6 Langkah Cerdas Tangkal Demam Berdarah Saat Musim Hujan

image : merdeka
Tidak menutup kemungkinan saat musim hujan tiba, wabah demam berdarah semakin merajalela. Hal ini disebabkan karena faktor lingkungan yang kurang bersih terhadap sampah di sekelilingnya, terutama pada tempat yang dapat menampung air. Demam berdarah atau Dengue Hemorrhagic Fever, sebenarnya adalah penyakit yang disebabkan bukan karena nyamuk. Tapi karena infeksi virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes albopictus dan Aedes aegypti. Virus Dengue merupakan salah satu virus yang memiliki golongan Flaviviridae, untuk itu selalu kondisikan lingkungan anda agar tetap sehat terhadap suasana apapun.

Virus Dengue memiliki kesamaan dalam hal penyerangan seperti virus lain. Timbulnya gejala yang disebabkan oleh virus ini biasanya muncul 4 sampai 10 hari dari masuknya virus melalui gigitan nyamuk. Tidak bisa dianggap remeh, karena di Indonesia sendiri pada tahun 2013 memiliki angka kematian yang tinggi akibat kasus tersebut. Sebab itulah mari kita mulai saat ini menerapkan beberapa cara efisien untuk mencegah penyebaran virus DBD melalui nyamuk Aedes Aegypti

Seperti yang dilansir dari laman kompasiana.com, di bawah ini adalah beberapa cara efektif yang sangat membantu untuk melindungi tubuh dari maraknya virus Dengue yang disebarkan oleh nyamuk.

1. Melakukan 3M
Kamu masih ingat dengan slogan 3M yang digagas mulai tahun 2011..? 3M memiliki makna yang sangat penting yaitu menguras, menutup, dan mengubur. Setiap rincian yang terdapat di dalamnya memiliki arti sendiri, yang pastinya menguras dapat kita lakukan seminggu minimal 1 kali. Lalu menutup bathroom kamar mandi agar tak digunakan untuk perkembangbiakan nyamuk. Terakhir adalah mengubur kaleng / wadah bekas yang menjadi media penampungan air hujan.

2. Menggunakan Anti Nyamuk Saat Tidur
Nyamuk banyak berkeliaran saat suhu udara dingin, seperti malam dan pagi hari. Agar istirahat anda tidak terganggu oleh gigitan nyamuk, selalu sediakan lotion anti nyamuk dan pastinya yang mengandung N-diethylmetatoluamide, serta sudah terbukti aman bagi kulit. Hindari pemakaian jenis lotion anti nyamuk tersebut pada bayi, karena dapat menyebabkan masalah pada kulit yang masih sensitif.

3. Singkirkan Pakaian Kotor Pada Tempatnya
Sering kita lihat pakaian kotor yang kita gantungkan di kamar mandi akan menjadi sarang peristirahatan nyamuk dan kawan-kawannya. Untuk itulah biasakan langsung mencuci pakaian kotor atau menyimpan di tempat tertutup, terutama pakaian yang memilik warna hitam.

4. Selalu Sedia Jambu Merah untuk Menjaga Kesehatan
Mengonsumsi jambu merah merupakan hal sangat penting untuk kita terapkan saat musim hujan. Karena banyaknya nyamuk berkeliaran, akan menjadi peluang besar bagi mereka untuk menggigit kita. Oleh karena itu, guna mencegah serangan virus Dengue, kita disarankan mengonsumsi buah jambu merah secara rutin. Pada akhirnya sistem kekebalan tubuh akan meningkat pada saat virus itu menyerang badan.

5. Bersihkan Kamar Tidur Setiap Pagi
Membersihkan kamar tidur setiap pagi mungkin belum menjadi sebuah kebiasaan untuk para lelaki, meski tidak semuanya. Salah satu yang dapat menjadi wabah nyamuk di rumah adalah kebersihan. Kamar yang bersih, kering dan memiliki sirkulasi udara maksimal, tentu akan menjadi nyaman saat dihuni. Namun sebaliknya, jika kita memiliki kamar kumuh, lembab dan tidak terjangkau udara bersih, pasti akan menjadi sarang bagi bakteri, nyamuk, maupun kecoa.

6. Gunakan Perlengkapan Khusus
Agar kita terhindar dari gigitan nyamuk bahaya, usahakan tidur dengan perlengkapan yang mungkin membuat diri anda tidak terjangkau oleh nyamuk. Bukan hanya itu, saat melakukan aktivitas seperti di hutan, hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah pakaian khusus dan lotion anti nyamuk. Dengan menerapkan langkah tersebut, aktivitas tidak akan terganggu dan pastinya kesehatan tubuh juga tetap terjaga.
By : Adi. K  /  Arbamedia
Sumber referensi : kompasiana, alodokter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel