5 Makanan Terbaik Untuk Ketajaman dan Kesehatan Otak

KENARI - Gambar (istimewa)
Otak merupakan organ terpenting yang bertanggung jawab untuk mengatur semua fungsi tubuh. Kelainan dan penyakit yang terjangkit di otak akan sangat mengganggu, hingga dapat merenggut nyawa seseorang. Oleh karena itu penting kiranya untuk kita agar senantiasa menjaga dan merawatnya dengan baik.

Organ otak selalu membutuhkan berbagai macam nutrisi yang baik untuk menjalankan fungsinya serta menjaga kesehatannya. Nah untuk itu, berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk kamu konsumsi jika ingin memiliki kondisi otak yang baik dan sehat.

1. Brokoli
Mengonsumsi tiga mangkuk brokoli setiap hari secara rutin, mampu membantu menguatkan dan menyehatkan otak dari dalam. Kandungan nutrisi dalam brokoli mampu menumbuhkan sel-sel baru dan memperbarui sel otak lama menjadi lebih sehat. Hal inilah yang nantinya akan membuat otak kita semakin sehat dan berfungsi secara optimal.

2. Kenari
Jenis kacang-kacangan ini mengandung asam lemak dan omega 3 tertinggi, dibanding kacang jenis lain. Kandungan omega 3 yang ada di dalamnya mampu melindungi otak, karena dapat meningkatkan fungsi Neurotransmitter.

3. Ikan salmon
Ini mengapa ikan salmon selalu menjadi bahan utama produk obat yang dapat meningkatkan fungsi otak pada anak-anak. Karena 60% otak terdiri dari lemak, maka dibutuhkan asupan asam lemak yang banyak dari ikan salmon untuk menjaga fungsi optimalnya. Ikan Salmon juga mengandung asam Docosahexaenoic ( DHA ), yang dapat mencegah tumbuhnya penyakit Alzheimer. Demikian juga mengandung omega 3 yang mampu menguatkan otak secara efektif.

4. Tomat
Tomat adalah buah yang mudah didapat dan biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Yang membuatnya luar biasa adalah kandungan Antioksidan dan Likopen, yang mampu menangkal dan membersihkan radikal bebas pada sel-sel otak. Sehingga akan menghindarkan otak dari tumbuhnya sel kanker dan Dimensia. Selain itu mengonsumsi tomat secara rutin dapat meningkatkan ketajaman kinerja otak.

5. Teh hijau
Meminum teh hijau 2-3 cangkir setiap hari tanpa gula, demikian mampu meningkatkan kinerja otak. Penelitian dari University of Basel mengemukakan, kandungan teh hijau dapat mencegah seseorang mengalami Dimensia, serta mengurangi risiko penyakit Parkinson.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel