8 Tips Sederhana Obati Sakit Kepala dengan Cepat

image : massagemag
Sering kali kita merasa sakit kepala karena pusing sampai mengganggu aktivitas kerja. Perlu kamu ketahui, secara tidak sadar penyebab kondisi kepala menjadi pusing adalah penurunan suhu tubuh drastis. Hal ini banyak terjadi saat musim hujan, dimana suhu permukaan bumi yang awalnya panas karena sinar matahari, lalu berubah menjadi dingin saat hujan datang. Bahkan waktu perubahan suhu ini berjalan sangat begitu singkat. 

Sementara kondisi tubuh yang tidak memungkinkan serta dukungan lingkungan kumuh saat musim hujan, membuat banyak orang sering dilanda penyakit seperti flu, pilek, migrain / sakit kepala sebelah, demam, dan lain-lain. Kebanyakan orang yang mengalami masalah seperti ini, mereka memilih cara instan dengan mengonsumsi obat agar penderitaan cepat usai. Padahal dampak yang ditimbulkan setelah mengonsumsi obat dalam waktu yang berkepanjangan, dapat membuat orang tersebut mengalami ketergantungan dan risiko gagal ginjal. 

Untuk itu bagi kamu yang sering merasa sakit kepala dan ingin merasakan sensasi pengobatan tanpa efek samping, kamu bisa menggunakan bahan alami seperti di bawah ini:

1. Perbanyak Minum Air Putih
Terkadang sakit kepala datang saat tubuh mengalami dehidrasi. Sakit kepala merupakan alarm bahwa aliran darah dan oksigen ke otak bermasalah, demikian terjadi saat tubuh mengalami lelah dan kehilangan banyak cairan. Untuk itu bagi kamu yang biasanya olahraga, jangan sampai lupa membawa minuman agar kepala tidak mudah sakit.

2. Memanfaatkan Kentang
Mengonsumsi kentang juga termasuk cara paling efisien dalam menghilangkan sakit kepala. Sumber Kalium dalam kentang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu pengaruh sakit kepala secara umum adalah kekurangan asupan Kalium dari bahan pangan yang dikonsumsi setiap hari. Untuk itu jangan tinggalkan jenis bahan pangan satu ini jika tak ingin memiliki gejala sakit kepala.

3. Gunakan Pisang
Bagi orang yang kadang mengalami sakit kepala dengan waktu berkepanjangan, maka bisa mengatasinya dengan memanfaatkan buah pisang sebagai camilan setiap hari. Kandungan Potasium dan Magnesium yang tinggi dalam buah ini dapat membantu meringankan gejala sakit kepala, tanpa menimbulkan efek samping dalam tubuh.

4. Mengonsumsi Makanan Mengandung Mint
Sakit kepala disebabkan oleh beberapa jenis penyakit tertentu seperti stres, suhu tubuh tidak stabil dan sakit perut. Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami sakit kepala yang diakibatkan karena sakit perut. Nah bagi kamu yang pernah merasakan hal demikian, jangan sampai telat makan. Karena jika masih telat makan maka efek lain seperti maag akan terjadi berulang. Saat seseorang ada di posisi tersebut, tentunya bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung mint, seperti permen karet mint, teh mint, dan lain - lain. Pada akhirnya rasa sakit di kepala / pusing bisa berangsur hilang.

5. Kurangi Dosis Minuman Kopi
Terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat mengakibatkan detak jantung meningkat / tak stabil. Akibat dari peningkatan detak jantung, pembuluh darah di dalam tubuh mengalami penyempitan, hingga menyebabkan transfusi darah dari jantung ke organ kepala tidak lancar. Karena itulah jika Anda tidak ingin memiliki gejala sakit kepala seperti ini, kurangi dosis kopi yang biasa kamu minum setiap harinya.

6. Menghirup Minyak Kayu Putih
Umumnya, Kandungan Analgesik pada minyak kayu putih dapat meringankan rasa sakit akibat gigitan serangga dan nyamuk. Minyak kayu putih dihadirkan khusus dengan banyak manfaat, salah satunya penanggulangan sakit kepala, yang dapat diambil dari cairan dan juga aroma yang ditimbulkan. Selain itu manfaat dari Sineol, Terpineol, Aldehid Valerat yang dapat masuk melalui aroma minyak kayu putih, bermanfaat untuk mengendurkan sistem syaraf yang tegang, sehingga sakit kepala akan segera mereda.

7. Mengonsumsi Biji Wijen
Biji wijen dapat dikonsumsi oleh penderita sakit kepala. Karena dalam biji ini memiliki Vitamin E dan Magnesium yang baik untuk meredakan sakit kepala ringan. Bahkan yang paling bermanfaat dari biji wijen, yakni dapat mencegah timbulnya sakit kepala yang akan datang lagi.

8. Makan Tepat Waktu ( Makan Teratur )
Dari beberapa kiat menanggulangi gangguan sakit kepala seperti di atas, ternyata ada hal sepele penyebab sakit kepala yang banyak dilakukan oleh seseorang, yaitu menunda makan. Setiap pergerakan organ tubuh memerlukan sumber energi cukup banyak. Salah satu jalan untuk memenuhi sumber nutrisi termasuk energi dalam tubuh, yaitu melalui makanan yang dikonsumsi sehari hari. Maka dari itu makan dengan waktu teratur ( tepat waktu ) termasuk solusi sederhana guna menghindarkan tubuh dari sakit kepala.
By : Adi k  /  Sumber : merdeka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel