Ternyata 5 Jenis Bakteri Berbahaya Ini Ada di Ponsel Anda

image : wsj
Tidak menutup kemungkinan jika Gadget yang selalu kita simpan dan kita bawa ke mana – mana, terdapat bakteri kecil tak kasat mata, yang pastinya merugikan kesehatan. Apalagi alat komunikasi satu ini tidak pernah terlepas dari tangan, karena Ponsel termasuk salah satu Gadget yang dibutuhkan setiap orang. Alangkah lebih baiknya kita perlu berpikir dua kali untuk mengondisikan barang tersebut aman digunakan.

Sebagian besar orang tidak menyadari saat mereka memiliki kebiasaan kerja yang terkontaminasi dengan besi berkarat, maupun tanah yang kotor sambil sesekali memegang HP guna kepentingannya. Dari sini sebenarnya seseorang yang melakukan hal tersebut, sama halnya memindahkan bakteri dari besi berkarat itu ke Ponsel. 

Bukan hanya itu, banyak juga orang - orang memiliki kebiasaan menggunakan Ponsel di kamar mandi, yang mana sudah menjadi hal wajar saat buang air kecil maupun besar. Pastinya terdapat bakteri berukuran sangat kecil di tempat tersebut, bahkan tanpa kita ketahui bakteri dalam toilet dapat masuk ke dalam tubuh kita melalui sel kulit maupun saluran pernafasan.

Nah, Di bawah ini adalah beberapa jenis bakteri / virus yang banyak ditemui pada Ponsel seseorang, sebuah studi telah meriset bahwa 1 dari 6 Ponsel mereka terdapat bakteri seperti :

1. Kotoran Feses
Memang sedikit risih jika kita mengingat kata feses, namun ada pentingnya juga mengetahui bakteri bahaya yang terdapat di dalamnya, agar kita dapat menjaga diri dari feses manusia maupun hewan. Bau menyengat yang keluar dari feses disebabkan oleh ulah bakteri Escherichia Coli. Kotoran memiliki beberapa bakteri jahat yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh, untuk itulah selalu perhatikan kebersihan tangan sebelum memegang Ponsel dari kamar mandi.

2. Bakteri Staph
Bakteri jenis Staph atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Staphylococcus Aureus. Bakteri ini dikenal dengan serangannya yang ganas, hingga menyebabkan kulit menjadi seperti terkena luka bakar. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini akan menjadi penyakit menular berbahaya. Pada umumnya bakteri Staph banyak ditemukan di hidung manusia saat terserang flu. 

Namun dengan sistem kekebalan tubuh yang berbeda, menjadikan diri kita kebal terhadap serangan bakteri satu ini. Tak hanya di situ, kebiasaan mengupil tanpa mencuci tangan juga dapat memicu hinggapnya bakteri Staph pada Ponsel, lalu nantinya akan pindah ke kulit sensitif wajah bagian pipi saat seseorang menggunakan ponsel ( menelepon ).

3. Bakteri Yeast
Yeast bukan berarti bahan untuk membuat roti atau tape dalam istilah Jawa. Namun Yeast merupakan sebuah nama dari salah satu bakteri yang banyak ditemukan di banyak tempat. Salah satu tempat yang banyak dihinggapi oleh bakteri ini adalah toilet. Sebenarnya bakteri ini tidak terlalu berbahaya, namun jika bakteri Yeast sudah berkembang biak menjadi lebih banyak, akan menjadi kasus besar bagi kesehatan tubuh manusia.

4. Influensa
Ahli mikrobiologi di University of Arizona di Tucson, telah mengatakan, bahwa seseorang yang mengidap gejala flu maka bakteri yang keluar dari tubuh ( sebab bersin atau muntah ), umumnya bakteri influenza dalam tubuhnya akan keluar. Sama seperti halnya bakteri lain, bakteri ini dapat keluar dan beterbangan searah dengan kondisi angin di sekitar lingkungan. Nah dari sini Chuck Gerba ahli mikrobiologi mengatakan, bahwa ada kemungkinan bakteri tersebut juga hinggap pada benda di sekitar anda, salah satunya adalah Ponsel.

5. Streptococcus
Bakteri Streptococcus termasuk dalam kategori bakteri berbentuk oval, bulat, serta berantai panjang. Sementara bakteri ini menyebabkan masalah gangguan kesehatan dalam jangka waktu cukup panjang. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus adalah demam Scarlet dan radang tenggorokan. Bakteri tersebut dapat hinggap di Ponsel saat Ponsel dibawa ke tempat kumuh, seperti sampah dan tempat pembuangan akhir.
By : Adi k  /  Arbamedia
Sumber : liputan6

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel