Ternyata 7 Makanan Super Ini Manjur Redakan Pilek dan Flu

Sup ayam ( image : kidspot )
Saat musim dingin tiba pasti tidak asing lagi terdengar di telinga kita tentang masalah flu dan pilek. Memang beberapa pendapat sering dilontarkan oleh dokter-dokter ternama di Indonesia, bahwa cuaca yang lebih berbahaya untuk kehidupan manusia adalah musim hujan. Karena selain memiliki risiko penyakit kulit akibat banjir, gejala penyakit seperti flu dan pilek juga dapat timbul akibat dari beberapa bakteri yang terkait, seperti Rhinoviruses, Adenovirus dan Coronavirus. Tak hanya itu, cuaca yang dapat mempengaruhi kualitas udara menjadi lembab ini ternyata juga memicu perkembangbiakan bakteri mikroba yang semakin merajalela.

Bukan berarti saat musim hujan tiba kita harus berdiam diri di rumah demi menghindari hinggapan virus berbahaya. Namun saat musim hujan tiba, kita masih bisa melakukan berbagai aktivitas semestinya yang biasa dilakukan setiap hari. Dan yang pasti biasakanlah bertempat pada lahan yang bersih dari sampah, hal terbaik yang harus kita terapkan saat musim hujan adalah menjaga lingkungan agar tetap bersih. Selain itu mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung Antioksidan tinggi juga harus ditingkatkan, agar stamina sistem imun tubuh tetap terjaga dengan baik.

Nah, berikut ini adalah daftar beberapa makanan yang wajib untuk dikonsumsi untuk mengatasi masalah flu dan batuk secara alami :

1. Madu
Madu merupakan salah satu minuman efektif alami yang diperkaya dengan nutrisi hewani. Adanya kemampuan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, tentunya banyak ilmuwan kesehatan menyarankan, bagi siapa saja yang mengalami gejala batuk, pilek dan flu mengonsumsi madu dapat dijadikan sebuah solusi terbaik.

2. Sup Ayam
Penelitian medis menyatakan, bahwa sup ayam mampu mengurangi peradangan yang terjadi saat anda terserang flu dan pilek. Selain itu sup ayam ini juga dapat membantu mencairkan lendir yang membuat tenggorokan kita menjadi gatal.

3. Bawang Putih
Selain mengonsumsi makanan lauk dan madu, kini bumbu dapur yang sering kita abaikan juga memiliki peranan penting saat musim hujan tiba. Bawang putih diperkaya dengan kandungan Antioksidan dan zat antivirus, yang dapat mempersingkat rasa nyeri pada tubuh. Selain itu bau menyengat dalam bawang putih menandakan keberadaan minyak Allicin-nya tinggi. Mengonsumsi bawang putih mentah dalam jumlah secukupnya sangat membantu untuk mengurangi  gejala flu dan pilek.

4. Teh Hijau
Bukan hanya di Indonesia, negara China telah mempercayai manfaat yang didapat dari dalam teh hijau. Teh herbal yang dapat dibeli di pasaran ini tak dapat kita anggap remeh meski tampilannya biasa saja. Rakyat negara China menggunakan teh hijau sebagai obat-obatan sejak ratusan tahun lalu. Dengan kemampuannya yang dapat meredakan pilek dan flu, kini teh hijau banyak diburu di beberapa wilayah Nusantara.

5. Buah Buahan
Bagi anda yang gemar mengonsumsi buah-buahan saat merasa lapar, ternyata memiliki keuntungan tersendiri. Salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi saat musim hujan datang adalah buah yang mengandung Antioksidan tinggi, seperti buah jeruk. Mengonsumsi banyak buah jeruk dengan cara apapun, sama halnya dengan kita meningkatkan sistem imun pada tubuh. Dengan begitu masuknya bakteri penyebab flu dalam tubuh akan terminimalisir.

6. Daging Tanpa Lemak
Seperti yang dilansir dari laman kompas.com, untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh perbanyaklah mengonsumsi daging tanpa lemak. Untuk pengolahan daging ini kamu bisa melakukan pemanggangan, direbus, atau dibakar. Salah satu daging yang paling banyak mengandung nutrisi adalah ikan laut.

7. Jahe Panas
Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang nilai jualnya semakin tinggi saat musim hujan telah tiba. Karena olahan rempah jahe ini dapat menjadi minuman yang menghangatkan tubuh. Sementara kandungan Antioksidan yang ada di dalamnya  juga mampu untuk meredakan gejala batuk, flu maupun pilek.
By : Adi. K  /  Arbamedia
Sumber Referensi : Kompas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel