8 Cara Alami Tuntaskan Kulit Wajah yang Kering

image : rickys-nyc
Banyak sekali yang timbul saat kulit wajahmu mengering. Kulit wajah dapat mengering karena terlalu sering terkena sinar matahari. Di sisi lain, kulit yang cenderung memiliki kebiasaan tidak terkena sinar matahari, dapat berisiko kering dan mengelupas saat terpampang di bawah sinar matahari secara terus menerus. Namun fase tidak terjadi begitu singkat, beberapa jam setelah kulit kita terkena sinar matahari, maka akan terasa panas dan sakit ketika disentuh. Lalu setelah beberapa hari dari fase itu, kulit akan mengelupas dengan sendirinya.

Selain mengelupas, akibat kulit yang kering juga dapat membuat kondisi kulit menjadi busik atau bersisik. Dengan keterbatasan kondisi demikian, maka membuat penderita mengalami stres, pikiran jenuh karena tidak bisa tampil percaya diri di depan semua orang. Nah bagi kamu yang pernah mengalami kondisi kulit wajah kering, kini jangan khawatir lagi. Karena selain menggunakan produk perawatan bermerek, kamu bisa menggunakan produk alami seperti pada ulasan berikut :

1. Gunakan Alpukat
Cobalah menggunakan buah alpukat yang masih segar dan matang untuk mengatasi kulit kering pada wajah. Karena kandungan nutrisi dalam buah ini tergolong lengkap, maka bisa mencobanya dengan teknik seperti berikut :

- Ambil daging Alpukat yang masih segar
- Tumbuk daging tersebut hingga menjadi pasta
- Tambahkan sedikit air biar lebih mudah saat meratakan
- Ratakan pada kulit wajah seperti saat menggunakan masker
- Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

2. Pepaya
Dengan kandungan Papain dan Vitamin A dalam pepaya, kamu bisa menggunakan buah ini sebagai pelembab serta pencegah kulit kering mu. Cara penggunaannya juga sangat mudah :

- Cari buah pepaya yang matang secara alami ( bukan suntikan )
- Ambil bagian dagingnya
- Tumbuk daging buah hingga halus / diblender
- Lalu gunakanlah daging halus tersebut sebagai masker wajah
- Diamkan hingga kurang lebih 20 - 30 menit, lalu bilas menggunakan air jernih.

3. Apel
Buah apel terbagi menjadi beberapa jenis, namun kandungan senyawa / nutrisi di dalamnya tak jauh berbeda, terutama apel merah. Selain nikmat untuk dikonsumsi, kamu bisa memanfaatkan buah apel untuk masker wajah, agar kulit wajahmu tampak lebih lembab dan sehat. Cara mengaplikasikannya seperti ini :

- Parut daging apel merah yang masih segar
- Oleskan hasil parutan tadi ke permukaan kulitmu yang kering
- Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih
- Agar hasil maksimal lakukan cara ini minimal 2 kali dalam seminggu

4. Pakai Timun 
Biasanya orang memanfaatkan bahan ini sebagai makanan untuk meredakan tekanan darah tinggi. Hal tersebut memang tidak salah, namun manfaat lain yang didapat dari mentimun adalah mampu menjaga kualitas kulitmu, agar tidak mengalami kekeringan akibat sinar matahari. Simak teknik penggunaannya :

- Potong buah timun menjadi lingkaran kecil dan tipis
- Letakkan potongan timun pada wajah
- Biarkan selama 15 menit agar nutrisi dalam mentimun meresap melalui cairan
- Terakhir bilas menggunakan air bersih

5. Putih Telur
Banyak sekali manfaat yang kamu dapat jika menggunakan masker dari putih telur. Seperti kulit tampak lebih cerah dan lembab dalam jangka waktu cukup lama. Kita dapat menggunakan putih telur untuk mengatasi kulit wajah yang kering akibat dari pancaran sinar matahari. Caranya seperti berikut :

- Ambil bagian putih telur dari kuningnya
- Aduk putih telur hingga merata
- Lalu oleskan ke bagian wajahmu
- Jika tidak suka baunya, tidak masalah menambahkan sedikit cairan jeruk nipis seperlunya
- Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas menggunakan air dingin.

6. Madu
Madu memiliki kandungan Antioksidan cukup banyak. Kandungan ini dapat membantu mempercepat pertumbuhan sel kulit baru setelah sel lama mengelupas. Caranya juga mudah : Pleskan langsung madu ke permukaan wajah hingga merata. Setelah itu diamkan selama 10 – 15 menit dan basuh menggunakan air bersih. Agar meraih hasil optimal, lakukan cara ini setiap hari secara rutin.

7. Jeruk Nipis
Kamu dapat menggunakan jeruk nipis sebagai perawatan kulit wajah yang kering. Senyawa alami dalam jeruk nipis sangat beragan, hingga dapat membantu memanjakan kulit wajah agar nampak lembab mempesona. Cara menggunakan jeruk nipis sebagai masker ialah :

- Campurkan air perasan jeruk nipis dengan daging buah alpukat, perbandingan 1 : 1
- Haluskan kedua bahan hingga merata
- Oleskan ramuan ini pada permukaan wajah
- Diamkan selama 15 menit dan basuh menggunakan air bersih

Manfaat dari ramuan jeruk + alpukat tadi tak hanya dapat membuat kulitmu lembab, namun juga berguna untuk mengusir jerawat yang akan muncul pada kulit wajah.

8. Wortel Buah
Wortel buah merupakan salah satu jenis buah yang berkeluarga dalam sayuran. Hanya saja yang membedakan mereka adalah volume nutrisi lebih banyak dibanding wortel sayur. Langkah penggunaannya untuk mengatasi kulit kering seperti ini :

- Kupas buah wortel dengan alat pengupas
- Potong wortel menjadi ukuran kecil - kecil
- Haluskan dengan cara diblender 
- Gunakan ampas wortel ini untuk masker wajahmu yang mengalami kekeringan
- Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.
By : Adi k  /  Sumber : alodokter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel