak Tidur
Radiasi yang disebabkan oleh sinyal ponsel memang cukup besar. Akibat dari adanya radiasi ponsel, ahli kesehatan mengatakan, bahwa beberapa sel otak kita dapat mati akibat dari gelombang magnetik yang beroperasi di sekitarnya. Sebab itulah seseorang yang tidur dengan meletakkan ponsel di samping kepalanya dengan keadaan ponsel masih aktif, maka gangguan kesehatan pun akan terjadi.

5. Menggunakan Celana Jeans Ketat
Pasti semua orang pernah melakukan kebiasaan cara berpakaian satu ini. Menggunakan celana Jeans terutama pada saat tidur, pasti akan merasa tidak nyaman di setiap sendi pergelangan kaki. Hal tersebut terjadi karena pada celana yang terlalu ketat akan menimbulkan tekanan pada bagian tubuh tertentu, sehingga menyebabkan peredaran darah kurang berjalan normal.

6. Begadang
Sudah sangat jelas bisa kamu rasakan, jika kita menghabiskan banyak waktu untuk begadang setiap hari, maka lama - kelamaan jam biologis akan berubah. Tentunya mengakibatkan tidur / mengantuk di pagi hari dan bisa terbangun pada sore hari. Akibat dari kebiasaan ini, kesehatan tubuh juga akan terganggu, selain itu perubahan jam biologis juga dapat mengakibatkan jadwal pekerjaan kita kacau balau.
By : Adi k  /  Arbamedia
Sumber referensi : liputan6

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel