Tak Ingin Organ Hati Cepat Rusak! Perhatikan 5 Hal Ini

Gambar (idnes)
Hati merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh manusia yang bekerja multifungsi, untuk mengatur semua organ yang berkaitan dalam tubuh. Hati berperan sebagai organ untuk menyimpan glukosa ekstra, memproduksi empedu, dan sebagai komponen untuk mengomposisikan nutrisi dalam darah.

Sebagai salah satu jenis organ penting, tidak menutup kemungkinan hati juga bisa mengalami kerusakan seperti kanker, hepatitis, radang hati dan gejala penyakit hati lainnya. Yang mana bisa saja disebabkan oleh bakteri dan virus. Berikut ini adalah beberapa tips menjaga organ hati dari kerusakan ringan hingga serius.

1. Batasi konsumsi beralkohol
Tips pertama untuk menjaga hati dari kerusakan, kamu bisa menerapkan kebiasaan membatasi minuman-minuman beralkohol, kalau bisa berhenti mengonsumsi minuman ini akan lebih baik. Kandungan alkohol yang berada pada minuman keras memang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Selain mengganggu organ jantung, kemungkinan besar alkohol bisa merusak fungsi hati hingga menyebabkan gangguan ginjal.

2. Hindari paparan polusi
Menghindari polusi dan paparan karbondioksida bebas, juga termasuk hal penting yang wajib untuk kita terapkan agar memiliki hati yang sehat. Karbondioksida seperti yang dikeluarkan dari asap kendaraan bermotor, perokok pasif, bisa membuat sel organ hati kita rusak secara perlahan.

3. Pilih makanan bergizi
Memilih makanan yang bergizi ternyata tidak boleh kita remehkan. Makanan yang memiliki gizi cukup yaitu seperti protein, susu murni, buah - buahan, Serta makanan yang mengandung lemak baik seperti telur dan ikan laut.

4. Hindari konsumsi obat sembarangan
Banyak sekali penyebab kerusakan pada organ hati, salah satunya adalah kebiasaan mengonsumsi obat sembarangan tanpa pengawasan dokter. Obat-obatan berbahan kimia sementara waktu memang dibutuhkan oleh tubuh jika tubuh mengalami masalah serius. Namun jika kamu salah satu orang yang sering mengonsumsi obat-obatan saat tubuh tidak ada keluhan serius, maka kemungkinan besar kandungan kimia dalam obat akan mengendap dalam hati, hingga menyebabkan organ hati mengalami kerusakan.

5. Konsumsi teh jeruk nipis
Mencukupi asupan Antioksidan memanglah penting. Antioksidan akan membantu tubuh untuk menjaga sistem imun agar lebih kuat. Kamu bisa memilih mengonsumsi teh jeruk nipis hangat setiap pagi untuk menangkal virus serta bakteri, yang bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel