8 Makanan Ini Sangat Manjur Atasi Perut Kembung

(blewah) image : specialtyproduce
Perut kembung adalah gangguan kesehatan pada perut yang terjadi karena beberapa faktor tertentu. Kebanyakan orang yang mengalami masalah pada pencernaan ini memiliki gangguan seperti perut terasa penuh karena mengandung gas. Selain itu rasa Begah yang berkepanjangan pada perut menjadikan orang tidak nyaman dengan kondisinya. Gangguan seperti ini banyak terjadi pada orang berjenis kelamin laki-laki, karena faktor utama penyebab perut kembung adalah merokok dan mengonsumsi kopi yang mengandung asam tinggi.

Perut kembung ternyata juga dapat terjadi pada orang yang memiliki gangguan kesehatan lainnya, seperti Intolerance dan pola makan yang kurang stabil. Namun jika dibandingkan dengan gangguan pencernaan lainnya, penderita perut kembung akan lebih sering memeriksakan diri ke dokter, sangat merepotkan bukan..? Namun jangan khawatir bagi anda yang sering memiliki masalah tersebut. Anda dapat mencegahnya dengan mengonsumsi makanan / buah-buahan yang dapat membantu mengeluarkan gas dari dalam perut. Pastinya aman untuk dikonsumsi tanpa harus menanggung efek samping di kemudian hari.

Berikut beberapa jenis makanan yang wajib Anda konsumsi jika sering menderita perut kembung.

1. Semangka
Buah dengan ciri khas berwarna merah ini memiliki banyak kandungan air dan kalium alami. Kandungan kalium yang tinggi pada buah semangka, dapat membantu kita untuk menurunkan masalah perut sering kembung. Maka dari itu konsumsilah buah semangka ini saat perutmu mulai terasa kembung.

2. Blewah
Selain buah semangka, blewah juga diperkaya dengan senyawa kalium. Bagi anda yang memiliki masalah pada sistem pencernaan, baik itu maag / perut kembung, buah ini dapat dikonsumsi untuk meredakannya.

3. Mentimun
Selain mengandung Quercetin, mentimun juga memiliki kandungan lainnya seperti mineral, antioksidan dan vitamin C. Mengonsumsi mentimun sebagai selingan lauk pauk ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Karena kandungan yang terdapat di dalamnya memiliki peran sebagai pencegahan perut kembung dan retensi air pada tubuh.

4. Air Kelapa
Salah satu minuman segar yang bergizi tinggi adalah air kelapa. Dalam satu buah air kelapa mengandung natrium, kalium, serat dan protein. Masing - masing senyawa tersebut memiliki banyak fungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Salah satu manfaat air kelapa yang telah gempar di dunia ini adalah untuk mencegah perut kembung.

5. Yoghurt 
Penyakit yang banyak dialami oleh penderita asam lambung adalah gastritis. Dimana penyakit ini diakibatkan serangan radang pada dinding dalam lambung. Sementara penyakit gastritis memiliki gejala awal seperti perut kembung. Untuk itu jika perut anda kembung jangan dianggap sepele, segeralah mengonsumsi yoghurt agar tidak terjadi masalah yang berkelanjutan.

6. Pisang
Pada umumnya masalah kembung dapat terjadi karena akumulasi gas dan cairan yang ada dalam tubuh. Akibat dari perut kembung banyak orang merasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas. Cara paling efisien untuk mengatasi masalah seperti ini adalah mengonsumsi pisang.

7. Sayuran Hijau
Selain mengonsumsi banyak jenis buah buahan, mengonsumsi sayuran hijau juga tak boleh kita tinggalkan. Karena dalam sayur juga memiliki zat alami yang tentunya sedikit berbeda dari buah buahan. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam dan daun pepaya, memiliki manfaat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Untuk itu ada baiknya jika kita mengalami masalah pada perut, maka mengonsumsi sayur hijau bisa menjadi solusinya.

8. Jahe
Tumbuhan yang memiliki hasil pangan di dalam akar ini, ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Khasiat utama yang dapat kita raih dari jahe adalah untuk menghangatkan tubuh. Kandungan Zingibain dalam jahe memiliki efek hangat bagi tubuh, bahkan kandungan tersebut juga mampu mengusir gas dari dalam tubuh.
By : Adi k  /  Arbamedia
Sumber referensi : Alodokter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel