5 Sebab Bibir Anda Menjadi Cepat Gelap dan Hitam

Gambar (istimewa)
Ada banyak sekali penyebab bibir menghitam, dan ternyata bukan hanya dari kebiasaan merokok saja. Tak heran, perubahan warna pada bibir menjadi gelap sangat mempengaruhi sebuah daya tarik / penampilan Anda.

Contoh pada pria, bibir hitam akan menjadikan ketampanannya berkurang. Dan jika pada wanita akan menurunkan tingkat kepercayaan dirinya dan menjadikannya selalu bergantung pada lipstik / secara instan. Padahal sering menggunakan lipstik juga merupakan salah satu faktor penyebab bibir berubah gelap.

Nah, Berikut ini adalah beberapa penyebab bibir Anda menghitam yang harus diwaspadai :

1. Kondisi bibir kering
Bibir kering maupun bibir normal yang pemiliknya malas untuk menggunakan pelembab bibir, terutama pada cuaca yang panas, akan menjadikan bibir tidak sehat dan pecah-pecah. Sehingga bibir berpeluang besar untuk menggelap secara perlahan.

2. Gaya hidup yang tidak sehat
Sering mengonsumsi minuman beralkohol adalah satu dari gaya hidup yang tidak sehat, yang besar pengaruhnya dalam masalah penghitaman warna pada bibir selain dari merokok. Jika sering mengonsumsi minuman beralkohol, maka tubuh akan mengalami dehidrasi yang berdampak pada bibir kering kemudian menjadi hitam.

3. Hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi sering terjadi saat lamanya kulit terpapar langsung oleh sinar matahari. Karena dalam kondisi seperti itu, secara otomatis kulit akan membentuk melanin yang banyak dan menjadikan kulit berubah warna menjadi gelap.

Bahkan hal demikian juga berlaku pada bibir dan wajah. Untuk menghindari masalah paparan matahari yang menyengat, kamu bisa menggunakan tabir surya untuk kulit wajah dan pelembab bibir yang mengandung SPF.

4. Mengalami anemia
Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan Hemoglobin, yaitu zat pembawa oksigen dan zat gizi yang memberikan warna merah pada darah. Sehingga kekurangan hemoglobin dapat pula mempengaruhi warna pada bagian anggota tubuh tertentu, termasuk kulit bibir.

5. Mengonsumsi kafein berlebih
Sering mengonsumsi kafein adalah faktor selanjutnya penyebab bibir menghitam / menggelap. Kafein sebenarnya adalah zat diuretik yang mampu melancarkan buang air kecil, asalkan tak melebihi batas. Nah, jika kamu salah satu orang yang sering berlebihan mengonsumsi kafein, maka kamu akan berasa seperti ingin buang air kecil secara terus menerus. Dan hal itu bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan, yang menyebabkan bibir pecah-pecah hingga berubah warna kehitaman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel