6 Rahasia Resep Minuman Kopi yang Lebih Nikmat dan Sehat

image : paleoplan
Kopi adalah salah satu minuman favorit di berbagai wilayah penjuru dunia. Karena kandungan dan manfaat yang baik untuk kesehatan, menjadikan hasil bumi ini laris di pasaran. Sejak zaman dahulu minuman kopi dikenal sebagai minuman yang dapat memberi efek relaksasi pada tubuh. Dengan kandungan kafein alami yang ada di dalamnya, menjadikan kopi ini mampu untuk merangsang kinerja otak. Nah... dari sinilah nama kopi itu banyak dikenal hingga zaman modern seperti sekarang.

Bubuk kopi diolah secara alami dengan cara dikupas, lalu digoreng sampai matang, setelah itu dijadikan bubuk yang dikemas dan di jual. Tak hanya itu, minuman yang memiliki banyak penggemar ini sangat mendukung jika diminum saat udara menjadi dingin. Menurut penelitian, kopi dapat membantu menghangatkan badan dan merangsang pertumbuhan hormon yang akan membantu meningkatkan daya konsentrasi otak. Namun pengonsumsiannya tidak banyak dalam menambahkan gula, susu, dan cream.

Sejalan dengan aneka resep makanan / minuman saat ini, kopi tak hanya diseduh dengan campuran gula dan air panas. Penambahan rempah-rempah alami pada kopi juga sudah banyak diterapkan oleh penggemarnya, yang bertujuan untuk mendapatkan cita rasa dan manfaat yang lebih baik bagi kesehatan.

Di bawah ini adalah beberapa rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai campuran untuk membuat minuman kopi menjadi sehat.

1. Kayu manis
Serbuk kayu manis dapat kita tambahkan ke dalam kopi panas yang siap untuk disajikan. Kopi yang mengandung bubuk kayu manis akan membuat diri kita merasa kenyang dalam jangka waktu lebih lama. Hal tersebut bisa terjadi karena pengaruh zat alami di dalam kayu manis yang mampu meningkatkan hormon insulin.

2. Mentega
Pasti awalnya kita akan berpikir bagaimana rasa kopi yang dicampur dengan mentega. Jika kalian belum pernah mencobanya, Anda bisa melakukan riset sendiri terhadap minuman ini. Seperti yang terlansir pada laman health.detik.com, selain memiliki rasa yang gurih dan nikmat, kopi yang dicampur dengan sedikit mentega dapat membantu proses penurunan berat badan.

3. Buah Pala
Resep rahasia lainnya yang banyak digunakan orang untuk mengubah cita rasa kopi menjadi lebih nikmat, yaitu pakai buah pala. Kandungan vitamin C dan Antioksidan yang terdapat di buah Pala memiliki tugas untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Oleh karena itu saat kita menikmati kopi yang dicampur dengan sedikit buah pala, akan memberi sensasi yang lebih nikmat dan tentunya bagus untuk kesehatan.

4. Kakao
Kakao atau biji cokelat yang banyak ditemui di kebun cokelat, ternyata dapat kita manfaatkan sebagai bahan dasar campuran kopi. Kandungan flavonoid yang terdapat dalam biji cokelat dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap serangan virus dan bakteri. Untuk itu, cara paling mudah untuk mengonsumsi kakao atau biji cokelat adalah dengan dicampur minuman kopi yang siap diseduh.

5. Gula Kelapa
Sudah familiar sejak dahulu jika membuat kopi dengan menggunakan gula Jawa sebagai bahan campuran utama. Maka kopi tersebut akan memiliki rasa yang jauh berbeda dari biasanya. Gula kepala terbuat dari sari kelapa murni yang diolah melalui beberapa proses, hingga menjadi gula berbentuk bongkahan dengan warna kuning kegelap-gelapan. Selain memiliki rasa yang nikmat, kopi yang kaya akan senyawa organik ini juga dapat menjaga kesehatan tubuh anda secara alami .

6. Minyak Kelapa
Selain dicampur dengan buah dan rempah-rempah, ternyata banyak juga yang mengonsumsi kopi dengan menggunakan minyak kelapa sebagai penambah rasa. Pakar ilmiah telah membuktikan, bahwa minyak kelapa dapat membantu menurunkan berat badan secara sehat. Untuk itu bagi kalian yang ingin menjalankan program diet sehat, kopi dengan campuran minyak kelapa sebanyak satu sendok teh dapat dijadikan solusi yang terbaik.  
By : Adi. K  /  Arbamedia
Sumber : Merdeka

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel