Sembuhkan Radang (Sakit) Tenggorokan Dengan Minuman dan Makanan Ini

Gambar (acehimage)
Radang tenggorokan atau yang biasa disebut faringitis dalam istilah medis, merupakan kondisi kesehatan buruk yang ditandai dengan sakit tenggorokan, kulit ruam, nyeri otot dan sendi serta sakit kepala. Gejala sakit tenggorokan dibedakan menjadi beberapa jenis, dan setiap gangguan kesehatan ini disebabkan oleh beberapa kasus yang berbeda. Menurut salah satu ahli kesehatan dari dalam negeri, radang tenggorokan bisa disebabkan karena pegal-pegal, panas dalam, demam dengan suhu tinggi serta faktor keturunan dari keluarga atau gen.

Nah, berikut cara mudah dan alami dalam mengatasi radang / sakit di tenggorokan :

1. Konsumsi bawang putih
Untuk mengobati radang tenggorokan dengan mudah, kamu cukup memilih menggunakan bahan dapur seperti bawang putih ini untuk dikonsumsi secara mentah. Bawang putih yang mentah bisa kamu konsumsi setiap saat dalam jumlah secukupnya selama kamu merasa bisa menelannya.

2. Makan buah pisang
Buah yang mengandung segudang manfaat untuk menjaga sistem kesehatan tubuh ini, juga tak luput dari pilihan jika kamu mengalami masalah pada tenggorokan. Buah pisang mengandung antioksidan yang tidak sedikit, sehingga sangat memungkinkan menjaga tubuhmu dari serangan bakteri seperti virus. Selain itu buah ini juga memiliki senyawa yang bersifat anti inflamasi, yang dapat mencegah dan mengobati radang tenggorokan.

3. Minum madu
Radang tenggorokan bisa dialami oleh siapa saja, tidak mengenal faktor umur. Tak banyak dari kita yang memiliki masalah radang tenggorokan dan dibarengi dengan serangan batuk. Kondisi seperti ini sebenarnya sangat menyiksa penderita, hingga merasakan sakit yang pedih jika sedang batuk berlangsung. Untuk mengatasi masalah radang tenggorokan dan batuk, kamu bisa memilih mengonsumsi madu setiap hari sebanyak satu sendok makan secara rutin.

4. Minum jus wortel
Hal berikutnya yang harus kamu lakukan jika kamu memiliki masalah pada tenggorokan, kamu bisa memilih mengonsumsi jus wortel setiap hari secara rutin. Jus wortel memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi, serta sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meringankan sakit tenggorokan karena radang.

Masalah kesehatan seperti radang tenggorokan ini tidak boleh kita anggap remeh, karena jika telat mendapatkan perawatan kemungkinan radang tenggorokan akan menjadi sebuah masalah yang parah. Bahkan hingga menyebabkan penderita tidak nyaman saat menjalankan aktivitas seperti biasanya. 

Berikut adalah beberapa tips lainnya untuk membantu mengobati radang tenggorokan dengan bahan rumahan.

Konsumsi wedang jahe
Penderita sakit tenggorokan akan merasakan rasa risih atau tidak nyaman pada tenggorokannya. Hal ini dikarenakan seseorang yang mengalami masalah seperti ini tenggorokannya akan terasa sakit dan mengeluarkan lendir yang banyak. Nah, bagi kamu yang merasakan hal serupa, bisa mengatasinya dengan cara mengonsumsi wedang jahe yang mengandung antioksidan dan anti inflamasi, yang dapat membunuh bakteri jamur penyebab radang.

Kumur dengan larutan garam
Berkumur dengan menggunakan air garam hangat juga menjadi salah satu tips efisien untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Minuman ini bisa kamu buat sendiri di rumah, dengan cara melarutkan garam pada air hangat secukupnya hingga air terasa asin.

Perbanyak konsumsi air putih
Dan tips terakhir yang wajib untuk kamu lakukan jika ingin terbebas dari serangan radang tenggorokan, biasakanlah untuk mengonsumsi air putih yang banyak. Mengonsumsi air tawar dapat membantu mengurangi lendir berbahaya, yang bisa membuat tenggorokan iritasi dan menjadi radang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel