Awas! 6 Penyakit Berbahaya Ini Sering Menyerang di Musim Hujan

image : bbc
Saat musim hujan tubuh akan lebih rentan terserang penyakit. Demikian dikarenakan faktor cuaca hujan yang berdampak ke perubahan lingkungan secara drastis. Akibat perubahan lingkungan dari kondisi sebelumnya, kini cuaca hujan lebat yang berdatangan dari hari ke hari juga mampu mengubah udara menjadi lebih dingin. Pada akhirnya menyebabkan permukaan bumi menjadi lebih dingin serta lembab.

Salah satu bakteri yang paling banyak berkembang biak saat musim hujan, yaitu bakteri Mikroba. Mikroba adalah segolongan bakteri yang sangat kecil sekali, bahkan untuk meneliti bakteri ini diperlukan peralatan khusus untuk melihatnya. Namun perlu diwaspadai sebab bakteri yang kecil ini dikatakan bahaya. Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh tim peneliti dari Arizona State University (ASU), bakteri mikroba ini kebanyakan tinggal di lantai dan tembok berlumut. Yang lebih mengkhawatirkan lagi bakteri ini hidup bergerombol dengan jumlah miliaran.

Maka dari itu tak heran jika bakteri jahat ini dapat menimbulkan berbagai macam gejala penyakit berbahaya, seperti yang dilansir dari laman cnnindonesia.com.

1. Diare
Salah satu ciri jika tubuh kita terserang virus adalah diare. Dimana kita memakan makanan yang dianggap sehat tapi ternyata dalam makanan tersebut telah dihinggapi oleh virus. Sementara akibat bakteri yang tak kasat mata, biasanya orang terserang diare dengan gejala awal seperti buang air besar lebih banyak dibandingkan dari biasanya.

2. Influenza
Saat tubuh mengalami gejala seperti demam tinggi, batuk pilek, sakit kepala, dan mual, bisa saja tubuh anda terserang virus berbahaya. Jika anda tidak segera melakukan pertolongan pertama pada medis, akibatnya tubuh akan mengalami drop atau demam tinggi. Kebanyakan influenza menyerang anak-anak yang masih usia dini, hal ini dipicu karena sistem kekebalan tubuhnya rentan berkurang.

3. Demam Berdarah atau Malaria
Salah satu penyakit populer saat cuaca hujan tiba, banyak angka orang meninggal dunia karena risiko dari penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). Demam berdarah merupakan penyakit berbahaya yang dibawa oleh virus lalu ditularkan melalui gigitan nyamuk. Bisa saja kita terserang penyakit ini jika kondisi lingkungan kumuh, sehingga kerap akan menjadi sarang nyamuk.

4. Demam Tifoid atau Tipes
Di Indonesia sendiri tercatat lebih dari 2 juta per tahun kasus warga terserang demam tiroid. Demam tifoid atau tipes merupakan salah satu penyakit radang yang terjadi pada dinding usus, disebabkan karena kondisi makanan kurang sehat. Tipes termasuk ke dalam salah satu daftar penyakit serius, bahkan ancaman dari penyakit ini dapat merengut kematian pada si penderita.

5. Leptospirosis
Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, ditularkan melalui air seni hewan. Layaknya manusia, hewan juga perlu mengonsumsi makanan sebagai sumber gizi untuknya. Namun dengan pengonsumsian yang sedikit tidak layaknya manusia, banyak kemungkinan rumput yang dikonsumsi oleh hewan mengandung bakteri mikroba. Untuk itu jika kita memiliki kebiasaan merawat hewan, selalu usahakan mencuci badan sebelum melakukan aktivitas lainnya. Dengan langkah tersebut kita akan terhindar dari bahaya Leptospirosis.

6. Penyakit Kulit
Penyakit kulit sering terjadi saat hujan terutama pada waktu banjir. Salah satu penyakit kulit paling umum terjadi adalah penyakit Dap. Penyakit yang memiliki gejala seperti Herpes ini sebenarnya tidak begitu bahaya. Namun jika tubuh seseorang lengah saat menjaga kesehatan, bisa saja penyakit ini begitu mudah menular dari satu organ ke orang lain, yakni melalui pakaian yang kita gunakan atau melalui air.
By : Adi. K  /  Arbamedia
Referensi : cnnindonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel