Usir Bau Badan dengan 8 Trik Sederhana Ini

image : ytimg
Bau badan atau dalam istilah medis disebut dengan Bromhidrosis, saat ini menjadi masalah yang tak bisa lagi dianggap sepele. Sebagian besar seseorang memiliki masalah yang berhubungan dengan bau badan mereka, adalah orang yang masih dalam masa pubertas dan hal ini bisa dikatakan wajar. Meski terbilang wajar namun banyak sekali remaja yang kini justru memiliki bau badan lebih menyengat. Menurut hasil analisa beberapa pakar kecantikan, masalah bau badan yang menyimpang dari kondisi normal juga bisa terpengaruh karena makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Akibat dari gangguan tubuh tersebut, banyak orang beralih menggunakan cara singkat dengan menggunakan parfum dan deodoran. Secara garis besar menggunakan parfum sebagai penghilang bau badan memang sangat dianjurkan, meski tidak bisa mengatasi penyebab utamanya. Nah.. untuk itu jika kamu memiliki bau badan menyengat, kelihatannya sangat pantas kamu membaca artikel ini sampai selesai. Dilansir dari liputan6.com (retrieved 25/01/2018), Berikut adalah tips ramuan alami untuk menghilangkan bau badan dengan mudah.

1. Bubur Buah Tomat
Kamu dapat menggunakan buah tomat sebagai bahan alami untuk mengatasi bau badan dengan estimasi biaya sangat murah. Buah tomat mengandung nutrisi antioksidan dan vitamin C yang dapat mengondisikan pori-pori kulit. Cara penggunaannya juga mudah :

- Siapkan 2 butir buah tomat atau lebih
- Tumbuk hingga halus
- Setelah itu oleskan pada ketiak Anda
- Agar lebih menuai hasil memuaskan, lakukan cara ini setiap hari secara rutin

2. Daun Sirih
Daun siri adalah salah satu jenis tanaman herbal multifungsi, berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengendalikan bau badan secara efektif. Kamu dapat melakukan perawatan kulit untuk menghindari bau badan, yaitu dengan cara mengonsumsi air dari hasil rebusan daun sirih, lakukan 2 kali dalam seminggu. Selain itu bagi yang memiliki bau badan membandel, maka dapat menggunakan air ramuan tersebut untuk mandi.

3. Daun Kemangi
Kemangi termasuk jenis tanaman kecil yang banyak dikenal orang melalui kategori jenis lalapan. Memang daun ini bisa dikonsumsi secara langsung. Menurut hasil analisa farmasi, kemangi memiliki lebih dari 20 manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan yang menyebabkan popularitas kemangi semakin hari semakin meningkat, adalah rahasianya yang berguna mengatasi bau badan secara alami. Tanaman ini sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang memiliki bau badan cukup menyengat.

4. Daun Beluntas
Kebanyakan orang mengenal daun ini dengan sebutan daun Luntas. Tanaman herbal ini mengandung senyawa Alkali, dapat membantu menjaga bau badan tak sedap. Dengan mengonsumsi daun beluntas sebagai lalapan setiap hari, maka secara perlahan bau badan pada tubuhmu akan menghilang dengan sendirinya.

5. Cengkeh
Cengkeh mengandung Anti – inflamasi, berfungsi untuk meredakan rasa nyeri akibat peradangan akut seperti rematik, asam urat dan sejenisnya. Anti inflamasi, selain dipercaya dapat meredakan nyeri, kandungan ini juga bermanfaat untuk seseorang yang ingin menghilangkan bau badan tak sedap khususnya para remaja. Caranya : rendam cengkeh pada air hangat hingga mengembang, setelah itu minum air rendaman tadi setiap hari dengan rutin.

6. Rimpang Temulawak
Mungkin kamu pernah dengar tentang manfaat yang terkandung dalam rimpang temulawak. Salah satu jenis rempah - rempah yang dibanggakan dari dalam negeri ini, dipercaya sejak jaman dahulu memiliki ribuan senyawa yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu keuntungan mengonsumsi ramuan temulawak, yaitu dapat berfungsi sebagai pengontrol kadar hormon androgen dalam tubuh yang meningkat. Sementara gangguan penyebab bau badan dalam tubuh mampu diminimalisir dengan ramuan / minuman berbahan dasar Temu Lawak.

7. Kontrol Makanan
Khususnya bagi Anda yang sedang menjalankan proses perbaikan terhadap bau badan yang timbul dari ketiak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti menjaga pola makan dan mengonsumsi mineral yang cukup. Beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki bau badan tajam antara lain : Bawang putih, Daging merah, dan makanan mengandung Sulfur.

8. Jaga Kebersihan
Salah satu penyebab timbulnya bau badan adalah banyaknya bakteri / debu yang melekat pada kulit berminyak. Biasanya hal ini dialami oleh pekerja lapangan yang enggan menjaga kebersihan dirinya dari debu yang menempel. Selain memiliki kondisi bau badan yang tak sedap, kebiasaan seperti itu juga dapat memicu perkembangan bakteri pada diri mereka.
By : Adi k
Sumber : alodokter, liputan6

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel