7 Tanda Kanker Mulut yang Sering Dianggap Sepele

Kanker mulut - (Detik)
Kanker mulut adalah sel abnormal yang bisa tumbuh dalam mulut dengan cepat. Jenis kanker ini dapat muncul dari berbagai sudut seperti faktor gen, perawatan mulut yang salah, serta makanan yang berbau kimia / makanan kadaluwarsa. Kanker mulut dapat terjadi di bagian langit - langit mulut, ujung bibir dan lidah, yang ditandai dengan luka seperti sariawan dengan ukuran yang lebih besar. Selain itu dalam kondisi tertentu, kanker mulut juga bisa berubah menjadi ganas ketika tidak segera kita tangani dengan cepat.

Berbagai macam ciri yang dapat terlihat jika kamu mengalami masalah kanker mulut, biasanya akan memakan waktu yang cenderung lebih lama. Yaitu berkisar satu sampai dua Minggu atau bahkan lebih. Untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang apa saja tanda / gejala yang timbul jika kamu mengalami masalah kanker pada area mulut, mari kita lihat ulasan seperti berikut.

1. Nyeri mulut
Nyeri memang menjadi salah satu jenis penyakit yang sudah umum terjadi pada siapa saja. Namun berbeda halnya dengan nyeri mulut, nyeri yang terjadi pada rongga mulut atau tepatnya pada rahang, dapat menjadi salah satu tanda bahwa sedang ada pertumbuhan sel abnormal, yang bisa merujuk pada permasalahan kanker. Pada umumnya rasa nyeri yang terjadi pada area ini tak kunjung sembuh, serta memiliki durasi waktu sakit yang lebih lama dari nyeri biasanya.

2. Terdapat benjolan sekitar mulut
Timbul benjolan di area pipi dan mulut biasanya menjadi penyebab berikutnya seseorang didapati kanker mulut, yang mana sudah dinyatakan berkembang dalam mulutnya. Benjolan ini memiliki ukuran yang beragam, mulai dari kecil, sedang hingga benjolan besar. Menurut salah satu ahli patologi, benjolan yang disebabkan oleh kanker mulut memiliki kemungkinan besar sulit hilang jika tidak segera dilakukan operasi.

3. Ada bercak pada area mulut
Terdapatnya bercak merah dan bercak putih yang ada di sekitar mulut, juga bisa menjadi salah satu tanda adanya kanker mulut yang hinggap pada tubuh kita. Hal ini terjadi karena adanya sel kanker yang hidup pada area permukaan kulit, hingga membentuk luka seperti bercak sariawan yang memiliki warna putih dan merah.

4. Tenggorokan sakit saat menelan
Kanker mulut dapat menimbulkan rasa nyeri / rasa panas saat kita menelan makanan. Biasanya hal ini ditandai dengan adanya benjolan yang tak lazim yang menempel pada telak tenggorokan, sehingga menimbulkan sensasi mengganjal saat menelan makanan.

5. Lidah mati rasa
Jika kondisi kanker mulut sudah masuk ke dalam fase yang lebih parah, bisa jadi masalah berikutnya yang akan muncul yaitu lidah menjadi mati rasa. Demikian dikarenakan saraf lidah tidak lagi berfungsi dengan baik, karena timbulnya sel kanker yang tumbuh di daerah saraf lidah. 

6. Sakit gigi / rahang
Pernahkah anda merasa sakit gigi atau nyeri pada bagian rahang ? Rasa nyeri yang timbul pada bagian tersebut bisa juga menjadi salah satu tanda seseorang mengalami kanker mulut. Sakit gigi memang sudah lumrah dialami oleh beberapa orang. Namun jika sakit ini berlanjut dalam waktu lama dan tak kunjung sembuh, maka perlu dicurigai bahwa gejala tersebut merupakan gejala kanker mulut yang perlu kamu periksakan ke ahli patologi di rumah sakit terdekat.

7. Berat badan menurun
Memang benar, sebagian besar orang yang mengalami kanker mulut akan cenderung mengalami penurunan berat badan yang drastis ketika tidak diberi asupan nutrisi yang cukup. Hal ini disebabkan karena mulut sebagai salah satu pintu masuk makanan mengalami masalah, sehingga pasien merasa malas untuk makan. Selain itu jika kondisi kanker ini sudah parah, maka mulut akan terasa sakit dan mati rasa, hingga pasien tidak akan bisa mengunyah makanan seperti pada normalnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel