Berakibat Fatal, Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Puasa

Gambar : Makan Gorengan (iyakan)
Saat bulan puasa ada beberapa hal yang patut untuk kita lakukan. Hal ini memang sangat berkaitan dengan kesehatan tubuh kita saat menjalani hari-hari tanpa makan dan minum. Beberapa ahli kesehatan memang mengatakan, selain puasa menjadi sebuah tuntunan wajib yang dilakukan oleh seluruh umat Islam dengan tujuan tertentu, selebihnya puasa juga memiliki manfaat yang baik dan bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Yang mana akan meminimalisir beberapa masalah kesehatan yang bisa timbul dari jenis-jenis makanan, yang mungkin mengandung beberapa zat berbahaya setelah kita konsumsi. 

Namun sayangnya, puasa yang sebelumnya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kini justru menjadi sebuah masalah yang membahayakan jika kamu sering melakukan kebiasaan buruk tanpa kamu sadari. 

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan tanpa kamu sadari saat bulan puasa.

1. Makan gorengan
Mengonsumsi makanan gorengan ternyata juga menjadi sebuah kebiasaan yang umum dijalai oleh banyak orang. Memang benar, menikmati gorengan dengan seduhan kopi memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap siapa saja yang menikmatinya. 

Namun tahukah anda, di bulan puasa ini ternyata mengonsumsi gorengan itu bisa menyebabkan suatu masalah yang berbahaya pada gangguan pencernaan, terutama dalam keadaan perut kosong tanpa ada asupan makan di siang hari.

2. Tidur setelah sahur
Sahur kebanyakan dilakukan jam 3 pagi kala menikmati indahnya tidur. Namun kebiasaan buruk yang justru banyak dilakukan oleh beberapa orang ( tidur setelah sahur ) memiliki dampak buruk bagi kesehatan, yang pada akhirnya akan berdampak obesitas.

3. Berbuka dengan porsi yang banyak
Setelah menjalani hari-hari dengan perut kosong, janganlah kamu berbalas dendam ketika buka dengan porsi makan yang banyak. Hal ini akan mengganggu proses pencernaan dalam perut kamu yang mengakibatkan perut terasa sesak, sakit hingga tidak bisa melakukan aktivitas ibadah selanjutnya.

4. Minum banyak air saat sahur
Biasanya ketika orang sedang berpuasa, mereka akan lebih memilih mengonsumsi banyak makanan saat makan sahur. Hal itu ternyata anggapan yang salah, karena jika pada saat sahur kamu mengonsumsi makanan dengan porsi yang tinggi, maka hal serupa akan terjadi seperti masalah pada pencernaan. 

Selain itu mengonsumsi banyak air saat makan sahur juga bisa menyebabkan beser / sering merasa ingin buang air kecil. Jika hal ini berangsur-angsur lama, maka tubuh akan kehilangan banyak mineral yang bisa menyebabkan kamu mengalami dehidrasi.

5. Merokok setelah buka puasa
Bagi kaum pria merokok sepertinya menjadi kebutuhan khusus setiap orang penggemar rokok. Pada saat kita selesai makan, tubuh akan membutuhkan banyak oksigen dan mineral untuk membantu melancarkan proses pencernaan yang sedang berjalan. Namun jika kebanyakan orang justru melakukan rutinitas merokok disaat tubuh lagi membutuhkan oksigen, maka hal semacam ini bisa mengganggu metabolis tubuh anda secara perlahan.

6. Sahur dengan makanan berlemak
Seperti halnya yang dilakukan saat sedang berbuka, seseorang yang sedang berpuasa sebaiknya menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung tinggi lemak seperti gorengan, opor ayam dan jenis makanan cepat saji lainnya. Hal ini dinyatakan oleh beberapa ahli kesehatan, bahwa kandungan lemak jenuh yang ikut termakan saat kita berpuasa akan menjadi menumpuk, yang bisa menyebabkan gangguan tekanan darah dan kolesterol jahat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel