9 Tanda Rusaknya Organ Paru-paru Anda

sumber : nucleushealth
Penyakit paru-paru adalah salah satu jenis penyakit mematikan, dapat menyerang siapa saja berdasarkan faktor usia tertentu. Awal mula seseorang mengalami kondisi paru-paru buruk, bisa jadi dari kebiasaan pola hidup yang kurang sehat seperti merokok, lingkungan kumuh, dan bertempat tinggal di area pembuangan sampah. Secara umum seseorang yang memiliki gejala paru-paru mulai memburuk, akan mengalami beberapa tanda - tanda khusus. 

Walaupun penyakit paru-paru adalah penyakit cukup mengerikan, tetapi banyak orang tidak mengerti dengan gejala / tanda-tanda jika tubuh memiliki kondisi paru yang memburuk. Banyak orang mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Dari sini kita memahami bahwa untuk mencegah suatu penyakit, diperlukan pengetahuan yang luas terkait gejala / tanda - tanda yang mengartikan bahwa tubuh mengalami masalah kesehatan. Berikut ini adalah beberapa tanda kondisi paru-paru anda mulai memburuk :

1. Sesak Nafas
Tanda pertama jika organ paru-paru mulai memburuk adalah sesak nafas. Sesak nafas atau Mengi merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dianggap remeh. Seseorang yang sering mengalami sesak nafas secara tiba-tiba, maka kemungkinan besar orang tersebut mengalami gangguan pada paru-paru. Selain itu orang memiliki masalah seperti ini, nafasnya akan cenderung pendek saat melakukan aktivitas agak berat.

2. Batuk Membandel
Batuk kering yang disebabkan oleh efek asap rokok, bisa jadi mengganggu sistem kerja paru-paru hingga menyebabkan kanker. Salah satu tanda yang kadang diabaikan orang adalah batuk kering dalam jangka waktu cukup lama. Batuk ini bisa terjadi kapan saja meski kita tidak mengalami flu atau pilek. Batuk kering dapat memperburuk kondisi organ paru-paru, ditandai dengan keluarnya bercak darah dari mulut saat batuk.

3. Berat Badan Turun
Mungkin belum banyak orang tahu kalau tanda paru-paru sedang bermasalah adalah berat badan menurun. Demikian sudah umum terjadi pada penderita kanker apapun jenisnya. Penderita kanker akan merasa kehilangan nafsu makan. Dari situlah yang menjadi penyebab utama seseorang memiliki kanker paru-paru, maka kondisi berat badannya akan menurun secara drastis.

4. Merasa Lelah
Merasa lemah dan lelah meski tidak melakukan aktivitas apapun, patut dicurigai sebagai tanda-tanda orang memiliki kanker, baik itu kanker paru-paru maupun jenis kanker lain. Nah.. bagi kamu yang mungkin merasa lelah dan memiliki kondisi lain seperti sesak nafas dan batuk, segeralah pergi ke dokter untuk melakukan diagnosa. Sehingga jika seseorang mengalami masalah paru-paru bisa segera teratasi secara efektif.

5. Batuk Berdarah
Batuk berkepanjangan merupakan satu ciri mutlak orang mengalami masalah pada paru-paru. Batuk kering disertai dengan nafas pendek menjadi bagian penyebab kondisi paru-paru semakin memburuk / mengalami kerusakan. Untuk itu perlu diperhatikan jika teman dan saudaramu mengalami batuk kering hingga mengeluarkan darah.

6. Nyeri Dada
Salah satu tanda awal orang mengalami masalah pada paru-paru adalah rasa nyeri pada dada, serta terasa sakit hingga mendalam. Biasanya rasa nyeri ini terasa saat seseorang batuk, tertawa dan mengejan. Rasa nyeri pada bagian dada dapat menjulur ke seluruh tubuh, terutama pada tulang punggung dan pinggang. Jika mengalami rasa nyeri yang khususnya terasa pada bagian dada atau tulang pinggang, segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan yang efisien.

7. Infeksi Berulang
Biasanya penderita paru-paru akan mengalami beberapa tahapan yang berhubungan dengan penyakitnya. Awalnya orang yang mengalami masalah pada paru-paru akan terinfeksi beberapa gangguan kesehatan, seperti Bronkitis dan Pneumonia. Jika terjadi masalah seperti ini atau bahkan infeksi lain yang berhubungan dengan saluran pernapasan, segera lakukan pemindaian X-Ray atau CT Scan.

8. Pergelangan Kaki Membengkak
Pergelangan kaki membengkak memang menandakan kondisi tubuh kurang sehat. Ada banyak hal yang perlu diketahui saat pergelangan kaki mulai membengkak. Seperti gejala sakit jantung, keseleo, hingga tanda-tanda terkena penyakit paru-paru. Hal ini bisa terjadi karena saat orang mengalami sesak napas, maka paru-paru akan mengalami kekurangan oksigen, hingga dapat menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah dengan kuat. Pada akhirnya akan terjadi penumpukan cairan pada organ tubuh tertentu yang memicu terjadinya kaki bengkak.

9. Kepala Sering Sakit di Pagi Hari
Tanda terakhir yang bisa kita rasakan jika kondisi paru-paru memburuk adalah rasa nyeri pada bagian kepala saat pagi hari. Dimana permasalahan tersebut juga dibarengi oleh nafas pendek, akibat dari penumpukan karbondioksida dalam paru-paru. Demi menjaga tubuh dari bahaya penyakit paru-paru, sebaiknya segera pergi ke dokter jika mengalami masalah seperti itu.
By : Adi k / Arbamedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel