Awas! Inilah 8 Sebab Penyakit Ginjal Menyerang Tubuh

image : ba-bamail
Gagal ginjal atau dalam istilah medis disebut GGK ( gagal ginjal kronis ), merupakan sebuah masalah kesehatan serius yang memang harus cepat ditangani oleh pihak / pakar kesehatan. Dalam menjalani kehidupan sehari - hari, kita terbiasa mengonsumsi berbagai jenis makanan, baik itu alami / makanan cepat saji. Pasti nantinya kandungan di dalamnya akan melalui proses tahap pencernaan, setelah itu beberapa kandungan khusus pada makanan yang kita konsumsi akan melalui proses penyaringan, dimana proses ini terjadi pada organ ginjal. 

Salah satu dampak buruk jika mengonsumsi makanan tidak sehat dengan kandungan lemak tinggi dan alkohol, akan mengganggu proses penyaringan dalam ginjal. Biasanya orang yang memiliki gejala gagal ginjal tidak langsung terlihat efeknya sebelum dilakukan pemeriksaan melalui darah dan urine. Faktor penyebab timbulnya gagal ginjal cukuplah beragam. Selain makanan dan kebiasaan hidup tak sehat, gagal ginjal kronis juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi tertentu, seperti pada ulasan berikut :

1. Akibat Dehidrasi
Dehidrasi merupakan situasi tubuh dimana keadaan kesehatannya diakibatkan dari kurangnya konsumsi air putih. Ada beberapa tingkatan bagi penderita dehidrasi, mulai dari dehidrasi ringan, sedang bahkan berat. Selain itu kondisi badan gemuk juga dapat mempengaruhi terjadinya dehidrasi, yaitu dengan munculnya tanda - tanda kerap merasakan haus saat tidak melakukan aktivitas. Jika kekuangan asupan air putih ini berkepanjangan, maka dampak bahayanya akan memperburuk kondisi / kinerja organ ginjal.

2. Pengaruh Diabetes
Salah satu penyebab terjadinya diabetes adalah kadar gula yang tinggi dalam darah. Penyakit ini bisa dikatakan penyakit mematikan, karena proses penyerangannya sangat mengganggu organ tubuh lain. Darah yang mengandung kadar glukosa tinggi akan mempengaruhi proses kinerja ginjal, dengan begitu ginjal akan bekerja lebih keras dari biasanya. Namun jika ginjal tidak mampu mengatasi masalah itu semua, maka kemungkinan besar ginjal akan mengalami kebocoran. Akibatnya beberapa nutrisi yang seharusnya diserap / dibutuhkan oleh tubuh akan ikut keluar melalui urine.

3. Hipertensi
Hipertensi / penyakit tekanan darah tinggi disebabkan karena beberapa macam faktor. Salah satu risiko penderita penyakit ini adalah Stroke. Namun para ahli medis mengatakan, hipertensi ringan dalam waktu yang lama jika tidak segera diobati, maka kemungkinan besar penderita akan mengalami gagal ginjal.

4. Penyakit Ginjal Polikistik
Penyakit ginjal satu ini tergolong berbahaya, karena Polikistik disebabkan oleh kandungan racun yang terlalu banyak dalam organ ginjal. Penyakit yang umumnya menyerang pasien dalam rentang umur 55 tahun keatas, secara perlahan dapat menyebabkan penderita mengalami gangguan ginjal kronis ( GGK ).

5. Glomerulonefritis
Glomerulonefritis adalah sebagian jenis penyakit ginjal yang menimbulkan radang di dalam ginjal, khususnya di bagian Nefron. Bagi penderita jika mengalami gangguan seperti ini, akan menyebabkan kotoran sisa metabolisme yang seharusnya dibuang malah menjadi menumpuk. Pada akhirnya risiko terserang penyakit gagal ginjal menjadi lebih tinggi.

6. Refluks Nefropati
Penyakit ginjal juga dapat disebabkan karena kandungan kemih yang bermasalah. Refluks Nefropati disebabkan karena proses penyaringan zat di dalam ginjal tidak bisa bekerja dengan normal / stabil. Akibat dari terjadinya gangguan tersebut, zat akan keluar bersama dengan urine dan kembali masuk ke bagian ginjal lain. Demikian terjadi karena katup dalam kandung kemih tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Akibat situasi tersebut ancaman buruk terhadap ginjal semakin rentan.

7. Konsumsi Obat Berlebihan
Secara umum obat - obatan kimia memang disarankan dikonsumsi bagi kita yang memiliki penyakit tertentu. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui, tak selamanya obat yang diberikan dokter itu baik. Bahkan dokter sendiri juga mengatakan, mengonsumsi obat - obatan dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan suatu masalah pada kesehatan / organ tubuh, salah satunya adalah gangguan ginjal. Sebab itulah pasien yang ada di rumah sakit diperlukan cuci saluran pencernaan, guna menghindari reaksi kimia yang ditimbulkan oleh obat - obatan tertentu.

8. Makanan / Minuman Berbahaya
Selain disebabkan oleh beberapa penyakit dan obat - obatan tertentu, gagal ginjal juga dapat timbul ketika orang tersebut mengonsumsi makanan kurang sehat dalam takaran berlebihan. Seperti konsumsi sarden, sereal, garam, pemanis buatan, minuman beralkohol, minuman basi dan masih banyak lagi bahan olahan berbahaya sejenisnya.
By : Adi k  /  Sumber : alodokter, halosehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel