7 Khasiat Ajaib Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

image : thetruthaboutcancer
Saat wanita sedang hamil pasti akan ada perasaan bangga, karena berarti akan kedatangan calon buah hati yang lucu. Ada banyak hal yang perlu kamu lakukan terhadap istrimu yang sedang hamil, salah satunya adalah menjaga kesehatan. Seperti yang dikatakan oleh dokter kandungan, bahwa seseorang yang sedang hamil wajib bagi dirinya menjaga asupan vitamin guna memenuhi kebutuhan si Janin. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan seseorang yang sedang hamil seperti menjaga pola makan. 

Salah satu bahan pangan yang wajib dikonsumsi ibu hamil adalah sayuran hijau dan buah-buahan seperti buah kiwi. Buah kiwi saat ini sudah banyak dijumpai di pasaran. Buah yang memiliki rasa khas ini memiliki banyak kegunaan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dari pengujian yang telah dilakukan oleh beberapa ahli di bidang farmasi, buah kiwi mengandung ratusan miligram senyawa alami seperti kalori, vitamin A, serat, protein, vitamin C, magnesium, kalsium dan kalium. 

Selain itu cara pengonsumsian pada buah ini juga relatif mudah, kita dapat mengolahnya menjadi manisan, jus, atau dimakan secara langsung beserta dengan isinya. Buah yang memiliki rasa manis dan diperkaya dengan senyawa alami ini juga memiliki manfaat yang penting lainnya, seperti yang dilansir dari alodokter.

1. Pencegahan Infeksi
Buah yang kaya kandungan vitamin C ini dapat membantu tubuh mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh faktor tertentu. 1 buah kiwi mengandung vitamin C dalam jumlah rata-rata 100mg. Dengan banyaknya vitamin C tersebut, buah kiwi mampu membantu membuat kolagen untuk pembentukan kulit. Selain itu peran dari vitamin C sendiri adalah untuk penyerapan zat dalam sayur yang kita konsumsi.

2. Baik untuk Perkembangan Saraf Janin
Salah satu kandungan terpenting pada buah kiwi adalah asam folat. Kandungan asam folat yang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah sebagai pembantu proses pembentukan saraf pada janin / bayi. Untuk itu pada kehamilan trimester pertama dan kedua, upayakan agar pasangan anda mengonsumsi buah kiwi. 

3. Mencegah Kanker Usus
Selain sebagai penjaga sistem kekebalan tubuh, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah kiwi juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting. Yaitu sebagai senyawa yang dapat mengurangi kerusakan pada DNA, sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar.

4. Mengatur Tekanan Darah
Beberapa penelitian melaporkan, bahwa mengonsumsi buah kiwi sebanyak minimal 3 buah per hari akan mampu mengurangi tekanan darah tinggi, dibandingkan dengan mengonsumsi satu buah apel. Dengan tekanan darah yang terkendalikan, maka efek lain yang dapat timbul karena hipertensi seperti penyakit jantung dan stroke akan terminimalisir.

5. Cegah Penyumbatan Pembuluh Darah
Selain melancarkan peredaran darah, kandungan dalam buah kiwi juga dapat membantu mengatasi pembuluh darah yang tersumbat karena lemak. Selain itu manfaat jika kita mengonsumsi buah kiwi, maka lemak dalam darah kita akan larut secara perlahan.

6. Menyehatkan Paru - paru
Sangat terganggu jika kita memiliki penyakit asma dan sering kambuh. Terdapat sebuah penelitian menerangkan, bahwa mengonsumsi buah-buahan salah satunya buah kiwi, dapat membantu menyehatkan paru-paru yang sedang bermasalah. Hal ini dikarenakan di dalam buah kiwi mengandung banyak vitamin C dan Antioksidan.

7. Untuk Pencernaan yang Sehat
Kandungan serat tinggi dalam buah kiwi dapat membantu menjaga sistem pencernaan pada ibu hamil. Selain menyehatkan pencernaan, buah kiwi juga mengandung enzim Actinidin yang mampu bertugas untuk membantu pencernaan protein. Dengan begitu kesehatan pencernaan kita akan lebih terjaga.
By : Adi K  /  Arbamedia
Sumber Referensi : Alodokter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel