6 Tanda Utama Kerusakan Hati yang Sering Dianggap Sepele

Gambar (express)
Kerusakan hati bisa disebabkan oleh beberapa hal yang berhubungan dengan aktivitas harian tanpa kita sadari. Bahkan lebih bahayanya lagi, kerusakan hati tidak menimbulkan gejala rasa sakit khusus, sebelum masalah ini menginjak ke level yang lebih parah.

Namun meski tanpa tanda kerusakan fisik yang terasa, kerusakan hati bisa didiagnosis melalui ciri fisik atau perubahan pada bagian-bagian organ tertentu. Berikut adalah beberapa ciri kerusakan hati yang perlu kamu ketahui dan diperhatikan.

1. Bau mulut
Tanda pertama yang akan muncul jika hati mengalami masalah yaitu mulut akan mengeluarkan aroma, seperti ikan asin yang basi dan aroma bawang merah yang membusuk. Masalah seperti ini jangan dianggap sepele, karena bisa berakibat fatal jika tidak segera diberi perawatan intensif.

2. Lingkar mata mengelap
Lingkar mata menggelap / biasa kita sapa dengan mata panda, bukan hanya ciri orang yang memiliki masalah pola tidur. Masalah seperti ini ternyata juga bisa menjadi gejala utama orang memiliki masalah pada organ hati yang tak normal.

3. Urine berwarna gelap
Umumnya manusia normal memiliki warna urine kuning jernih serta aroma wajar. Namun bagi seseorang yang memiliki masalah pada organ hati, biasanya urine berubah menjadi agak lebih gelap dengan bau yang sangat menyengat.

4. Warna putih bagian mata menjadi kuning
Wajah pucat serta warna putih pada mata menjadi kuning, juga menjadi gejala tertentu dari masalah kerusakan hati. Biasanya gejala ini timbul jika kondisi hati sudah semakin parah, karena terinfeksi zat kimia yang disebabkan oleh penyakit kuning.

5. Mulut terasa pahit
Mulut terasa pahit dan memiliki selera makan yang rendah, merupakan salah satu dari gejala organ hati semakin memburuk. Hal ini disebabkan karena hati tidak bisa mengontrol enzim empedu yang dihasilkan dengan baik.

6. Kerusakan pada kulit
Kerusakan pada kulit seperti bercak putih dalam jumlah tertentu, juga sering dikaitkan dengan salah satu penyakit hati yaitu liver. Meski tanda ini jarang terjadi, tidak ada salahnya jika kamu memeriksakan diri ke dokter jika ada masalah yang muncul seperti bercak putih tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel