Waspada! Otak Akan Semakin Memburuk Jika Anda Lakukan 5 Hal Ini

image : discovery
Manusia yang dapat berpikir menciptakan suatu karya, merupakan salah satu hasil dari olah kerja keras otak yang kita gunakan. Untuk itu menjaga kesehatan otak agar tetap dalam kondisi optimal, memang sangat diperlukan bagi setiap manusia.

Penyebab kerusakan otak ternyata bukan hanya karena faktor makanan, atau hal lain yang berhubungan dengan keturunan. Melainkan kebiasaan buruk yang tanpa disadari sering kita lakukan juga punya pengaruh buruk bagi otak kita. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dapat memicu kondisi otak semakin memburuk, atau mengalami kerusakan.

1. Melewatkan sarapan
Banyak orang yang melewatkan sarapan pagi hanya untuk kepentingan kesibukan pribadi. Melewatkan sarapan pagi setiap hari memiliki risiko 36% dapat menimbulkan kerusakan pada otak. Karena setiap hari sebelum kita memikirkan sesuatu dalam beraktivitas, pastinya otak memerlukan sumber gizi yang dicerna dari makanan saat kita sarapan.

2. Telepon seluler
Sudah terlihat jelas adanya telepon seluler, maka radiasi sinyal yang dikeluarkan pun cukup besar. Energi elektromagnetik yang keluar saat kita tidur di sebelah ponsel, akan sangat memicu kerusakan sel - sel otak, dan lama kelamaan otak akan mengalami kerusakan serta susah untuk berkonsentrasi.

3. Kurang tidur
Saat waktu tidur kita tidak terjaga dengan baik, maka tak lama kemudian jam biologis akan mengubah kebiasaan sebelumnya. Semisal membuat kita tidur pada waktu siang lalu bangun pada waktu malam. Akibat dengan perubahan jam tersebut, maka sistem kerja otak akan berjalan tidak maksimal.

4. Menutup kepala saat tidur
Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh kaum lelaki pada saat tidur di tempat yang terang. Perlu diketahui, saat Anda tidur dan menutup wajah dengan seprei atau bantal, maka sirkulasi oksigen yang kita hirup tidak bisa berjalan dengan lancar. Akibatnya, penumpukan karbondioksida yang ada di sekitar kepala akan terhirup kembali, bahkan bisa mengakibatkan kerusakan sel pada otak kita.

5. Kebosanan
Merasa jenuh saat kita menjalankan aktivitas tentu menjadi perihal yang wajar. Namun demikian harus diwaspadai agar kebosanan yang terus – menerus tak mengganggu kesehatan otak. Pasalnya setiap manusia yang memiliki kemampuan untuk berpikir keras, tentunya juga perlu hiburan / relaksasi guna meregenerasi daya pikir otak agar menjadi segar kembali.
By : Adi K  /  Arbamedia
Sumber : liputan6

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel