Awas! 6 Penyakit Berbahaya Ini Sering Muncul Saat Puasa

Gambar : Asam Lambung (doktersehat)
Bukan hanya peneliti, beberapa ahli kesehatan juga mengatakan bahwa berpuasa juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Saat kita berpuasa, maka tubuh akan mengalami pemberhentian suplai makanan yang biasa kita konsumsi sebagai bahan bakar tubuh. Pada kondisi seperti ini tubuh akan lebih terbebas dari beberapa zat berbahaya yang terkandung dalam makanan, seperti lemak dan juga zat kimiawi yang berbahaya bagi tubuh. 

Selain itu berpuasa ternyata juga memiliki beberapa dampak buruk, dengan catatan jika kita tidak melakukan makan sahur dan mengubah kebiasaan yang berhubungan dengan lingkungan yang benar. 
Berikut adalah beberapa masalah yang sering terjadi pada saat kamu berpuasa, jika tak menjalankannya dengan benar.

1. Asam lambung
Salah satu masalah yang sering terjadi ketika bulan puasa tiba adalah asam lambung. Ketika perut kita kosong seharian, maka produksi asam dalam lambung akan melonjak tinggi. Hal ini akan menyebabkan kadar asam lebih dari batas normal, sehingga akan menyebabkan perut menjadi perih. Tips utama untuk menanggulangi masalah seperti ini, sangat disarankan untuk kamu menghindari makanan yang mengandung tinggi asam saat berbuka dan sebelum sahur.

2. Sakit kepala
Masalah berikutnya yang bisa terjadi jika kamu berpuasa adalah sakit kepala. Sebenarnya untuk sakit kepala sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain pikiran stres, kurangnya asupan mineral dan gula, serta minimnya pasokan makanan. Untuk itu jika kamu sedang berpuasa, ada baiknya untuk menghindari beberapa hal yang berhubungan dengan pekerjaan berat guna menghemat bahan bakar yang tersedia dalam tubuh, sehingga bisa terhindarkan dari masalah sakit kepala.

3. Dehidrasi
Dehidrasi atau kekurangan asupan mineral juga menjadi masalah berikutnya ketika seseorang sedang berpuasa. Kekurangan cairan dalam tubuh ini bisa menyebabkan berbagai masalah yang berkaitan dengan kondisi kulit, hingga mengganggu penampilan. 

Biasanya seseorang yang sedang mengalami kekurangan asupan mineral secara drastis, akan mengalami bibir pecah, kulit kering, serta badan menjadi lemas. Makan jangan anggap sepele, selalu cukupilah asupan air putih saat berbuka hingga menjelang sahur agar badan tetap fit di siang harinya.

4. Radang tenggorokan
Saat sedang berpuasa biasanya seseorang akan lebih identik mengawali mengonsumsi makanan sejenis goreng-gorengan. Meski hal ini sudah menjadi kebiasaan yang melekat pada diri kita, ada baiknya untuk kita hindari mulai sekarang. Terlalu mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi minyak, akan menyebabkan tenggorokan menjadi sensitif dan menyebabkan gangguan kesehatan seperti batuk maupun radang tenggorokan.

5. Sembelit
Sembelit sering mengintai diri anda yang sedang berpuasa. Masalah kesehatan ini bisa terjadi karena disebabkan oleh minimnya pasokan mineral  yang berfungsi untuk membantu proses pencairan pencernaan makanan. Maka dari itu untuk menghindari risiko seperti ini, ada baiknya saat kamu makan sahur biasakan untuk mengonsumsi air mineral dengan jumlah yang lebih banyak sebelum waktu imsak.

6. Bau mulut
Bau mulut menjadi salah satu hal wajar ketika kamu sedang berpuasa. Saat kita berhenti makan seharian, maka kerak sisa makanan yang mengendap dalam mulut tidak bisa hilang jika tidak digunakan untuk mengonsumsi makanan lagi. Selain itu bakteri mulut yang masih tersisa dalam mulut akan lebih cepat berkembang biak menjadi lebih banyak saat tidak ada asupan air yang masuk secara berkala.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel