8 Bahan Alami Obati Kutu Air Secara Efektif

image : beritahati
Kutu air merupakan salah satu perkara infeksi yang sering terjadi pada bagian telapak kaki. Mungkin jika anda mengalami infeksi seperti ini akan merasa tidak nyaman, karena gatal yang ditimbulkannya. Gejala penyakit kutu air bermula saat kita sering berkunjung ke tempat yang lembab / becek, dengan kondisi air yang buruk serta minimnya kandungan oksigen. Pada akhirnya menjadikan jamur penyebab kutu air semakin cepat berkembang.

Dengan berbagai cara pengobatan yang pernah kamu coba, infeksi akibat kutu air ini tidak bisa hilang begitu saja. Karena bakteri yang terkandung di dalamnya termasuk dalam kategori mikroba, memiliki sifat perambatan yang cepat. Untuk itu bagi kamu yang memiliki gejala penyakit kulit seperti itu, segeralah melakukan pertolongan pada dokter. Atau mungkin bagi yang tidak mempunyai luang waktu untuk ke dokter, bisa juga menggunakan cara alami untuk mengatasi masalah kutu air.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat dijadikan obat oles untuk mengobati kutu air di kaki :

1. Garam Dapur
Garam dapur merupakan salah satu bahan utama yang dapat kita gunakan untuk mengobati masalah pada kulit, salah satunya untuk kutu air. Kandungan asam tinggi di dalamnya dapat membantu membunuh bakteri kecil sejenis mikroba. Untuk penggunaannya juga mudah, siapkan air hangat dalam satu wadah ember, lalu tambahkan garam dapur dapur secukupnya. Rendam kakimu selama kurang lebih 20 menit, tahan sedikit jika kaki terasa pedih, karena itu merupakan reaksi kandungan asam yang menyentuh permukaan luka pada kulit.

2. Minyak Pohon Teh
Mengobati kutu air juga dapat kita lakukan dengan minyak pohon teh. Minyak alami yang mengandung senyawa pohon teh, dapat kita beli di apotek terdekat. Selain memiliki harga terjangkau, minyak pohon teh diperkaya dengan antioksidan tinggi, hingga memungkinkan bisa membunuh bakteri pada kaki yang menyebabkan kutu air. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin mengobati kutu air, manfaatkan minyak pohon teh dengan cara mengoleskan pada kaki yang terluka.

3. Bawang Putih 
Selain menggunakan bahan baku dapur seperti garam, mengobati kutu air secara alami juga dapat kita ambil dari sari bawang putih yang sudah dihaluskan ini. Salah satu kandungan yang paling tajam dalam bawang putih adalah Allicin. Kandungan tersebut merupakan salah satu senyawa alami dengan kemampuannya sebagai Anti inflamasi dan Antiseptik. Untuk penggunaannya juga sangat mudah, haluskan bawang putih hingga lembut, setelah itu oleskan pada bagian kaki yang bermasalah.

4. Singkong
Mungkin akan sulit dipercaya jika tanaman singkong dapat kita gunakan sebagai obat untuk membasmi kutu air. Singkong yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, selain dapat membuat perutmu kenyang, ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati kutu air dengan cara seperti berikut.

- Tumbuk daging singkong hingga halus
- Oleskan pada permukaan kaki yang didapati kutu air
- Diamkan selama kurang lebih 20 menit agar kandungan meresap
- Lalu basuh menggunakan air mengalir
- Lakukan langkah tersebut setiap hari secara rutin

5. Daun sirih
Kandungan Antiseptik dalam daun sirih tidaklah sedikit. Beberapa ahli kesehatan mengatakan, daun sirih dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dengan cara direbus dan diminum airnya setiap pagi. Selain itu kandungan Antioksidan di dalamnya juga dapat membantu membunuh bakteri jamur pada kaki penyebab kutu air.

6. Kantong Teh
Jangan biasakan membuang kantung Teh setelah penggunaan. Karena kantung Teh yang habis kita buat untuk minuman, ternyata masih menyimpan banyak Antioksidan. Kandungan antioksidan pada kantong Teh sangat bagus sekali. Karena terbuat dari bahan herbal alami, kantung Teh dapat kita gunakan untuk mengobati penyakit kulit kutu air dengan aman. Caranya juga sangat mudah,  tinggal oleskan saja kantong teh basah pada kulitmu yang mengandung jamur.

7. Minyak Kelapa
Cara berikutnya untuk mengatasi kutu air secara alami adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa, yang biasanya digunakan sebagian orang untuk memasak. Kandungan Asam Laurat yang terdapat dalam minyak kelapa, cukuplah efektif untuk membunuh berbagai jenis jamur. Untuk itu jika anda ingin mengobati kutu air yang sering mengganggu aktivitas, manfaatkan minyak kelapa dengan cara mengoleskan pada bagian kaki.

8. Minyak Zaitun
Banyak sekali keunggulan yang didapat dari minyak zaitun. Selain baik untuk menjaga kesehatan rambut, kulit dan mengobati berbagai jenis penyakit, manfaat dari minyak zaitun juga dapat melindungi kulit dari kutu air akibat serangan bakteri dan jamur. Untuk itu selalu gunakan minyak zaitun secara berkala, sehingga kakimu mampu mengalami perubahan lebih sehat.
By : Adi k  /  arbamedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel