Tak Ingin Jantung Cepat Rusak! Tinggalkan 5 Hal Ini Sekarang Juga

image : hellosehat
Kebiasaan yang dilakukan setiap hari serta pola kehidupan yang diterapkan seseorang, pastinya sangat berpengaruh terhadap kesehatannya. Banyak orang yang terserang suatu penyakit tertentu, karena pola hidup yang dilakoni setiap harinya kurang mendukung kesehatan, atau justru membuat rentan terkena penyakit. Hal ini dipicu oleh zaman yang semakin canggihnya dengan teknologi, sehingga mereka enggan beraktivitas, dan semuanya bergantung dengan kecanggihan yang telah tersedia saat ini.

Banyak orang yang kurang memperhatikan kesehatan tubuh mereka, sehingga terkadang meremehkan hal - hal sepele yang justru berpengaruh buruk pada kesehatannya. Salah satu organ tubuh terpenting yang harus dijaga kesehatannya adalah jantung. Nah, dengan mengetahui beberapa kebiasaan buruk yang dapat membahayakan jantung, maka kita bisa semakin waspada untuk menjaga organ terpenting ini. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak organ jantung kita :

1. Terlalu Banyak Makan
Makan merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh setiap makhluk hidup. Dengan makan, pastinya berakhir dengan rasa kenyang. Namun, banyak orang yang tidak sadar jika pola makan yang buruk atau makan berlebihan, bisa membuat tubuh terserang obesitas. Kegemukan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, karena akan meningkatkan risiko gangguan jantung. Jadi, makanlah secukupnya dan jangan rakus.

2. Menonton TV Berjam – jam
Siapa sih yang tak suka menonton televisi ? Pasti semua orang suka dengan aktivitas yang satu ini. Dengan menonton televisi, tentunya sebagai penonton akan mendapatkan berbagai informasi dan juga hiburan yang diinginkan. Namun, kebiasaan duduk berjam-jam di depan televisi dapat meningkatkan risiko gangguan jantung dan stroke.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi ? Demikian terjadi karena kurangnya gerak tubuh dapat mengakibatkan meningkatnya kandungan lemak dan gula dalam darah. Jadi perlu diimbangi dengan berjalan secara berkala, atau dengan posisi berdiri dengan diselingi gerakan tangan.

3. Terlalu Memforsir Tenaga
Jika Anda sering memaksakan diri untuk mengeluarkan tenaga ekstra, maka jantung akan bekerja keras di luar batas normalnya. Demikian lambat laun jantung akan mengalami kelemahan dan penurunan kinerja, hingga sampai menimbulkan kerusakan. Maka jika Anda gemar latihan atau olahraga, aturlah waktu yang cukup asalkan dilakukan secara rutin. Setidaknya Anda bisa melakukan latihan ringan 30 menitan di setiap harinya.

4. Malas Membersihkan Gigi
Kondisi sela – sela gigi yang kotor akan menjadi sarang terselipnya bakteri, virus maupun jamur, hingga sampai menimbulkan radang gusi atau gusi bengkak. Sementara bagian gusi atau gigi juga erat kaitannya dengan sistem organ tubuh lainnya, yaitu organ jantung salah satunya.

5. Merokok
Kebiasaan merokok memang selalu hadir pada kebanyakan pria pada umumnya. Dengan merokok banyak yang beranggapan bahwa merokok dapat menghadirkan ketenangan yang dirasakan. Padahal merokok atau asap rokok dapat menyebabkan penyumbatan pada arteri, sehingga peredaran darah tidak lancar, hingga sampai memberatkan kinerja jantung.

Nah, untuk tetap menjaga kesehatan jagung, mulailah tinggalkan kebiasaan - kebiasaan buruk yang dapat merusak jantung, serta terapkanlah gaya hidup sehat mulai sekarang.
By : Adi K  /  Arbamedia
Sumber : Merdeka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel