Waspada! 7 Makanan Ini Bikin Tekanan Darah Cepat Melonjak

image : sbs
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana seseorang mengalami gangguan masalah yang terjadi pada Pembuluh Arteri. Hipertensi secara medis tidak menimbulkan gejala sakit apapun, melainkan seseorang yang mengalami masalah Hipertensi, ada sedikit perubahan pada sistem tekanan darah yang melonjak tinggi. Sementara hal ini tidak dirasa oleh penderita, selain itu penderita juga tidak akan mengetahui kondisi tekanan darah jika tidak memeriksakan diri ke dokter.

Untuk mengetahui tekanan darah secara pasti, kita diwajibkan untuk memeriksakan tekanan darah paling tidak 1 kali dalam lima tahun. Hipertensi merupakan penyakit yang tergolong berbahaya, bahkan penyakit ini bisa membuat penderita mengalami emosional, bahkan menjadi faktor penyebab Stroke saat tekanan pembuluh darah naik mendadak. Perlu kamu ketahui jika seseorang memiliki riwayat penyakit seperti ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Salah satunya adalah mengurangi jenis makanan yang menjadi pemicu naiknya tekanan darah, seperti ulasan berikut :

1. Garam 
Kandungan sodium dalam garam, menjadi musuh sejati bagi penderita Hipertensi. Saat tekanan darahmu mencapai 120 per 80mmHg, perlu kewaspadaan khusus saat mengonsumsi makanan mengandung garam. Nah bagi yang memiliki gejala penyakit darah tinggi, jika tekanan darahnya mencapai batas maksimum tertentu, sebaiknya mulai jaga asupan makanan dengan hati - hati.

2. Gula
Bagi penderita darah tinggi, menjaga pasokan gula yang masuk ke tubuh harus diperhatikan. Karena secara garis besar penderita hipertensi akan lebih memiliki risiko peningkatan gula darah. Selain itu pasokan gula berlebihan juga dapat menyebabkan kesehatan tubuh semakin memburuk, terutama pada orang yang memiliki penyakit obesitas.

3. Daging Merah
Secara umum hampir seluruh manusia menyukai olahan makanan terbuat dari daging. Daging merah seperti daging kambing, sapi, domba memiliki beberapa enzim khusus, yang mampu membuat tekanan darah naik secara drastis. Untuk itu bagi kamu yang memiliki gejala hipertensi, sebaiknya usahakan menghindari jenis makanan berbahan baku daging merah.

4. Kulit Ayam
Makanan lain yang dapat memicu naiknya tekanan darah adalah makanan terbuat dari bahan kulit ayam. Mengolah kulit ayam, baik itu digoreng kering maupun diolah menjadi jenis makanan apapun, kandungan lemak jenuh dalam kulit ayam tidak akan hilang. Selain memiliki risiko tekanan darah naik, lemak jenuh tersebut juga dapat menyebabkan Flek dalam pembuluh arteri menumpuk. Sehingga lambat laun bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung.

5. Sayuran dan Buah - Buahan Berkaleng / Kemasan
Sayuran dan buah - buahan memang menjadi sumber nutrisi paling baik. Namun berbeda halnya dengan jenis sayur atau buah yang dikemas dalam sebuah kaleng. Makanan 4 sehat 5 sempurna ini dikatakan sehat jika keadaan masih alami dan langsung diolah menjadi makanan. Akibat perkembangan teknologi pangan modern, beberapa perusahaan makanan mengemas sayur / buah menjadi produk instan, dengan alasan lebih efektif dan mudah untuk dikonsumsi. Tentu dengan penambahan bahan pengawet dan perasa buatan, sayuran maupun buah hasil olahan akan memicu tekanan darah menjadi tidak normal seperti biasanya.

6. Minuman Keras
Minuman beralkohol jika dikonsumsi oleh seseorang, akan mempengaruhi hormon Emosional dalam tubuhnya meningkat. Secara umum mengonsumsi minuman beralkohol dilarang keras dengan alasan / tujuan apapun, kecuali untuk kepentingan medis. Jika seseorang sudah kecanduan mengonsumsi minuman beralkohol, maka tekanan darah pada dirinya akan melonjak naik dengan cepat, akhirnya akan berakibat Stroke saat tidak bisa mengendalikan emosi.

7. Kopi
Berikutnya minuman yang dapat menyebabkan tekanan darah naik adalah kopi. Kandungan kafein dalam minuman kopi jika dalam dosis rendah, sangat bermanfaat bagi otak karena dibutuhkan untuk energi dalam proses kerjanya. Namun jika seseorang mengonsumsi kopi dengan takaran lebih tinggi, maka secara langsung orang tersebut akan merasa pusing kepala. Hal tersebut terjadi karena tekanan darah dalam tubuhnya meningkat akibat dari suplai kafein berlebihan.
By : Adi k  /  Sumber : halosehat, alodokter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel