4 Jenis Olahraga Terbaik Untuk Jaga Kesehatan Paru-paru Anda

Gambar (everydayhealth)
Paru-paru merupakan organ penting dalam tubuh untuk menyokong kehidupan seseorang selain jantung. Termasuk juga organ yang mengatur sistem respirasi dan wajib dijaga dengan baik, agar kualitasnya tidak menurun hingga akan mempengaruhi kesehatan.

Sementara berbagai cara akan dilakukan orang agar sembuh dari penyakit yang menjangkit paru-paru. Nah selain berhenti dari rutinitas merokok, ada cara lainnya agar paru-paru dapat terjaga kesehatannya, yaitu dengan melakukan olahraga ringan yang direkomendasikan.

Berikut ini beberapa olahraga yang cocok untuk menyehatkan paru-paru kita :

Berenang
University of the Pacific AS dalam penelitiannya menyatakan, bahwa berenang mampu meningkatkan suplai oksigen yang masuk melalui paru-paru dan menuju ke otot - otot tubuh. Selain itu dengan berenang tubuh akan otomatis berlatih untuk mengambil, menahan, dan melepaskan nafas secara teratur. Sehingga akan memaksimalkan fungsi paru-paru menjadi lebih sehat.

Futsal
Siapa sangka olahraga seru yang banyak digemari masyarakat ini adalah salah satu jenis latihan yang cocok untuk menyehatkan paru-paru. Pada saat seseorang bermain Futsal, tingkat volume oksigen dalam otot dapat dikelola dengan baik oleh paru-paru, serta dapat mengukur seberapa cepat paru-paru dalam memproses sirkulasi darah pada tubuh. Selain itu bermain futsal juga dapat mengatur oksigen yang masuk ke dalam paru-paru menuju otot tubuh.

Tai Chi
Dalam Tai Chi, seseorang akan diajarkan bagaimana mengatur nafas yang baik sehingga dapat menyehatkan paru-paru. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sidney University menyatakan, bahwa orang yang mengalami penyakit Obstruktif Kronis pada paru-paru, akan mengalami peningkatan kualitas pada paru-paru mereka.

Pada Tai Chi terdapat kombinasi antara meditasi dan pengambilan nafas yang teratur, disertai dengan gerakan - gerakan lembut. Dari situ akan didapatkan manfaat yang baik untuk tubuh supaya imunitas pada paru-paru meningkat.

Lari
Saat berlari, diafragma ( otot utama yang mengatur respirasi, terletak di bagian bawah paru-paru ) dapat bekerja lebih aktif. Mengatur nafas pada saat lari juga mudah dilakukan, yaitu menarik dan mengeluarkan nafas dengan pola dua-dua, pola tiga-tiga atau pola empat-empat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel