8 Tanda Penyakit Hepatitis Menyerang Tubuh Anda

Penyakit Hepatitis (webmd)
Penyakit hepatitis adalah penyakit yang merujuk ke dalam organ hati dan ditandai dengan adanya peradangan. Penyakit ini pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus, dan kemungkinan penyebab lainnya juga karena kebiasaan mengonsumsi alkohol, penyakit Autoimun, serta obat-obatan tertentu. Penyakit seperti hepatitis dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh, terutama yang berhubungan dengan sistem metabolisme dan tugas lain yang berkaitan pada organ hati.

Secara umum, penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus memiliki 4 jenis yaitu hepatitis tipe A, B, C dan D. Selain disebabkan oleh virus, penyakit hepatitis tersebut juga bisa muncul akibat kerusakan organ hati yang bisa dipicu dari konsumsi makanan sembarangan. Nah, berikut adalah beberapa gejala / tanda penyakit hepatitis yang perlu kamu ketahui agar tidak kamu sepelekan.

1. Nyeri otot
Gejala awal penderita hepatitis bisa dilihat dari kondisi otot di sekujur tubuh yang sering mengalami nyeri, bahkan tanpa ada penyebab yang jelas. Hal ini dikarenakan otot terutama tepat pada bagian perut, akan lebih mudah tertarik jika hati mengalami masalah. Karena sebab itulah otot dan perut sering kali merasa mengencang disertai nyeri.

2. Mudah merasa lelah
Tubuh lemah maupun merasa lelah meski tidak melakukan aktivitas yang berat sedikit pun, juga menjadi gejala berikutnya seseorang mengalami penyakit hepatitis. Hal ini disebabkan karena nyeri pada energi yang terkumpul dalam tubuh kita, lebih cepat terkuras habis untuk menahan nyeri yang terjadi pada otot dan radang dalam hati.

3. Merasa mual
Tak hanya itu, penderita hepatitis juga sering mengalami mual - mual dan juga merasa mau muntah ketika kepala mereka merasa pusing. Hal tersebut dikarenakan penyakit yang bersangkutan dengan hati ini sangat mengganggu metabolisme dalam tubuh, Sehingga menyebabkan sistem pencernaan akan terganggu. Dari sini penderita akan mengalami masalah pencernaan, yang membuat dirinya merasa mual dan kehilangan nafsu makan.

4. Sakit kepala
Seperti yang dikatakan oleh beberapa ahli kesehatan terkait, penyakit hepatitis ini dapat mengganggu sistem syaraf tubuh manusia yang berhubungan dari hati ke otak. Sehingga dengan begitu otak akan cenderung susah untuk digunakan berkomunikasi, serta membuat kepala menjadi sering merasa pusing.

5. Kulit lebih terlihat kuning
Gejala berikutnya yang bisa kita lihat secara langsung bagi penderita yang memiliki masalah hepatitis, yaitu perubahan warna kulit yang terlihat sedikit lebih kuning dari pada warna kulit sehat. Hal ini terjadi karena hati tidak berfungsi secara normal untuk menyaring racun, atau sebagai proses ekskresi. 

6. Kuku berwarna kuning
Seperti yang disebutkan pada poin nomor 5. Selain kulit, kuku juga bisa berubah menjadi kuning akibat dari fungsi hati yang tidak bekerja secara sempurna. Pada saat hal ini terjadi, kemungkinan besar virus hepatitis sudah menyebar luas dalam tubuh, hingga menuju ke ujung jari yang membuat kuku menjadi berubah warna.

7. Urine berwarna gelap
Urine berwarna gelap bukan hanya ditandai dengan adanya kerusakan pada ginjal saja. Ketika hati bermasalah tentu racun yang masuk melalui makanan akan lebih banyak terserap oleh tubuh dan tercampur ke cairan urin, hingga membuatnya menjadi berwarna semakin gelap dan keruh. Demikian juga menjadi tanda awal seseorang mengidap penyakit hepatitis.

8. Berat badan turun
Salah satu fungsi hati yang dikaitkan dengan berat badan adalah untuk mengontrol asam amino yang ada dalam tubuh kita. Nah, tentu dengan kontrol asam amino yang buruk dalam tubuh, tubuh akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Dari sinilah gejala serangan hepatitis harus segera diwaspadai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel