Agar Gula Darah Tak Melonjak Saat Puasa! Perhatikan Makanan Ini

Konsumsi Buah Aprikot - (charuban)
Saat bulan puasa ini, tantangan pada penderita diabetes semakin bertambah berat. Penderita diabetes sangat disarankan untuk menjaga asupan makan, serta memilih makanan yang mengandung gula rendah, sehingga tidak mengalami lonjakan kadar glukosa pada dirinya. Saat menjalani ibadah puasa, ada beberapa tips yang bisa diterapkan bagi seseorang yang mengalami masalah diabetes, dan tentunya agar asupan gula dalam tubuh bisa tetap terjaga stabil.

Berikut adalah beberapa tips sehat yang bisa diterapkan sendiri di rumah, untuk mengoptimalkan ibadah puasa jika kamu salah satu penderita diabetes.

Konsumsilah Makanan Bervariasi

Saat kamu diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Saat kamu memiliki masalah diabetes, maka bisa memilih menu makanan bermacam - macam seperti berikut :

- Susu organik dan produk sejenisnya

- Sayuran hijau serta buah-buahan segar

- Daging, ikan dan sejenisnya

- Makanan yang mengandung lemak rendah, seperti kacang - kacangan, telur dan sebagainya.

Mengonsumsi makanan seperti di atas bisa membantu menjaga kesehatan Anda, terutama yang berkaitan dengan produksi insulin. Dengan demikian dapat membuat tubuh menjadi tetap sehat saat berpuasa.

Pilihlah Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Makanan dengan Indeks Glikemik lebih rendah juga merupakan salah satu hal yang wajib kamu pilih saat ingin menjalankan ibadah puasa. Indeks Glikemik ( IG ) dalam makanan termasuk jenis ukuran yang dapat menentukan rendah dan tingginya pengaruh terhadap kadar gula darah. Untuk itu agar kadar gula darah tetap terjaga, kamu bisa memilih makanan yang memiliki IG rendah seperti Apel, Stroberi, Aprikot, Pir dan buah Kiwi.

Hindari Makanan Manis / Mengandung Tinggi Gula

Biasanya saat berbuka puasa seseorang akan lebih cenderung menyantap makanan manis / minuman manis untuk asupan utama mereka. Mengonsumsi makanan dan minuman jenis ini memang terasa segar, karena bisa menyuplai gula tubuh dan membuat energi menjadi pulih. Namun bagi kamu yang memiliki penyakit diabetes, usahakan untuk menghindari asupan manis tersebut, atau bisa menggantinya dengan jus tomat, jus jeruk maupun jus stroberi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel