7 Sayuran yang Ampuh Tumpas Penyakit Diabetes

Lobak - (merdeka)
Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa dalam waktu yang singkat. Penyakit ini dapat menyerang setiap orang yang mempunyai kadar gula tinggi dalam tubuh mereka, sehingga  insulin tidak dapat menampung tingginya kadar gula yang diubah menjadi energi. Akibat dari peristiwa ini tubuh mengalami beberapa masalah yang kemudian disebut dengan diabetes.

Untuk menghindari masalah seperti diabetes, biasanya pasien dilarang untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung tinggi gula. Seperti minuman cepat saji, makanan instan, dan camilan yang cenderung memiliki rasa manis. Selain itu pengobatan diabetes sendiri bisa kita lakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jenis sayur-sayuran seperti berikut.

1. Bayam
Sayuran bayam ini memiliki kadar lutein yang sangat tinggi. Selain dapat berpengaruh terhadap energi yang kita miliki, kadar lutein yang tidak bisa kita sepelekan dalam daun bayam ini, sangat ampuh untuk mengatasi masalah gula darah tinggi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami diabetes.

2. Bawang putih
Bawang putih adalah salah satu jenis rempah yang memiliki manfaat utama untuk menurunkan kolesterol jahat yang membahayakan diri kita. Selain itu kandungan dari dalam bawang putih seperti protein, vitamin A dan vitamin B1, dapat perperan aktif untuk membantu menurunkan tumpukan gula berlebih dalam tubuh. Sehingga dapat membantu menurunkan risiko penyakit diabetes secara efektif.

3. Beras merah
Selain baik untuk diet, beras merah juga dikenal sebagai salah satu menu masakan yang baik untuk penderita diabetes. Beras merah mengandung serat yang lebih banyak dari pada beras putih. Sehingga dengan begitu setelah anda mengonsumsi beras merah, maka tidur pun juga tidak menjadi masalah, bahkan tidak akan menyebabkan gula darah naik.

4. Wortel
Sejak dulu hingga sekarang wortel dikenal sebagai salah satu sayur dan juga jenis buah buahan yang memiliki banyak vitamin A. Sehingga jenis sayuran ini sangat cocok dan baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain bermanfaat untuk menjaga organ tersebut, keuntungan berikutnya mengonsumsi wortel / jus buah wortel dapat membantu tubuh meningkatkan sistem imunitas, sehingga dapat berpengaruh baik terhadap penderita diabetes.

5. Kembang kol
Kembang kol menjadi salah satu pilihan yang pas bagi penderita diabetes. Kembang kol diperkaya dengan kandungan fitokimia, mineral dan berbagai jenis vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu jenis sayuran putih mirip brokoli ini, juga memiliki senyawa sulfur, nitrogen dan glukosinolat, yang mana bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan menyembuhkan penyakit diabetes.

6. Seledri
Berikutnya adalah seledri. Seledri dapat dikonsumsi secara langsung, selain itu tanaman berdaun hijau ini juga bisa digunakan sebagai bahan penyedap masakan dengan mencampurkannya ke dalam makanan yang sudah tersaji. Tanaman kecil ini tak hanya memiliki rasa yang sedap, melainkan dengan berbagai macam bekal senyawa yang ada, menjadikan seledri dapat digunakan sebagai pilihan menu sayuran untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

7. Lobak 
Lobak tidak termasuk ke dalam sayuran yang mengandung serat dan karbohidrat tinggi. Selain itu tanaman ini juga tidak memiliki kadar gula yang bisa meningkatkan bahaya penyakit diabetes. Untuk itu mengonsumsi lobak secara rutin, juga sangat disarankan bagi penderita diabetes untuk menjaga sistem kekebalannya agar semakin membaik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel