Komedo Sering Bermunculan! Ternyata Ini Sebabnya

Ilustrasi Komedo - beureum
Komedo adalah benjolan ( Papula ) kecil atau bintik - bintik kecil yang sering dijumpai pada wajah di area sekitar hidung, sekitar bibir, dagu dan sekitar telinga. Selain muncul di wajah, komedo biasanya juga muncul di punggung, lengan, leher, bahu bahkan di dada. Hal ini disebabkan karena adanya rambut yang tumbuh dari folikel rambut yang terletak dalam pori - pori. Yang mana di dalamnya juga ada kelenjar khusus penghasil minyak pada kulit. 

Nah, sekarang kita akan membahas apa saja penyebab yang memungkinkan komedo bisa tumbuh di permurkaan wajah kita seperti yang ada di bawah ini. 

1. Kotoran 
Ini adalah penyebab utama pemicu komedo di area wajah. Hal ini mungkin terjadi kepada anda yang jarang membersihkan muka, terutama bagi kamu yang cenderung banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Dari situ akan menyebabkan kulit terkontaminasi dengan karbondioksida dan debu yang berbahaya. Selain itu komedo juga dapat menyerang kamu yang enggan membersihkan makeup malam hari menjelang tidur.

2. Faktor usia dan hormon
Komedo sering muncul pada tahap pubertas. Di mana pada masa ini terjadi peningkatan hormon androgen, yang memicu produksi sel kulit mati dan sebum berlebih di bawah kulit wajah.

3. Penggunaan kosmetik
Penggunaan kosmetik yang dapat menutup pori - pori juga dapat memicu tumbuhnya komedo di area wajah, apalagi ketika usai menggunakannya tidak dibersihkan dengan cara yang benar.

4. Makanan tertentu
Penyebab komedo juga bisa berasal dari produk susu dan makanan dengan indeks Glikemik tinggi ( kandungan gula dan lemak yang tinggi ). Memakan makanan tersebut secara berlebih juga dapat memicu tumbuhnya komedo tanpa kita sadari. 

5. Kurang asupan air
Siapa sangka penyebab paling umum timbulnya komedo berikutnya adalah hal sepele yang sering kita lakukan. Kekurangan asupan air putih memang menjadi salah satu hal yang wajar dan mungkin setiap orang pernah mengalaminya. Dan perlu kamu ketahui, hal semacam ini sebenarnya bisa berakibat buruk pada kesehatan, salah satunya adalah timbulnya komedo di kulit tubuhmu.

6. Stres
Selain disebabkan oleh pengaruh hormon serta pola makan yang kurang baik, timbulnya komedo juga dapat disebabkan oleh pengaruh kondisi mental yang sedang stres. Stres sendiri dapat disebabkan dari masalah sepele yang berkaitan dengan lingkungan serta pekerjaan yang menumpuk. 

Saat orang sedang mengalami stres maka ia akan cenderung memikirkan masalah yang mereka alami, hingga timbul rasa malas yang mengakibatkan mereka enggan melakukan perawatan kulit yang intens. Akibat dari kejadian tersebut, kulit akan menjadi lebih rentan mengalami masalah seperti timbulnya komedo akibat sistem kekebalan menurun.

7. Makanan berminyak
Makan makanan berminyak memang sepertinya sudah menjadi salah satu hal yang tidak mungkin bisa kita hindari secara permanen. Makanan jenis ini dapat mempercepat timbulnya masalah pada kulit, seperti kulit berminyak serta komedo yang mengganggu penampilan. Maka dari itu, sebisa mungkin kurangi asupan makanan yang mengandung minyak berlebih.

8. Faktor genetik
Selain itu timbulnya komedo pada wajah juga bisa disebabkan karena faktor genetik, atau gen keturunan dari keluarga sedarah kita sendiri. Suatu kiat jika kamu mengalami masalah komedo tersebut, adalah menghindari jenis - jenis makanan yang mengandung lemak. Selain itu jauhi makanan yang diklaim dapat mengakibatkan timbulnya alergi penyebab komedo, layaknya susu olahan, gorengan serta camilan tinggi kandungan gula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel