Para Ibu! Lakukan Trik Ini Jika Menyusui Saat Berpuasa

Makan Buah Kurma - (khasiat)
Berpuasa adalah sebuah tuntunan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh seluruh umat Islam di saat bulan Ramadhan. Namun selain itu ada juga individu yang memiliki keringanan khusus untuk menjalankan ibadah puasa, seperti ibu hamil, seseorang yang sedang sakit berat, dan perempuan yang mengalami masa menstruasi. 

Nah, bagi Anda yang sedang menyusui saat berpuasa, ada beberapa tips khusus yang wajib diterapkan guna menjaga kesehatan tubuh agar tetap membaik. Berikut adalah beberapa tips sehat menjalankan ibadah puasa saat Anda dalam masa menyusui.

1. Istirahat cukup
Menjadwalkan tubuh untuk istirahat yang cukup juga menjadi sebuah kebutuhan wajib yang perlu dipertimbangkan dan dilakukan oleh ibu-ibu yang sedang menyusui. Untuk beristirahat di siang hari, Anda bisa melakukan tidur selama 2 jam atau lebih untuk menjaga energi yang hanya tersedia beberapa dalam tubuh. Hal ini juga bisa membantu menjaga produksi nutrisi dalam ASI saat menyusui.

2. Konsumsi kurma
Bukan lagi hal yang langka, saat bulan Ramadhan tiba buah kurma menjadi sebuah pilihan khusus bagi setiap orang. Dari berbagai alasan yang ada, buah ini ternyata juga memiliki tinggi nutrisi yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh saat berhenti makan siang hari. Dan itu alasannya umat manusia kebanyakan memilih buah kurma dikonsumsi saat bulan puasa tiba, terutama untuk ibu menyusui.

3. Minum suplemen saat makan sahur
Puasa bukan menjadi penghambat bagi ibu-ibu yang sedang menyusui. Saat kebutuhan nutrisi kita meningkat, maka diharuskan untuk menjaga kesehatan tubuh mulai dari asupan makanan, hingga pola hidup yang lebih sehat. Salah satu cara untuk menjaga agar produksi ASI tetap lancar, ibu menyusui diharuskan untuk meminum suplemen saat sedang makan sahur.

4. Perbanyak minum air putih
Untuk menghindari dehidrasi atau penghambatan produksi ASI saat sedang menyusui, beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih saat sedang sahur. Hal ini juga berkaitan erat dengan produksi ASI yang banyak dikeluarkan.

5. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan segar
Nutrisi bisa kita dapatkan dari berbagai jenis asupan makanan dan juga suplemen instan yang disediakan oleh dokter. Namun jalan terbaik yang juga harus dilakukan ketika sedang menyusui, yaitu memperbanyak konsumsi buah dan sayur ketika sedang berbuka dan makan sahur. Berbagai kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalam buah / sayur mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Sehingga ibu menyusui tak perlu khawatir lagi mengalami masalah saat sedang menyusui. Sementara buah yang bagus untuk ibu menyusui adalah Pepaya, Jeruk, Alpukat, Pir, Apel, Jambu biji dan lainnya.

6. Hindari makanan pedas
Menghindari makanan pedas juga sangat disarankan bagi ibu yang sedang menyusui. Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas akan membuat tubuh menjadi lebih rentan mengalami masalah. Bahkan lebih parahnya lagi jika seseorang tersebut mengalami diare, maka akan mengeluarkan banyak cairan yang bisa menyebabkan tubuh kekurangan mineral dan nutrisi.

7. Hindari panas terik matahari
Tips berikutnya yang harus dipatuhi ketika sedang dalam menyusui, yaitu menghindari panas terik matahari. Hal tersebut dikarenakan seseorang yang terkena panas terik matahari, maka akan lebih banyak mengeluarkan keringat. Sehingga akan terbuang pula persediaan mineral dalam tubuh yang juga dibutuhkan untuk produksi ASI bagi ibu menyusui.

8. Hindari minuman berkafein
Minuman berkafein seperti kopi dan teh juga menjadi sebuah hal khusus yang wajib dihindari jika ingin memiliki tubuh sehat saat menyusui. Terlalu tinggi kadar kafein dalam tubuh, dapat mengakibatkan gangguan pencernaan nutrisi yang diperlukan untuk memproduksi ASI bagi sang ibu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel