Bahaya! Segera Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini Saat Makan

ilustrasi tersedak (from nakita)
Sering kita mendengar larangan makan sambil berbicara. Sebagian besar masalah kesehatan baik itu ringan ataupun masalah berat, dapat disebabkan karena kebiasaan buruk saat kita melakukan sesuatu berbarengan dengan tingkah laku yang tak sewajarnya.

Seperti halnya makan sambil dibarengi berbicara. Selain mengganggu kesehatan tubuh, melakukan hal serupa dapat mengakibatkan pandangan orang lain pada kita terkesan tidak sopan. Untuk itu bagi kamu yang memiliki kebiasaan makan sambil berbicara, segera akhiri sebelum terpampang jelas masalah yang akan mengganggu rutinitas dan kesehatan Anda seperti berikut.

Risiko tersedak

Beberapa kasus yang pernah kita dengar tentang larangan makan sambil berbicara memang sangat benar. Selain memperlihatkan etika yang kurang baik, makan sambil bicara juga bisa membahayakan kesehatan diri kita. Karena saat berbicara, katup pernapasan akan terbuka yang pada akhirnya bisa menyebabkan makanan yang kita makan masuk ke dalam saluran pernapasan, atau biasa disebut dengan tersedak makanan.

Makanan bisa masuk ke rongga hidung

Salah satu bahaya yang sering dialami oleh banyak orang ketika makan, yaitu makanan keluar melalui jalur hidung. Biasanya hal ini terjadi jika kita makan sambil berbicara atau tertawa mendadak. Untuk itu hindari berbicara saat sedang mengunyah makanan, agar sistem pernapasan layaknya hidung tak terganggu.

Pemborosan waktu

Beberapa orang tidak menyadari jika makan sambil berbicara akan menguras waktu yang lebih banyak, terutama bagi kita yang memiliki jadwal padat. Dengan alokasi waktu terbatas, biasanya seseorang akan lebih mempercepat makannya guna menyingkat waktu yang banyak dibuang saat kita makan tadi. Namun makan terlalu cepat juga dapat memicu tersedak, pencernaan tidak stabil dan bahaya lainnya. Sebab itulah, makanlah dengan mengunyah santai sambil menikmati kelezatan hidangan yang ada.

Tidak bisa berpikir cerdas

Kebanyakan orang tidak bisa menyimpulkan sesuatu atau membuat ide cemerlang saat orang tersebut sedang makan. Untuk itu biasakan makan terlebih dahulu sebelum mengajak bicara teman Anda, meski tidak memiliki cukup waktu. Karena selain bahaya untuk kesehatan, hal ini juga bisa membuat hasil pemikiran kurang baik / kurang imajinatif saat menyimpulkan sesuatu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel