Anda Ingin Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari, Terapkan 7 Hal Ini

Sumber gambar : (spine-health)
Memiliki kualitas tidur yang baik memang menjadi sebuah keinginan bagi setiap orang. Pasalnya tubuh yang diistirahatkan dengan waktu yang cukup, akan memiliki keseimbangan yang utuh dan membuat suasana menjadi segar. Dalam situasi tertentu kadang orang banyak yang mengalami gangguan tidur, salah satunya saat mereka bekerja keras hingga lupa dengan kewajiban istirahat yang perlu mereka lakukan. Saat tubuh kurang tidur pasti akan mengalami beberapa masalah, seperti menurunnya daya konsentrasi hingga rasa lelah yang berkepanjangan.

Untuk mengantisipasi itu semua, dibutuhkan trik khusus agar kita bisa terhindar dari insomnia dan memiliki waktu yang cukup untuk istirahat. Berikut adalah beberapa tips yang perlu kamu terapkan jika kamu memiliki masalah tidur yang buruk.

1. Hindari makan malam menjelang tidur
Banyak di antara kita yang sering melakukan rutinitas makan malam sebelum tidur. Bahkan hal ini juga menjadi kebiasaan semata, yang tanpa disadari sering kamu lakukan setiap hari. Sistem pencernaan manusia membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mencerna seluruh makanan yang kita konsumsi. Untuk itu biasakanlah mengonsumsi makanan minimal 2 jam sebelum tidur, agar pencernaan memiliki waktu yang pas untuk mencerna makanan yang telah dikonsumsi.

2. Olahraga meditasi sebelum tidur
Olahraga meditasi sebelum tidur juga menjadi sebuah rutinitas yang baik untuk mengatasi gangguan tidur yang menerpamu. Meditasi tidur bisa dilakukan saat kamu sudah mapan di tempat tidur, yaitu dengan mengatur nafas dan pola pikiran diatur agar menjadi lebih tenang ( atau bisa relaksasi sejenak dengan suara musik yang digemari ).

3. Hindari konsumsi banyak kafein
Mengonsumsi minuman berkafein memang menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang ingin menikmatinya. Minuman seperti kopi, teh, cokelat yang mengandung tinggi kafein ini, juga butuh kita pertimbangkan secara khusus jika ingin memiliki pola tidur yang baik. Dan pilihlah waktu terbaik untuk mengonsumsi minuman berkafein ini, seperti sesudah tidur atau di saat pagi hari jika udara masih dingin.

4. Hindari konsumsi minuman beralkohol
Selain mengonsumsi minuman yang mengandung kafein layaknya kopi, langkah berikutnya untuk mengantisipasi pola tidur buruk, maka bisa menghindari kebiasaan mengonsumsi alkohol minimal 8 jam sebelum waktu tidur. Kandungan kimia yang terkandung dalam minuman beralkohol, berperan sebagai zat aktif yang bisa mempengaruhi kinerja otak, sehingga dapat mencegah rasa kantuk seketika.

5. Berhenti merokok
Sebagian besar orang memiliki kebiasaan perokok aktif untuk memenuhi kebutuhan individual mereka. Kandungan nikotin yang terdapat dalam batang tembakau ini, memang memiliki dampak negatif yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita agak terganggu. Selain itu efek dari zat nikotin dan tar yang ada dalam rokok, juga bisa mempengaruhi metabolisme tubuh, yang pada akhirnya akan menyebabkan kepala pusing insomnia.

6. Atur suhu kamar
Tips berikutnya untuk menghindari masalah tidur yang sering mengganggumu, tentunya diharuskan untuk mengontrol suhu kamar dengan nilai 20-22 derajat. Suhu yang lebih dingin dari batas angka tersebut, bisa mengakibatkan tubuh menjadi kedinginan dan menggigil sehingga dapat mengganggu rutinitas tidurmu.

7. Hindari bermain gadget sebelum tidur
Kebanyakan seseorang tidur mengawalinya bermain gadget dengan alasan tertentu. Bermain gadget sebelum tidur dapat memancing otak kita untuk lanjut bekerja, sehingga akan jauh dari kondisi rileks yang berujung insomnia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel