7 Makanan Tinggi Kalium Agar Jantung, Otot dan Perut Tak Gampang Sakit

Markisa - (bugarfit)
Kalium adalah salah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh setiap tubuh manusia. Fungsi dari kalium ini yaitu bertugas sebagai senyawa pemimpin dari berbagai sel dan membran yang ada dalam tubuh manusia, agar bertugas / berkinerja lebih baik. Maka dengan begitu, sudah otomatis organ dalam tubuh yang kita miliki akan selalu bekerja dengan maksimal, karena tercukupinya suplai kalium tersebut.

Jika kita sudah mengetahui pentingnya kalium dalam tubuh, tentu kita akan berpikir apa yang terjadi jika tubuh mengalami kekurangan kalium. Biasanya orang yang kekurangan kalium akan memiliki daya tahan tubuh yang lemah, sering kram otot, gangguan perut / pencernaan, serta ritme jantung tidak teratur / gangguan jantung. Masalah tersebut dinamakan Hipokalemia, hingga harus mendapatkan perawatan yang intensif jika pasien ingin mendapatkan suplai kalium yang cukup. Berikut ini adalah beberapa jenis buah-buahan yang mengandung tinggi kalium, serta bisa menjadi salah satu komponen untuk menyembuhkan penyakit Hipokalemia tersebut.

1. Pisang
Hampir dikenal di seluruh masyarakat nusantara, buah pisang merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan kalium tertinggi yang mudah didapatkan. Buah yang menjadi kegemaran monyet ini memiliki banyak fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Terutama bagi seseorang yang mengalami masalah yang berkaitan dengan gejala kekurangan kalium.

2. Kurma
Kurma juga menjadi salah satu buah yang mengandung kalium tinggi. Buah kurma biasa dikonsumsi saat bulan puasa dengan keuntungan tersendiri, yaitu kamu akan lebih kuat menjalankan puasa meski tanpa makan sahur seperti biasanya. Hal ini dikarenakan mineral kalium yang ada dalam kurma ini, mampu mencukupi kebutuhan nutrisi setiap organ dan sel di dalam tubuh.

3. Melon
Melon memang memiliki rasa yang segar dan manis jika dikonsumsi dalam keadaan dingin. Selain dikenal memiliki kandungan mineral yang banyak, buah melon juga dilengkapi dengan berbagai jenis nutrisi vitamin, serta juga kalium yang bisa membuat tubuhmu menjadi fit lagi saat mengonsumsi buah ini.

4. Pepaya
Pepaya memiliki kalium antara 354mg per 100 gramnya. Buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan ini juga mengandung mineral dan serat yang sehat. Dengan tekstur daging yang lembut saat dikunyah, menjadikan buah merah manis ini banyak dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki masalah pencernaan.

5. Tomat
Ternyata tomat juga masih masuk ke dalam salah satu jenis buah yang mengandung tinggi kalium loh. Kandungan kalium yang terdapat dalam buah tomat mencapai 1800mg per 100 gramnya. Untuk itu sudah tidak bisa diragukan lagi akan keunggulan buah tomat, yakni bisa menyembuhkan penyakit Hipokalemia yang disebabkan karena kekurangan kalium.

6. Markisa
Tak hanya terdapat dalam buah tomat saja. Markisa pun juga memiliki kandungan kalium yang tinggi dan juga baik untuk kesehatan tubuh manusia. Selain itu buah markisa juga memiliki beberapa jenis vitamin. Seperti vitamin A, Vitamin C, antioksidan dan juga memiliki kadar asam yang rendah. Dengan begitu seseorang dinyatakan aman jika mengonsumsi buah markisa ini meski dikonsumsi setiap hari.

7. Alpukat
Tidak menutup kemungkinan buah yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kecantikan ini, mengandung kalium yang tidak kalah jumlahnya dengan jenis buah lain. Kamu bisa mengonsumsi buah alpukat setiap hari secara rutin, agar sumber kalium dalam tubuhmu selalu terjaga dengan baik, serta membuat anda menjadi semakin sehat dan fit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel